8 Tempat Lukisan Gua Prasejarah di Indonesia

Lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia
Lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Tempat lukisan gua prasejarah di Indonesia seringkali jadi tujuan wisata yang menarik. Lukisan gua prasejarah merupakan jenis gua yang dihiasi dengan lukisan manusia prasejarah, yang biasanya mengukir beberapa hewan atau simbol unik yang mempengaruhi beberapa penguasa besar kerajaan kuno di Indonesia.

Lukisan gua prasejarah di Indonesia menunjukkan bahwa keberadaan kehidupan manusia sudah ada lebih dari 10.000 tahun yang lalu. Kisahnya, tidak hanya berasal dari cerita rakyat populer Indonesia. Arkeolog menemukan beberapa bukti tentang lukisan gua prasejarah di Indonesia yang dianggap sebagai lukisan gua tertua yang pernah ada.

Keberadaan lukisan-lukisan gua prasejarah di Indonesia menunjukkan bahwa seni rupa manusia di Indonesia dimulai dan berkembang dengan baik sejak saat itu. Seperti negara lain yang memiliki beberapa lukisan gua prasejarah, dan itu adalah catatan terukir yang menghadirkan karya seni yang indah.

Berikut beberapa tempat lukisan gua prasejarah di Indonesia, seperti dikutip dari Factsofindonesia, sebagai berikut:

1. Gua Leang - Sulawesi Selatan

Gambar prasejarah di Gua Petta Kere, Leang-leang, Maros

Gambar prasejarah di Gua Petta Kere, Leang-leang, Maros

Photo :
  • Antara/ Dewi Fajriani

Sulawesi Selatan memiliki gua terindah di Indonesia di Taman Nasional Bantimurung, yang terletak di Gua Leang Kabupaten Maros. Ini berisi hutan hujan alami dan gua karst yang menutupi lebih dari 43.000 hektar tanah.