Pantai Drini, Pantai Unik yang Memiliki Pulau Kecil

Pantai Drini, Yogyakarta
Sumber :
  • Akbarzaiem/Wikimedia

VIVA – Yogyakarta terkenal dengan wisata pantainya. Dari sekian banyak pantai yang ada di sana, salah satu pantai yang bisa menjadi pilihan adalah Pantai Drini

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Pantai ini terletak di Kabupaten Gunungkidul dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara dari kota Yogyakarta untuk sampai ke sana. 

Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Drini membuat mata dan pikiran sejuk dengan air biru kehijauan, perbukitan hijau, serta suara deburan ombak yang mampu memecah keheningan. 

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Pantai Drini, Gunungkidul, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Terdapat hal menarik yang membuat Pantai Drini berbeda dibandingkan pantai lain di Yogyakarta yaitu sebuah pulau karang kecil di tengah pantai. Hadirnya pulau kecil tersebut membuat Pantai Drini terbelah menjadi dua bagian, sisi timur dan sisi barat.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Pulau karang tersebut juga yang menjadi asal muasal mengapa pantai dan pulau ini diberi nama Drini. Sebab dulu di pulau karang tumbuh tanaman santigi atau yang kerap disebut drini oleh warga sekitar. Kini tanaman drini tergantikan oleh tanaman pandan laut. 

Ketika air sedang surut pengunjung dapat menuju pulau karang hanya dengan berjalan kaki. Tetapi saat air pasang, wisatawan harus menggunakan perahu agar bisa sampai ke pulau. 

Pantai Drini, Yogyakarta

Photo :
  • Ramdhani03/Wikimedia

Pengunjung bisa menikmati panorama pantai yang lebih luas dengan memanjat tangga beton yang ada di pulau karang. Dari atas pulau sisi timur, terlihat hamparan laut seperti tak bertepi, atap-atap gazebo di sekitar pantai, dan sejumlah nelayan dengan perahunya. 

Kamu bisa mengabadikan momen indah ini dengan gadget atau cukup menikmati pemandangan luar biasa dengan mata kepala sendiri.

Nelayan di Pantai Drini, Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo :
  • Antara/ Wahyu Putro A

Di bagian barat pantai wisatawan diperbolehkan berenang atau snorkling sebab ombak di Pantai Drini tidak begitu besar sehingga aman. Jika beruntung kamu dapat menjumpai beberapa biota laut seperti ikan goby pasir, jambrong, dan sersan mayor. Tidak bisa berenang? Tenang, pengunjung dapat duduk santai sambil menikmati suasana di gazebo yang tersedia.

Kalau masih belum puas menikmati pantai di sekitar Gunungkidul, ada opsi pantai lain yang bisa kamu kunjungi antara lain Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup. 

Pantai Kukup Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report
Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024