5 Fakta Unik Kota Vrindavan India, Ada Misteri Mengerikan

Vrindavan, India
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Dalam hal wisata religi, tidak ada tempat yang menarik lebih banyak peziarah sepanjang tahun seperti halnya kota suci Vrindavan dan Braj. Vrindavan yang juga dinamai tanaman jaminan suci adalah kota kuno yang menonjolkan budaya dan tradisi India kuno.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Selain dua pusat ziarah tentang taman dan kuil-kuil kuno, ada banyak cerita rakyat yang terkait dengan berbagai aspek kota. Melansir dari situs Yatra, berikut beberapa wawasan menarik tentang dua tempat ziarah yang harus kamu ketahui.

1. Kuil Vrindavan Govinda Deva- Hilang dan ditemukan

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Vrindavan adalah rumah bagi kuil Govinda Deva yang populer dan menarik ribuan umat setiap hari. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa candi kuno ini hilang dan ditemukan kembali pada tahun 1515 oleh mistik Chaitanya Mahaprabhu. Dia menggunakan kemampuan mistiknya untuk menemukan reruntuhan lokasi kuno yang diyakini sebagai lokasi sebenarnya dari kuil Govinda Deva yang terkenal saat ini.

2. Rahasia Nidhi Van

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Nidhivan, Vrindavan

Photo :
  • timesofindia

Nidhi Van dikenal sebagai daerah terkenal di mana Tuhan menghiasi avatar manusia untuk Rasleela kemudian memikat umat dan penduduk lokal Vrindavan. Begitulah legendanya bahwa tidak ada manusia yang diizinkan masuk ke dalam Nidhi Van setelah matahari terbenam.

Diyakini bahwa Dewa Krishna dan permaisuri Radha datang dan memainkan Rasleela mereka pada tengah malam. Penduduk setempat telah menyaksikan suara ghungrus yang digunakan di Ras Leela di tengah hutan Nidhi Van yang padat penduduk.

3. Rahasia Rang Mahal

Diyakini oleh penduduk setempat dan legenda bahwa setelah Ras Leela mereka, Tuhan dan Radha beristirahat di adobe mereka di Rang Mahal. Tempat tidur didekorasi untuk keduanya pada malam hari dengan makanan dan Prasad ditinggalkan untuk tuannya.

Di pagi hari makanan dikonsumsi dan hal-hal penting digunakan untuk menggarisbawahi kehadiran Tuhan di wilayah tersebut setelah tengah malam. Tidak ada orang yang diizinkan berada di sekitar Rang Mahal di malam hari. 

Beberapa cerita juga menunjukkan bahwa tidak ada manusia yang hidup untuk menceritakan kisah mereka yang mencoba menyelinap masuk untuk memeriksa siapa yang memasuki Rang Mahal di malam hari. Sebuah legenda sejati atau hanya masalah kepercayaan, Rang Mahal adalah salah satu misteri terbesar Vrindavan.

4. Tidak ada kerang di kuil Bankey Bihari

kuil Bankey Bihari

Photo :
  • rgyan

Apa itu kuil tanpa lonceng atau kulit kerang, kamu mungkin bertanya-tanya, namun kuil Bankey Bihari adalah salah satu kuil langka di Vrindavan yang tidak menawarkan lonceng kulit kerang. Orang-orang melantunkan nama Tuhan sebagai gantinya selama doa dan pembagian Prasad di kuil saat senja dan fajar. Legenda mengatakan bahwa Tuhan dalam bentuk Bankey Bihari tidak menyukai suara keong atau kerang.

5. Jejak kaki Dewa Krishna di Kuil Radha Damodar

Kuil Radha Damodar adalah salah satu atraksi terbesar di Vrindavan di mana sebuah batu berisi jejak kaki Dewa Krishna berdiri tegak hingga saat ini. Dewa diyakini datang dalam bentuk manusia untuk memberikan darshan kepada pemuja bernama Jiva Goswami. Seiring dengan jejak kaki Tuhan, ada juga jejak kuku sapi yang menyoroti persahabatan sapi dan Dewa Krishna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya