Pantai Timang, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menguji Adrenalin

Pantai Timang, Yogyakarta.
Pantai Timang, Yogyakarta.
Sumber :

VIVA – Pantai Timang merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang sangat populer. Pantai Timang ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya berada di Desa Purwodadi. Pantai Timang semakin populer karena pembicaraan dari mulut ke mulut para wisatawan yang telah berkunjung.

Pantai Timang memiliki sebuah pulau yang berada di tengah lautan. Pulau tersebut dinamakan Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang. Ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Timang. Selain keindahan yang disuguhkan, kamu bisa menguji adrenalin dengan menyebrang ke Pulau Timang dengan menggunakan gondola. 

Wisata Pantai Timang Yogyakarta memang masih terbilang cukup baru. Keadaan pantai yang masih perawan dan alami ini akan menambah kenikmatan dalam berwisata di Pantai Timang. Namun kini Pantai Timang telah dikenal luas oleh masyarakat. Hal tersebut lantaran media sosial sangat membantu dalam memperkenalkan tempat wisata ini.

Pantai Timang merupakan pantai dengan area pasir yang luas dan lebar. Pasirnya putih meskipun ada sampah yang terbawa arus tersebar di beberapa titik area pantai. Pantai Timang diapit oleh dua bukit karang besar di sisi timur dan baratnya, ombaknya memiliki karakteristik yang sama seperti ombak-ombak di pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. 

Area Pantai Timang ini memang tidak banyak dikunjungi, karena kebanyakan pengunjung akan memilih untuk menuju ke area sebelah barat di mana tersedia gondola dan jembatan untuk menyeberang ke Pulau Timang yang ada di tengah laut. 

Pantai Timang dikelilingi persawahan dan perbukitan dengan angin yang bertiup kencang dan sejuk. Di area tebing Pantai Timang, terdapat spot-spot foto menarik yang bisa digunakan oleh pengunjung jika tidak ingin menyeberang ke Pulau Timang. 

Jika pengunjung ingin memancing, pengunjung bisa melakukannya dari atas tebing. Di tempat ini juga tersedia warung yang menyediakan berbagai macam makanan yang cocok di lidah dan juga cocok di kantong. Warung makan ini terletak di area tebing.

Sejarah Pantai Timang

Pantai Timang.

Pantai Timang.

Photo :
  • U-Report

Ada sejarah menarik tentang Pantai Timang ini. Konon, pantai ini awalnya bukanlah sebuah tempat wisata. Pantai Timang hanya digunakan nelayan untuk mencari lobster di sekitar pantai, khususnya di Pulau Timang atau Watu Pajang.

Gondola yang terdapat di pantai ini rupanya sudah ada sejak tahun 1997. Disebut jika gondola ini dibuat oleh warga setempat sebanyak enam orang. Kemudian pada tahun 2012, gondola ini dibuat sedikit modern meski masih ada sisi tradisionalnya. Gondola ini dibuat untuk menyeberang ke Pulau Timang. Kamu harus coba untuk merasakan sensasi yang luar biasa.

Gondola ini terbuat bukan dari besi, gondola ini berbahan kayu dan hanya dikaitkan dengan tali yang ditancapkan di ujung pulau dan Pantai Timang. Gondola berwarna kuning ini sangat sederhana. Tempatnya yang sempit, maka hanya bisa digunakan setidaknya 1-2 orang saja.

Gondola ini membentang sepanjang 100 meter, sesuai jarak antara bibir pantai dengan Batu Panjang. Gondola ini mengandalkan tenaga manusia, setidaknya ada 9 tali yang menjulur dan terikat dengan gondola. Setiap tali memiliki fungsi, seperti untuk jalur roda gondola dan menarik ke tujuan. Hilir mudik menuju dan kembali ke bibir Pantai Timang.

Sensasi menegangkan akan kamu rasakan saat menaiki gondola ini. Perlahan namun pasti gondola bergerak menuju Batu Panjang. Gondola pun berayun-ayun di tengah lautan lepas. Meluncur melewati ombak besar dan cadasnya karang.

Rasa menegangkan semakin terasa saat tiupan angin laut yang kencang menambah guncangan pada gondola. Jika menengok ke bawah, batu-batuan karang nampak jelas terpampang di tengah deburan ombak. Sesampainya di Batu Panjang, kamu bisa menikmati pemandangan samudera yang membentang dari pulau karang.

Wahana ekstrem gondola ini selalu berhasil menantang adrenalin pengunjung. Kamu wajib coba wahana ini jika memiliki keberanian. Jika takut, jangan dipaksaan. Karena hanya sang pemberani yang punya nyali tinggi yang berani menaikinya.

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang, Yogyakarta

Pantai Timang, Yogyakarta

Photo :
  • VIVA/Putri Dwi

Letak Pantai Timang Wonosari ini sebenarnya dibagi menjadi dua area yang berbeda, yakni pada bagian pertama berada di sebelah Timur, yang merupakan pantai dengan pasir dominan berwarna putih dan sama dengan pantai putih lainnya di Gunung Kidul.

Sementara bagian kedua yaitu berada di sisi barat, berupa perbukitan batu-batuan yang cukup terjal, dan berbatasan langsung dengan laut. Lokasi tepatnya yaitu Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara menuju Pantai Timang

pantai timang gunung kidul

pantai timang gunung kidul

Photo :
  • instagram

Untuk menuju ke Pantai Timang, jalannya searah dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Saat akan memasuki jalan menuju ke Pantai Timang, akses jalannya masih berupa bebatuan yang sulit untuk dilewati, jaraknya sekitar 3 km dari pinggir jalan besar. 

Mobil dan bus tidak bisa melalui jalan ini karena aksesnya yang masih sulit. Untuk sampai ke Pantai Timang, bisa menggunakan motor pribadi. Namun, jika tidak cukup berani melalui medannya, bisa menyewa ojek atau jeep yang sudah ada di sekitar daerah Pantai Timang.

Jam operasional dan tiket masuk

Pantai Timang, Yogyakarta

Pantai Timang, Yogyakarta

Photo :
  • VIVA/Putri Dwi

Pantai Timang ini beroperasi selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Untuk tiket masuknya sekitar Rp10.000. sementara parkir motor sebesar Rp3.000, Rp5.000 untuk mobil, Rp20.000 untuk bus. Ada biaya lainnya jika kamu ingin naik jembatan atau gondola. Untuk naik jembatan, kamu harus membayar sekitar Rp100.000, sementara untuk naik gondola sebesar Rp150.000. Jika menuju ke sini kamu menggunakan jasa ojek, kamu dikenakan biaya sebesar Rp50.000 (PP), dan untuk sewa jeep sebesar Rp350.000.

Demikian informasi tentang Pantai Timang Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Buat kamu yang pemberani, rasakan sensasi berbeda di tempat ini. Semoga artikel ini bermanfaat.