5 Fakta Menarik Tentang Thailand, Negara yang Tak Pernah Dijajah

Thailand
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Selalu ada fakta menarik di setiap negara. Begitu juga dengan Thailand, negara yang mempunyai nama lain Negeri Gajah Putih. Berlokasi di Asia Tenggara, Thailand terkenal dengan pantai cantik, kuliner lezat dan terjangkau, serta warga yang ramah hingga diberi julukan land of smiles atau negara penuh senyuman.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Thailand bukan hanya sekadar destinasi wisata favorit banyak orang. Negara dengan sistem pemerintahan kerajaan ini rupanya tidak pernah dijajah sama sekali oleh negara manapun. 

Phuket, Thailand

Photo :
  • unsplash,com
Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Salah satu alasannya yaitu hasil bumi dari negara ini terbilang sedikit, tidak seperti negara-negara Asia Tenggara lain yang kaya akan sumber daya alam. Maka dari itu tak ada negara yang tertarik menguasai Thailand.

Selain sebagai negara yang tak pernah dijajah, masih ada sederet fakta luar biasa dari Thailand. Dikutip VIVA dari berbagai sumber, ini 5 fakta menarik tentang yang memiliki 77 provinsi ini.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Lumbung padi Asia

Ilustrasi beras.

Photo :
  • U-Report

Sebutan ini diberikan kepada Thailand karena mereka dapat memproduksi banyak beras setiap tahunnya. Salah satu lumbung padi Thailand berlokasi di Suphan Buri, kurang lebih 150 km dari kota Bangkok.

Di sana tingkat produktivitas cukup tinggi sehingga Thailand menjadi eksportir beras terbesar di dunia. Dalam setahun lumbung padi tersebut mampu panen sampai 4 kali.

Kepala dianggap suci

Biksu Budha.

Photo :
  • ESPN

Agama Buddha berperan banyak dalam mempengaruhi budaya Thailand. Kepala seseorang dianggap bagian tubuh terpenting dalam agama Buddha. Maka dari itu menyentuh kepala orang lain, bahkan anak-anak, hukumnya haram.

Mayoritas orang Thailand mempunyai nama panggilan

Bright Vachirawit, aktor Thailand

Photo :
  • instagram @bbrightvc

Sebagian besar penduduk Thailand memiliki dua nama yang terdiri dari nama lengkap dan nama panggilan. Tak seperti biasanya di mana nama panggilan hanya versi singkat dari nama asli, nama panggilan orang Thailand bermakna dan dipilih oleh orang tua saat lahir. 

Orang tua di Thailand sering memilih nama yang bermakna dalam bahasa Thailand atau kata-kata yang mereka sukai dalam bahasa asing. Misalnya seperti aktor ternama Bright Vachirawit. Ia bernama lengkap Vachirawit Chivaaree, Bright merupakan nama panggilannya.

Ada 76 huruf dalam Bahasa Thailand

konsonan dalam huruf Thailand

Photo :
  • Prince Kassad/Wikimedia

Jika alfabet latin hanya berjumlah 26, maka huruf dalam Bahasa Thailand bahkan lebih dari dua kali lipatnya! Bahasa Thailand terdiri dari 76 huruf, termasuk 44 konsonan dan 32 vokal. 

Bahasa Thailand juga memiliki lima nada bicara. Kadang ada kata yang tulisannya sama namun pengucapannya berbeda, otomatis artinya pun berbeda.

Awalnya bernama Siam

Bangkok, Thailand

Photo :
  • huffpost.com

Sampai pertengahan tahun 1934, Thailand disebut sebagai Siam. Lalu pada Juni 1934 nama Siam secara resmi diubah menjadi Thailand sebagai bagian dari strategi pengembangan negara. Dari tahun 1946 sampai 1948, namanya kembali menjadi Siam. Akhirnya dari tahun 1949 hingga sekarang namanya diubah menjadi Thailand lagi.

Siam berasal dari Bahasa Sansekerta yakni ‘syama’, berarti gelap atau coklat. Sementara Thailand berasal dari kata ‘tai’ yang artinya kemerdekaan dalam Bahasa Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya