Wisata Pulau Bidadari, Pulau yang Dulu Sakit

Pulau Bidadari.
Sumber :
  • ge-books.com

VIVA – Pulau Bidadari merupakan bagian dari wilayah Provinsi DKI Jakarta tepatnya Kecamatan Pulau Seribu Jakarta. Dulu orang menyebutnya Pulau Pumered atau Pulau Sakit karena kolonial Belanda membangun rumah sakit untuk merawat penderita kusta. Sejak kolonial Belanda meninggalkan Indonesia, pulau ini jika ikut ditinggalkan.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Untuk memberi lebih banyak keberuntungan dan penamaan positif, pemerintah mengubah namanya menjadi Pulau Bidadari. Pulau Bidadari awalnya hanya dapat dikunjungi orang-orang terbatas seperti orang-orang yang dapat izin bisa mengunjungi nya.

Pada awal tahun 1970 pemerintah membangun kembali pulau ini menjadi sebuah resor yang indah, dan terbuka untuk umum. Karena hal ini Viva akan memberikan informasi mengenai tempat wisata Pulau Bidadari.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Kamu yang telah memutuskan untuk berlibur wisata ke Pulau Bidadari ini bersama orang-orang terdekat wajib mengetahu aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di pulau ini.

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang
  1. Mempelajari Sejarah

Pengelolaan Pulau Bidadari saat ini juga sebenarnya melestarikan bangunan peninggalan di masa penjajahan kolonial Belanda.

Di dalam Pulau Bidadari terdapat sebuah Benteng yang bisa disebut Benteng Martello, benteng tersebut telah di bangun Belanda untuk keperluan pertahanan awal (kota Batavia). Selain itu, kamu juga dapat menjumpai Meriam yang juga menjadi peninggalan pemerintahan kolonial Belanda di pulau ini.

  1. Sensasi Menginap Di Atas Air Laut

Ini mungkin pengalaman yang kamu tidak akan lupakan ketika datang ke Pulau Bidadari. Di sana terdapat exo resort yang bangunannya dirancang berada tepat di atas laut. Suasana dan sensasi yang dibuat sepeti pemukiman nelayan yang terapung.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai bangunan, karena cottage terapung ini sudah memiliki bangunan yang kokoh. Selain itu, desain nya sendiri menyerupai salah satu rumah adat di Indonesia, yaitu arsitektur Minahasa. Kamu dapat beristirahat dan terbangun dengan pemandangan laut biru jernih yang luas.

  1. Menyelam

Kurang rasanya kalua berlibur ke Pulau tanpa menikmati keindahan bawah lautnya, di Pulau Bidadari amu dapat menyewa peralatan snorkeling dan bahkan diving loh.

Terdapat spot yang memang disediakan untuk melakukan kegiatan menyelam bagi pengunjung Pulau Bidadari ini, biasanya itu semua sudah termasuk dari paket jika kamu ke Pulau ini menggunakan travel atau agen.

  1. Berfoto di Pohon Jodoh

Papan nama pohon Jodoh di Pulau Bidadari.

Photo :
  • matajoe.blogspot.com

Tahukah bahwa kamu kalau ada mitos unik yang berkembang di kalangan pengunjung yang pernah datang mengenai sebatang pohon kepuh yang telah berusia ratusan tahun di Pulau Bidadari.

Kabarnya, pohon ini telah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Di sana telah berkembang sebuah mitos jika siapa saja yang berfoto di pohon tersebut bersama pasangan, maka hubungan seseorang dan kekasihnya bakal terus langgeng.

Kamu boleh percaya atau juga tidak percaya, Namun, hal tersebut tidak ada ruginya kan untuk mengabadikan momen indah berfoto dengan latar pohon langka tersebut yang sudah berusia ratusan tahun.

  1. Menikmati Kuliner Laut

Pulau Bidadari juga menawarkan wisata kuliner ketika kamu berkunjung ke sana. Pulau ini memiliki restoran makanan laut yang sangat enak, di mana semua makanan laut disajikan langsung oleh nelayan lokal. Beberapa menu lezat yang kamu dapat coba adalah kepiting blue swimmer, sup, dan baby stingray.

Fasilitas Pulau Bidari

Di bukanya Pulau Bidadari sebagai tempat wisata public tahun 1970, perkembangan fasilitas di dalamnya semakin lengkap, sebagai berikut:

  • Kolam renang anak, meski bisa bermain air di pantai. Namun, kita bisa berenang di kolam yang menjadi bagian dari fasilitas pulau ini.
  • Sarana olah raga pantai, seperti bola voli, sepak bola, sepeda, tenis meja, dan sarana permainan billyard.
  • Fasilitas untuk event perusahaan/organisasi, seperti meeting room dan sound system. Pulau Bidadari juga sering menjadi destinasi untuk acara, seperti family gatheringmeeting, atau outbound Pulau ini memiliki kapasitas hingga ratusan orang.
  • Mini bar.
  • Musholla.
  • Restoran dengan aneka menu makanan laut.

Bagaimana Menuju ke Pulau Bidadari?

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Pulau Bidadari dari Dermaga Pantai Marina 17 dengan speedboat atau feri. KM Kerapu, adalah feri terkenal yang digunakan oleh sebagian besar pengunjung dari dan ke pulau. Ada lagi speedboat kecil yang bisa mengangkut hingga 25 wisatawan, dan perahu tradisional berkapasitas 100 pengunjung.

Karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, setidaknya ada dua hingga tiga keberangkatan kapal dari Pantai Marina Ancol dan pulau-pulau lainnya. Hari yang paling sibuk adalah hari Sabtu. Ini lebih banyak lagi untuk melihat semua Hal Indah yang Dapat Dilakukan di Pulau Ayer Jakarta Indonesia

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Bidadari yang unik, pengunjung dapat menikmati wisata pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Kahyangan, Pulau Onrust, dan Pulau Kelor. Ada banyak bangunan tua Belanda seperti benteng atau pelabuhan tua.

Jadwal Keberangkatan (Dari pelabuhan Marina ke Pulau Bidadari)

00 – 15.00 (Senin – Jumat)

00, 10.00, 12.00, 03.00 (Sabtu-Minggu)

Jadwal Kepulangan (Dari Pulau Bidadari ke Pelabuhan Marina)

30 sore (Senin – Jumat)

00 WIB dan 16.00 WIB (Sabtu – Minggu)

Harga : Rp 32.000/orang. Anda bisa pergi dari Marina Beach Pier 17.

Nah, itu informasi mengenai Pulau Bidadari yang dapat Viva berikan ke kamu, jangan lupa luangkan waktu dan menikmati Pulau Indah yang masih bagian dari Jakarta ini ya!

Ilustrasi kantong jenazah.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Wanita open BO berinisial R ditemukan tewas dalam kondisi wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024