Liburan Terasa Cepat? Holiday Paradox Penyebabnya

Hidup Santai
Hidup Santai
Sumber :
  • vstory

VIVA – Liburan terasa cepat, bagaimana kamu dapat menghentikan liburan yang berembus cepat seperti angin?

Terdapat banyak alasan mengapa kamu harus berlibur sejenak dari hiruk pikuk kerjaan dan kota demi kesehatan fisik, mental, sosial, dan spiritual.

Tetapi ketika kamu sedang berlibur atau berada di hari libur waktu berlalu begitu saja. Tapi sebenarnya ada loh penyebabnya dan kamu dapat mengatasi penyebab tersebut. Berikut  VIVA jelaskan mengenai Holiday Paradox dan bagaimana kamu mengatasinya;

Holiday Paradox

Perasaan aneh ini sering muncul ketika kembali ke tempat kerja dan mulai mengenang perjalanan kamu di hari libur. Meskipun pada saat itu, kamu hanya menghabiskan sore hari dengan bermalas-malasan, tapi semuanya dikenang karena suasana santainya. Lalu apa yang terjadi?

Itu semua berasal dari keputusan diri kita sendiri yang terus ingin mengingat, pikiran kita yang secara selektif memilih apa yang harus diingat dan apa yang harus dibuang. Ahli saraf Daniel Kahneman menjelaskannya sambil mendiskusikan apa yang membuat kita bahagia:

“ada perbedaan antara pengalaman dan ingatan… perbedaan antara bahagia dalam hidup kamu, dan bahagia dengan hidup kamu. Dan itu adalah dua konsep yang sangat berbeda.”