Dari Wisata Spiritual hingga Mengejar Sunset di Pura Tanah Lot

Tanah Lot.
Tanah Lot.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pura Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata ikonik di Bali. Letak pura ini terbilang cukup unik yaitu di atas batu karang besar di tepi pantai. 

Sesuai namanya, Pura Tanah Lot adalah tempat ibadah bagi penganut agama Hindu. Pura ini hanya boleh dimasuki oleh umat Hindu. Meskipun begitu, Pura Tanah Lot tetap menjadi daya tarik untuk sejumlah wisatawan. 

Situasi ini didukung oleh lokasi pura yang dikelilingi oleh biru air laut ditambah dengan suara deburan ombak yang menenangkan.

Perpaduan antara unsur spiritual dan keindahan ini yang membuat Pura Tanah Lot ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Upacara keagamaan Hindu di Pura Tanah Lot

Tanah Lot, Bali.

Tanah Lot, Bali.

Photo :
  • U-Report

Sejumlah upacara keagamaan Hindu kerap dilaksanakan di Pura Tanah Lot. Salah satunya yakni upacara Piodalan atau Pujawali yang merupakan hari ulang tahun pura. Upacara Piodalan dilaksanakan setiap 210 hari sekali menurut kalender Saka (kalender umat Hindu dari India) atau empat hari setelah hari raya Kuningan.

Saat upacara Piodalan dilaksanakan, para pengunjung akan melihat iring-iringan pemedek, sebutan untuk umat Hindu yang datang untuk mengikuti persembahyangan di pura tanpa ada ikatan khusus seperti keturunan atau kawitan.

Biasanya iringan pemedek ini datang dari berbagai penjuru wilayah Bali dan tiba sekitar antara pukul 4 sampai 6 hari ketika air laut sedang surut. Para wisatawan pun diperbolehkan untuk berbaur dengan pemedek.

Oleh sebab itu, wisatawan terus berdatangan ingin menyaksikan upacara Piodalan.

Adanya ular suci

Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot, Bali

Photo :
  • moreindonesia.com

Terdapat beberapa ular yang dianggap suci menghuni sebuah gua di Pura Tanah Lot. Ular-ular tersebut diyakini sebagai penjaga pura.

Jenis ular yang ada di Pura Tanah Lot tergolong berbahaya. Tetapi jangan khawatir, ular di Tanah Lot dalam penjagaan pawang. Jika cukup berani kamu pun diperbolehkan berfoto bersama sang ular dengan biaya sukarela.

Banyak pura lain di sekitar Tanah Lot

Tanah Lot Bali

Tanah Lot Bali

Photo :
  • facebook.com/PanPacificBali

Tanah Lot sendiri mempunyai dua pura yaitu Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong. Kalau ingin mengeksplor lebih banyak pura di Bali, kamu bisa mengunjungi sederet pura yang lokasinya berdekatan dengan Tanah Lot.

Pura tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda. Contohnya, Pura Penataran yang berfungsi sebagai tempat memuja Tuhan agar mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan. Kemudian ada Pura Jero Kandang untuk memohon perlindungan bagi ternak dan tanaman pertanian dari segala penyakit.

Tak jauh dari Pura Jero Kandang ada Pura Enjung Galuh, pura untuk pemujaan Dewi Sri, dewi kesuburan tanah.

Menikmati momen sunset

Sunset di Tanah Lot, Bali.

Sunset di Tanah Lot, Bali.

Photo :
  • U-Report

Tanah Lot adalah lokasi yang tepat untuk menyaksikan tenggelamnya matahari atau sunset di Pulau Dewata. 

Ditemani aroma laut, desiran ombak menghempas pantai, cahaya jingga dari matahari, dan bersama orang tersayang membuat suasana di Tanah Lot menjadi romantis.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan sunset di Pura Tanah Lot, disarankan untuk datang sekitar pukul 5 sore agar mendapatkan posisi yang pas.

Pasalnya semakin sore, semakin banyak pula wisatawan yang berkunjung demi mengejar sunset di Pura Tanah Lot.