Pasar Sukawati, Pasar Seni Paling Lama Berdiri

Pasar Seni Sukawati, Bali.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Pasar Sukawati salah satu tempat yang menarik di Bali yang cocok dikunjungi selain pantai di Bali. Banyak sekali tempat di Bali yang tidak diragukan lagi akan meninggalkan kamu dengan banyak kenangan yang luar biasa, baik itu menikmati pantai yang spektakuler dengan pantai yang masih asli, menjelajahi gua-gua yang tersembunyi atau membenamkan diri dalam budaya Bali yang memesona. Namun, tidak lengkap rasanya tanpa membeli kenang-kenangan fisik dan pernak-pernik untuk dibawa pulang untuk mengenang masa-masa indah yang dihabiskan di Bali dan membaginya dengan teman dan keluarga.

Genjot Inovasi Sistem Keuangan Digital, BI Dorong Kolaborasi Global

Meskipun ada banyak toko suvenir yang terlihat hampir di mana-mana di pulau ini yang menjual berbagai aksesoris, kerajinan, dan suvenir, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada Pasar Seni Sukawati. Pasar yang paling lama berdiri ini telah menjadi daya tarik utama yang dikunjungi oleh pengunjung domestik dan internasional dari segala usia sebelum kembali ke rumah untuk membeli beberapa hadiah dan suvenir dengan sentuhan budaya Bali yang kuat.

Jelajahi Nuansa Warna-warni

Rupiah Melemah Tertekan Fed Tunda Pangkas Suku Bunga hingga Konflik Timteng Memanas

Pasar Seni Sukawati, Bali.

Photo :
  • U-Report

Terletak di Jl. Raya Sukawati, Gianyar, Bali, Pasar Sukawati adalah salah satu pasar seni tertua di Bali dan tujuan belanja yang lengkap bagi wisatawan yang ingin membawa pulang berbagai macam barang Bali dengan harga terjangkau. Jika kamu berjalan-jalan di sepanjang pasar, kamu akan dapat menjelajahi nuansa warna-warni yang terpancar dari arsitektur bangunan, deretan lukisan berwarna cerah dan barang-barang lain yang dijual di pasar. Ada berbagai kerajinan dan barang khas Bali, mulai dari tenun, lukisan, perhiasan, pernak-pernik tradisional, aksesoris, produk buatan tangan hingga kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Dikutip dari ndonesia.travel, untuk menemukan segala jenis pakaian, sarung, dan kain tradisional, kamu dapat menjelajahi bagian Ground Level. Semua barang dipajang tergantung di langit-langit dan ditumpuk. Di bagian belakang pasar, terdapat berbagai macam minyak dan aromaterapi dengan berbagai jenis dan warna yang dapat dipilih seperti lilin wangi, dupa, dan masih banyak lagi. 

Produk yang dijual di Pasar Seni Sukawati banyak dicari karena kekhasan, keunikan, kualitas terbaik, dan tentunya harga yang terjangkau. Semua barang di sini dianggap lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di pasar lokal lainnya. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk berbelanja di Pasar Sukawati. 

Jam buka Pasar Sukawati Bali di Gianyar dibagi menjadi 2 kelompok waktu operasional. Untuk Pasar Seni, Pasar Sukawati mulai buka dari pukul 10.00 – 17.00 dan untuk Pasar Lokal Pasar Seni Sukawati sendiri buka mulai pukul 08.00 – 15.00.

Lukisan Bali Oleh Pelukis Lokal

Penjual Lukisan di Pasar Sukawati

Photo :
  • baligetaway.co.id

Selain pakaian, di Pasar Sukawati, kamu bisa mendapatkan lukisan Bali karya pelukis lokal. Secara bersamaan, sebagian besar gambar dijual di pasar seni Sukawati, dengan gaya lukisan alam dan abstrak.

Harga untuk gambar bervariasi dan tergantung pada ukuran kanvas. Menurut raftingbali.net, rekomendasi dari kami jika kamu memutuskan untuk membeli seni Bali di pasar Sukawati, usahakan untuk tidak mendapatkan bingkai karena akan menambah berat pada penerbangan kamu. Namun, jika kamu tidak peduli dengan beratnya perjalanan kamu, itu sebuah keuntungan. Karena biasanya bingkai lukisan jauh lebih murah daripada jika kamu membelinya di negara asal kamu.

Jika kamu tertarik untuk membeli perhiasan perak Bali, kamu juga bisa menemukannya di pasar tradisional Sukawati. Namun, misalkan kamu ingin mengunjungi tempat terbaik untuk perhiasan perak. Dalam hal ini, kamu harus mengunjungi Desa Celuk, yang terletak dekat dengan pasar seni Bali di Sukawati.

Jarak & Waktu Perjalanan ke Pasar Sukawati Gianyar

Pasar Seni Guwang Sukawati, Bali.

Photo :
  • U-Report

Untuk menjawab pertanyaan ini agak sedikit rumit, karena Ubud adalah daerah yang luas. Oleh karena itu, jarak dan waktu tempuh Ubud ke pasar seni di Sukawati tergantung pada bagian Ubud mana yang kamu tinggali.

Dilansir oleh raftingbali.net, jika kamu menginap di hotel yang dekat dengan Monkey Forest Ubud, maka kamu membutuhkan waktu 30 menit berkendara dengan jarak tempuh 15 kilometer untuk sampai ke lokasi Pasar Sukawati. Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai menuju Pasar Sukawati akan memakan waktu 50 menit dengan jarak 29 kilometer.

Contoh lainnya, jika kamu berangkat dari kawasan wisata Kuta Bali, tepatnya dari Pantai Kuta, menuju Pasar Sukawati. Dalam hal ini, kamu akan membutuhkan 46 menit, 28 kilometer. Sebaliknya, jika kamu berangkat dari kawasan wisata Seminyak menuju pasar seni Sukawati akan memakan waktu 50 menit, dengan jarak 29 kilometer.

Tips Berbelanja Di Pasar Seni Sukawati Gianyar

Pasar Seni Sukawati

Photo :

Untuk mendapatkan kesuksesan penuh dalam membuat tawaran, kamu harus cerdas dan bersemangat. Di bawah ini adalah daftar tips yang dilansir oleh raftingbali.net, yang dapat kamu gunakan untuk menawar di Pasar Sukawati Bali.

Kelilingi pasar dan survei sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Saat berkeliling pasar, kamu akan melihat, ada banyak pedagang yang menjual barang yang sama.
Tanyakan harga ke pengecer dan bandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing pedagang untuk barang yang sama. Bersikaplah sopan saat menanyakan harga, dan jangan tawar-menawar.
Berikan pujian kepada pedagang bahwa barang mereka sangat bagus, pergi ke pengecer lain yang menawarkan hal yang sama. Terus lakukan seperti di atas, dan kamu akan melihat satu atau dua pedagang akan memberi kamu harga terendah untuk barang yang ingin kamu beli. Saya tahu ini memakan waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk di coba.
Setelah kamu menyelesaikan survei, kamu akan melihat pedagang yang menawarkan harga terendah untuk barang yang ingin kamu beli, lalu mulailah menawar.
Saat menawar, minta harga 80% lebih rendah dari harga penawaran pertama oleh pedagang. Ketika dealer mulai menurunkan harga, giliran kamu untuk menaikkan harga sedikit demi sedikit.
Berikut adalah tips paling berharga untuk berbelanja di pasar seni tradisional Sukawati jika kamu ingin sukses dalam tawar-menawar. Datanglah lebih awal saat pasar seni buka. Jam buka pasar seni dari pukul 06:00 – 18:00 WITA. Oleh karena itu, kamu harus datang sebelum pukul 06:30. Sekadar informasi, ada kepercayaan pedagang Bali bahwa jika mereka berhasil menciptakan penjualan di pagi hari, tempat para pedagang sepanjang hari berjualan menjadi sukses. Keyakinan ini disebut “Pegarus Dagangan”.
Tetaplah menjaga kebersihan saat berbelanja di Pasar Sukawati. Jangan membuang sampah sembarangan yang membuat keindahan berkurang. Berjaga-jaga dengan barang bawaan kamu saat pasar sedang ramai. 

VIVA Militer: Dansatgas Pam KTT WWF bahas strategi dan taktik pengamanan KTT WWF

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

Mereka terdiri dari berbagai unsur. Unsur TNI tiga Matra, kepolisian, hingga instelijen

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024