Mengenal Goa Gajah Bali yang Terkenal Keharmonisan Dua Agama

Cagar budaya Goa Gajah di Bali
Cagar budaya Goa Gajah di Bali
Sumber :
  • http://www.entrancestohell.com

VIVA – Goa Gajah Bali merupakan salah satu tempat sejarah sekaligus menjadi tempat wisata. Tempat tersebut merupakan salah satu bukti cerita dan keunikan dari negara Indonesia tercinta yang bisa dipelajari dan dalami untuk mengambil peradaban nenek moyang. Tempat yang sangat kental dengan budaya ini selalu menawarkan hal menarik dan pemandangan yang tidak pernah ada habisnya untuk diketahui. 

Alhasil daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara tak pernah surut dan selalu padat para pengunjung. Untuk kamu yang berkesempatan atau sudah berkunjung ke Bali tapi masih bingung dengan destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat bersejarah tersebut. Untuk itu, berikut ulasan selengkapnya tentang Goa Gajah Bali seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Sejarah Goa Gajah

Goa Gajah Bali.

Goa Gajah Bali.

Photo :
  • U-Report

Goa Gajah ini diperkirakan sudah ada sejak 10 hingga 11 masehi yang lalu, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Warmadewa. Goa tersebut merupakan salah satu tempat suci umat Hindu yang dipakai untuk ritual ibadah kepercayaan masyarakat Bali ketika itu. Pada tahun 1923, seorang pejabat Hindia Belanda bernama L.C. Heyting melaporkan hasil penelitiannya.

Ia menemukan tiga patung, yaitu Patung Trillingga, Arca Ganesa, dan Patung Hariti. Lalu, pada tahun 1925, dilakukan penelitian lanjutan oleh Dr. W.F. Stutterheim. Hingga tahun 1950 silam, J.L Krijgsman bersama dengan pemerintah negara mulai melaksanakan penelitian lanjutan lagi. Pada akhirnya tahun 1954 hingga tahun 1979 mulailah dilakukan penggalian beberapa situs. 

Beberapa penemuan dari hasil penggalian ini adalah kolam kuno pemandian suci atau petirtaan dengan memiliki enam buah patung yang memiliki bentuk perempuan. Hingga saat ini, penemuan tersebut masih dipakai sebagai ritual dari masyarakat setempat dengan keyakinan yang beragam.