Pantai Goa Cemara Destinasi Wisata di Bantul Yogyakarta

Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara
Sumber :
  • Instagram @pantai_goacemara

VIVA – Pantai Goa Cemara merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Bantul Yogyakarta. Mungkin masih banyak orang yang asing dengan pantai tersebut karena memang tidak sepopuler Pantai Parangtritis. Namun, Goa Cemara sudah dikembangkan lebih lanjut sebagai tempat wisata agar menjadi destinasi yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. 

Pasir pantai ini memang berwarna hitam, namun wujud pasirnya sangat lembut. Akan tetapi, bukan berarti pantainya kotor karena pasirnya berwarna hitam. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang pantai ini, kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Lokasi dan Rute Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Photo :
  • Instagram @goacamarabeach

Pantai ini terletak di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul Yogyakarta, tepatnya di Dusun Patihan berdampingan juga dengan pantai lainnya yakni Pantai Samas dan juga pantai Pandansari.

Rute dari Yogyakarta

Untuk mendatangi pantai tersebut, para wisatawan bisa menggunakan rute jalan dari Yogyakarta menuju ke Bantul. Dari pusat kota Yogyakarta pilih jalur yang mengarah ke kabupaten Bantul. Pengunjung akan menemui Palbapang dan kemudian belok ke arah kanan untuk menuju Bantul. Lurus terus sampai ada lampu merah dan kemudian belok kiri. Setelah itu pengunjung tinggal mengikuti jalan sampai melihat rambu tulisan menuju lokasi pantai. 

Rute dari Jalan Parangtritis

Selain melalui pusat kota Yogyakarta, lokasi pantai ini juga bisa dilalui dari rute Jalan Parangtritis. Pengunjung bisa memulai perjalanan lewat  jembatan layang Janti agar lebih mudah. Setelah itu, jalan menuju ke arah selatan Selatan sekitar 6 kilometer melewati Terminal Giwangan arah Parangtritis.

Tanda pengunjung telah sampai di Jalan Parangtritis adalah saat menemukan plakat Akademi Kebidanan Yogyakarta di sebelah kiri. Setelah itu, belok ke arah jalan Parangtritis melewati Institut Seni Indonesia dan pasar seni Gabusan. Kemudian belok lagi ke kanan menuju Bantul kota melewati Rumah Sakit Umum Daerah panembahan Senopati.

Setelah melewati rumah sakit, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Pantai Samas. Pilih jalur kiri untuk menuju Pantai Samas dan setelah itu kamu bisa menemukan Pantai Goa Cemara.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional 

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata pantai ini perlu membeli tiket masuk untuk ke area pantai. Harga tiket masuknya tidak mahal dan bahkan bisa dibilang sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp5.000 per orang. 

Dengan harga tiket masuk yang murah, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan alam pantai yang memuaskan. Sebagai tempat wisata tentu pantai ini juga sudah difasilitasi dengan toilet, kamar mandi, mushola dan lahan parkir bagi yang membawa kendaraan. 

Berbagai fasilitas juga sudah tersedia seperti mushola toilet kamar mandi dan juga parkir.

Sementara itu, jam operasional Pantai Goa Cemara ini dibuka 24 jam mulai dari hari Senin hingga Minggu. Jadi pengunjung bisa bebas datang kapan saja sesuai waktu yang diinginkan untuk menikmati santai ataupun berlibur di pantai ini. 

Pengunjung bisa datang di jam kunjungan pada saat pagi hari, siang hari, sore dan bahkan malam hari. Kamu tinggal tentukan momen dan waktu yang tepat untuk berkunjung. 

Daya Tarik di Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Photo :
  • Instagram @pantai_goacemara

Setiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik mereka tersendiri dan memiliki berbagai objek wisata yang dapat menarik para wisatawan. Berikut ini daya tarik objek wisata yang ada di Goa Cemara: 

1. Bangunan Mercusuar 

Pengunjung yang melancong ke pantai ini bisa menemukan bangunan mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter. Tak hanya melihat dari luarnya saja, pengunjung juga berkesempatan untuk memasuki bangunan mercusuar tersebut dan mengeksplor apa yang ada di dalamnya. Mercusuar menjadi salah satu objek yang banyak didatangi saat pengunjung berwisata ke pantai ini. 

Pengunjung juga bisa melihat pemandangan pantai dari atas mercusuar dengan menaikinya. Biasanya ramai sekali wisatawan yang ingin naik ke mercusuar sehingga jangan heran jika harus antri karena kuotanya dibatasi hanya dua orang saja. 

2. Menjelajah Pantai dengan ATV

Pengunjung yang tidak ingin berlelah-lelahan berjalan menyusuri pantai, bisa menyewa ATV. Di tempat wisata ini, telah disediakan banyak penyedia jasa ATV untuk digunakan oleh para pengunjung. Tentu perjalanan akan semakin seru dan berkesan sambil ditemani keindahan alam pantai dengan pasirnya yang berwarna hitam. 

3. Dimanjakan Indahnya Perpaduan Pantai dan Laut 

Pantai tak melulu dikatakan indah karena pasirnya yang berwarna putih. Meskipun pasirnya hitam, pantai ini tetap memiliki keindahannya tersendiri saat kita memandangnya. Selain itu perpaduan pantai dan lautnya cukup indah, ditambah lagi dengan deburan ombak yang cukup kuat. Kamu harus merasakan lembutnya pasir pantai sambil melihat lautan yang terbentang luas sehingga akan merasa adanya relaksasi dan ketenangan. 

4. Pohon Cemara yang Menyerupai Goa

goa cemara di pantai goa cemara

goa cemara di pantai goa cemara

Photo :
  • U-Report

Seperti namanya, di pantai ini terdapat pohon cemara yang terlihat menyerupai sebuah goa. Maka dari itu diberi nama Pantai Goa Cemara. Di samping indahnya pemandangan alam pantai, ada suasana romantisme yang didapat pengunjung dari barisan pohon cemara tersebut. Apalagi saat angin berhembus meniup daun-daun pohon cemara, serasa lagi di luar negeri. Sangat cocok juga untuk dijadikan sebagai spot untuk mengabadikan momen dengan berfoto. 

5. Spot foto

Bagi kamu yang suka mengabadikan momen dengan mengambil jepretan foto, ada berbagai spot yang ditawarkan di objek wisata ini. Mulai dari pantai hingga area pohon cemara. Sangat cocok juga untuk pecinta fotografi atau pemula yang senang memburu pemandangan alam yang eksotis seperti pantai Pantai Goa Cemara ini. 

Spot foto memang akan selalu menjadi daya tarik pengunjung tempat wisata sehingga banyak dikunjungi. Namun spot-spot foto yang didatangi harus tetap dijaga keasrian dan kebersihannya agar tetap tercipta kenyamanan saat berwisata. 

Itulah penjelasan mengenai Pantai Goa Cemara di Bantul Yogyakarta yang bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata saat sedang berada di wilayah Yogya atau sekitarnya. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi kamu yang membutuhkannya.