Dari Berkemah sampai Air Tawar Tersembunyi di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Sumber :
  • Sayyiiiiiddd/Wikimedia

VIVA – Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta merupakan surga bagi penggemar pantai. Sebab di daerah ini terdapat sederet pantai yang menawarkan pemandangan khas biru laut menenangkan.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Salah satu pantai yang menjadi rekomendasi wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Desa Tepus. Untuk mencapai ke sana dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih dua jam dari Yogyakarta, sementara dari Wonosari memakan waktu 40 menit.

Asal usul nama Pok Tunggal diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai yaitu pohon duras. Di pinggir pantai hanya ada satu pohon (pokok) duras yang tumbuh, maka dari itu muncul nama Pok Tunggal.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Pantai Pok Tunggal

Photo :
  • U-Report

Awalnya Pantai Pok Tunggal tidak tersentuh oleh siapapun. Namun ketika Desa Tepus mengalami kekeringan panjang, salah satu warga berinisiatif untuk mencari sumber mata air. Setelah beberapa hari menjelajah, akhirnya ditemukan air dari Pantai Pok Tunggal ini.

Klarifikasi Pimpinan Aolia Mbah Benu Soal Pernyataan Telepon Allah: Itu hanya Istilah

Keberadaan Pantai Pok Tunggal bisa dibilang tersembunyi. Kondisi tersebut karena pantai terletak di balik bentangan bukit kapur setinggi 50 meter. Situasi ini juga membuat Pantai Pok Tunggal kerap disebut sebagai ‘the hidden paradise’ atau surga yang tersembunyi.

Kegiatan seru di Pantai Pok Tunggal

Seperti pantai pada umumnya, di Pantai Pok Tunggal pengunjung dapat berenang, snorkeling, berjemur, atau hanya sekadar menikmati panorama sambil sesekali berfoto.

Olahraga yang tak melibatkan air pun tersedia di pantai. Kamu dapat melakukan rock climbing dengan memanjat tebing-tebing batuan kapur yang saling berjejer dan berdempetan.

Kegiatan yang cukup unik di Pantai Pok Tunggal adalah wisatawan bisa berkemah. Pengunjung pun diperbolehkan membawa peralatan kemah sendiri atau menyewa di sekitar pantai. Untuk biaya sewa tenda dibanderol seharga Rp5 ribu sampai 10 ribu per malam.

berkemah di Pantai Pok Tunggal

Photo :
  • Kartanesia Tour

Tempat unik di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Photo :
  • fatin husna/TripAdvisor

Bagian menarik dari Pantai Pok Tunggal adalah gua-gua karang terbentuk secara alami. Akibat hempasan ombak maka terbentuklah cekungan dengan hamparan karang sebagai lantai dari gua. Gua-gua karang tersebut berada di sebelah barat pantai.

Tak cuma gua karang, Pantai Pok Tunggal mempunyai keunikan lain yang sering membuat wisatawan penasaran. Pantai ini memiliki sungai bawah tanah.

Hebatnya aliran sungai bawah tanah merupakan air tawar yang tidak tercampur dengan air laut. Sungai ini dijadikan sumber mata air utama oleh masyarakat sekitar. 

Grand Elty Krakatoa

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Grand Elty Krakatoa, salah satu Hotel & Resort dengan pemandangan terbaik di Lampung, menawarkan promo khusus Halal Bihalal.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024