Pantai Balangan, Perpaduan Tebing dan Laut yang Memukau

Pantai Balangan Bali
Pantai Balangan Bali
Sumber :
  • Website/catperku.com

VIVA – Pantai Balangan, ketika kamu mendengar Bali selalu identik dengan wisata pantai nya yang mengagumkan. Pantai di Bali menawarkan kebersihan dan pasir putihnya, seperti yang sering di dengar yaitu Pantai Kuta. Namun, ternyata pantai yang memiliki pasir putih tidak hanya di Pantai Kuta, tetapi juga dapat ditemukan di berbagai pantai lainnya di awali, salah satunya adalah Pantai Balangan.

Pantai Balangan merupakan pantai berpasir putih yang terbentang sepanjang 200 meter dengan panorama Samudera Hindia yang menyuguhkan pemandangan sunset spektakuler.

Sunset ini menciptakan nuansa romantis bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai Balangan. Pantai ini juga memiliki ombak yang sangat besar yang menjadi tempat favorit bagi semua peselancar yang datang, khususnya peselancar berpengalaman atau peselancar profesional.

Pantai yang berada di kawasan bukit batu putih Pecatu atau bagian selatan Pulau Bali tepat di semenanjung Uluwatu, menjadi tempat yang terkenal, dan dipilih sebagai salah satu titik selancar terbaik di pulau dewata ini. Pantai ini sangat populer di kalangan peselancar mulai dari peselancar lokal maupun mancanegara.

Pantai Balangan merupakan pantai yang sangat indah dan cocok untuk bersantai di atas pasir putih sambil menikmati suasana hangat dan semilir angin laut. Pantai ini semakin terkenal dengan adanya fitur unggulan yaitu ombak besar yang dimilikinya dan menjadikannya sebagai salah satu tempat berselancar pilihan terbaik di Pulau Bali.

Menuju Pantai Balangan
Akses dan rute ke Pantai Balangan Bali ini memang jauh lebih mudah. Jalanan utama menuju pantai berupa aspal mulus. Jalanan menuju pasir pantai juga sudah terdapat anak tangga. Tidak perlu bersusah payah hanya demi menuju ke pantai seperti di Pantai Tegalwangi. Pantas saja, kalau kian hari pantai ini semakin populer.

Pantai Balangan dapat di akses melalui Jalan Pantai Balangan, yang hanya berjarak sekitar 7 km dari barat taman budaya Garuda Wisnu Kencana atau 20 km selatan dari pusat  kota utama Kuta.

Kamu dapat juga menyewa motor atau mobil untuk pergi ke Pantai Balangan ini. Jika Anda memilih menginap di area Bali selatan seperti Sanur, Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, maka menemukan penyedia rental motor jauh lebih mudah. Untuk harga sewa motor di pulau Bali sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 / 24 jam tanpa BBM. penentuan harga sewa sepeda motor tergantung dari jenis motor.

Selain motor, juga bisa menyewa mobil, kamu dapat menemukan jasa sewa mobil Bali atau sewa mobil dengan supir. Untuk harga rental mobil Avanza misalnya tanpa sopir berkisar Rp 225.000 – 250.000 / 24 jam.

Daya Tarik Pantai Balangan
Bibir Pasir Pantai
Pantai Balangan salah satu pantai pasir putih yang sangat terkenal di pulau Bali. menyediakan bentang pantai sejauh setengah kilometer, yang di apit batung karang tinggi. Karena letak pantai yang menghadap ke barat laut, pada sore hari pemandangan matahari terbenam di pantai Balangan terlihat sangat indah.

Dari bibir pantai, aktivitas pesawat terbang di Bandara Ngurah Rai terlihat dari jarak. Perahu nelayan di pantai Kedonganan, saat membongkar hasil tangkapan ikan di pagi hari, juga dapat kamu saksikan dari bibir pantai. Selain pemandangan bandara, kamu juga dapat melihat keindahan pantai seperti yang impikan orang-orang, hal ini jika kamu berdiri di atas tebing pantai Balangan.

Area Tebing yang Memukau
Pantai hanya berjarak belasan langkah dari tebing dan menjadi tempat yang bagus juga untuk Viva sarankan untuk mendaki bukit terlebih dahulu dan melihat pemandangan dari tempat yang tepat tersebut, kamu akan dipastikan mendapatkan sudut panorama bentang alam yang indah.

Hamparan pasir putih keemasan karena sinar matahari bertemu dengan lautan biru yang luas, dan kamu juga dapat melihat para peselancar bersenang-senang dari kejauhan.

Kamu yang menyukai fotografi akan senang berlama-lama menikmati matahari terbenam yang sangat dramatis dan romantis dari atas.

Aktivitas yang Dapat Kamu Lakukan
Akktivitas wisatawan sebagian besar yang liburan ke pantai Balangan melakukan banyak hal seperti, foto-foto sekitar pantai, berenang, berselancar, dan duduk santai di tepi pantai.

Beberapa fasilitas penunjang wisata sudah banyak di bangun di sekitar area pantai. Pengunjung dapat menyewa kursi panjang milik penginapan di lokasi setempat. Dengan kursi panjang, pengunjung dapat beristirahat dengan tenang sambil menikmati menikmati siang hari.

Rasa haus dan lapar akan terobati dengan singgah di kafe-kafe yang dikelola oleh masyarakat lokal Bali. Menu yang ditawarkan sangat beraga. Sangat disarankan es kelapa mudanya yang telah menjadi pilihan favorit wisatawan ketika datang ke Pantai  Balangan untuk melepas dahaga, karena es kelapa muda sangat laris manis di sini.

Pantai Balangan Bali

Pantai Balangan Bali

Photo :
  • Website/catperku.com

Bagi kamu yang sedang berlibur dengan membawa anak-anak, dapat melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan, seperti berenang, bermain pasir sambil menikmati pemandangan pantai, terutama pemandangan matahari terbenam nya. Namun bagi anak-anak ketika berenang di tepi pantai tetap harus dalam pengawasan penuh orang dewasa.

Area pantai Balangan bagus untuk berenang, tetapi harus mahir berenang, karena di sana tidak ada life guard di sekitar area pantai.

Itu ulasan informasi mengenai Pantai Balangan Bali, semoga bermanfaat dan kamu dapat menjadikan Pantai Balangan menjadi tempat tujuan utama ketika sedang melipir ke Bali ya!