Pantai Losari Jadi Ikon Kota Makassar, Spot Terbaik Berburu Sunset

Pantai Losari
Pantai Losari
Sumber :
  • Twitter @emnanon

VIVA – Pantai Losari menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di kota Makassar. Objek wisata ini terkenal akan pemandangan matahari terbenam. Pantai Losari terletak di sebelah barat Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai Losari menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore, dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Ada ciri khas khusus yang dimiliki Pantai Losari yaitu kondisi alam yang ada di sekitarnya. Ada suasana yang berbeda dan memang sangat populer untuk semua kalangan. Ada keistimewaan, sejarah dan juga keunggulan dari Pantai Losari. Pantai Losari menjadi objek kebanggaan dari Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Pantai Losari merupakan ikon wisata Makassar dengan sejuta keindahan.

Sejarah Singkat Pantai Losari

Pantai Losari Makassar.

Pantai Losari Makassar.

Photo :
  • U-Report

Pantai Losari memiliki sejarah yang terbilang unik. Konon, Pantai Losari merupakan sebuah pasar ikan yang beroperasi di pagi dan siang hari. Pada sore dan malam hari, tempat ini dijadikan tempat berjualan bagi pedagang yang menjual makanan. Pada tahun 1945, pantai ini mulai diperhatikan oleh pemerintah setempat. Kemudian pemerintah melakukan beberapa hal untuk memperbaiki fasilitas dan sarana yang ada di tempat ini.

Pembangunan oleh Pemerintah setempat mulai dilakukan dengan pemasangan beton sepanjang 910 meter. Pemasangan beton ini bertujuan untuk mencegah ombak besar selat Makassar menerjang beberapa fasilitas umum di sepanjang pantai. Inilah awalnya Pantai Losari diminati untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Hari demi hari, banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar menikmati suasana sore dan beraktivitas lainnya disana.

Aktivitas di Pantai Losari

Pantai Losari, Makassar.

Pantai Losari, Makassar.

Photo :
  • U-Report

Pantai Losari bukan pantai seperti biasa yang memiliki hamparan pasir. Pantai Losari bisa disebut sebagai alun-alunnya kota Makassar. Banyak warga sekitar berkumpul di tempat ini. Baik pada pagi hari, ataupun sore menjelang matahari terbenam. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, diantaranya yaitu:

Jalan santai

Pantai Losari sangat cocok untuk menikmati keindahan sunset. Para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa dari senja matahari. Selain jadi tempat terbaik melihat sunset, banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan background foto.

Mengunjungi masjid terapung

Jika kamu berkunjung ke Pantai Losari, kamu bisa menjumpau sebuah masjid terapung pertama di Indonesia. Masjid ini dinamakan Masjid Amirul Mukminin. Masjid ini sangat unik karena berbentuk seperti rumah panggung tradisional Makassar. Masjid ini diresmikan pada tahun 2009 oleh mantan wakil Presiden Indonesia, Yusuf Kalla.

Naik Perahu Bebek di Lepas Pantai

Di Pantai Losari ini kamu bisa melakukan kegiatan mengasyikkan dengan menaiki perahu bebek. Memang biasanya perahu bebek hanya dilakukan di danau. Namun di Pantai Losari ini kamu bisa melakukkanya di lepas pantai.

Mengunjungi Pulau Samalona

Pulau Samalona dapat dijangkau dari Pantai Losari. Kamu hanya perlu berjalan melalui dermaga kayu Bangkoa lalu diteruskan dengan menggunakan perahu kayu sewaan. Perahu kayu ini akan membawa kamu ke Pulau Samalona yang mungil, cantik dan sangat indah. Kamu bisa bermain pasir putih sepuasnya bahkan bisa menyelam dan berenang di air lautnya yang jernih.

Pantai Losari Makassar merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat tujuan wisata di kota Makassar. Selain letaknya berada di pertengahan kota, pantai ini juga menyimpan daya tarik yang tidak mampu dielakkan siapapun yang datang kesana. Suguhan tulisan Pantai dan Losari yang besar menjadi spot wajib bagi pengunjung untuk berfoto di sana. Pastikan kamu tidak melupakan untuk mengabadikan moment jika sempat berkunjung ke tempat ini.

Mencicipi kuliner di Pantai Losari

Pantai Losari juga menghadirkan kuliner nikmat yang wajib dicoba. Setelah Lelah beraktivitas di Pantai Losari, kamu bisa mencicipi berbagai macam kuliner di sekitar pantai. Penggemar seafood pasti akan ketagihan dengan hidangan masakan khas Makassar. Tak hanya seafood, beragam kuliner lainnya juga tersaji di Pantai Losari seperti sop konro, coto Makassar, es pisang ijo, dan lainnya. Menjelang malam hari, makin banyak penjaja kuliner ringan yang wajib dicoba.

Tiket masuk dan lokasi

Suasana senja di Pantai Losari, Makassar.

Suasana senja di Pantai Losari, Makassar.

Photo :
  • wikipedia

Untuk menuju Pantai Losari, kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Pantai ini berlokasi di Jl. Penghibur, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai Losari tidak memiliki jam khusus yang menentukan jam buka dan tutup tempat ini karena memang areanya terbuka untuk umum. Kamu bisa datang kapan saja yang diinginkan tanpa khawatir akan jam operasional dari pengelola.

Biasanya, pengunjung akan datang ke tempat ini sekitar pukul tiga sore hingga pukul sembilan malam. Di waktu tersebut, mereka bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam sekaligus bersantai dengan makan dan mengobrol di tepi pantai pada malam harinya. Apalagi berkumpul dengan teman-teman, sangat seru dan mengasyikkan. Pastikan untuk menjaga kebersihan Pantai Losari ya. Jangan membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga kebersihannya, maka Pantai Losari makin banyak dikunjungi wisatawan dengan nyaman.

Akses Menuju Pantai

pantai losari

pantai losari

Photo :
  • cintawisata.blogspot.com

Bagi pengunjung yang belum pernah berkunjung ke Pantai Losari, tidak perlu khawatir atau kesulitan menjangkau lokasinya. Pantai ini terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga kota Makassar. Dari bandara Hasanuddin Makassar, pantai ini bisa ditempuh dengan waktu selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika kamu melewati jalan tol, perjalanan bisa disingkat hingga 20 menit. Namun jika kamu ingin lebih singkat lagi, bisa mencoba rute perjalanan dari Bandara Sukarno Hatta di Wajo Makassar. Dari bandara ini, kamu hanya memerlukan sekitar 20 menit perjalanan ke pantai Losari dengan kendaraan pribadi.

Itulah informasi terkait Pantai Lokasi yang menjadi ikon Kota Makassar. Kamu wajib datang kesini untuk menikmati keindahan sunset yang luar biasa. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan bermanfaat.