Pantai Sendiki, Si Hiden Gems Malang

Pantai Sendiki, Malang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Malang merupakan salah satu wilayah di Porovinsi Jawa Timur, Malang juga diberkati dengan memiliki garis pantai sepanjang 77 km, tentunya memiliki wisata pantai, yaitu Pantai sendiki.

Banyak Hidden Gem di Jakarta Fair, Belanja Fesyen Head to Toe Cuma Rp100 Ribu

Di Malang terdapat 14 Pantai yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang dan telah dikelola baik oleh pemerintah setempat dan bersinergi dengan masyarakat juga. Viva kali ini membagikan segala informasi mengenai Pantai Sendiki sebagai berikut:

Pantai Sendiki

Menelusuri Wisata Hidden Gem Bareng Alvin Fernandez, Ke Mana Aja?

Pantai di bagian selatan Malang ini menawarkan semua wisata pantai yang mengagumkan. Pantai pasir putih yang asri dan menawan serta sepi ini, membutuhkan perjuangan untuk mencapainya.

Pantai Sendiki memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, dan yang paling penting, masih asri, bersih dan Sepi. Pantai dengan pemandangan luas pasir putih halus serta pantai berbatu di beberapa bagian, menjadikan pantai ini tempat yang nyaman untuk menghilangkan segala kepenatan yang ada di dalam kehidupan.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Sama seperti pantai lainnya yang ada di bagian selatan Pulau Jawa, Pantai Sendiki memiliki ombak nya yang terkenal besar dan kencang, Pantai Sendiki kurang cocok untuk dijadikan tempat untuk berenang. Namun untuk sekadar bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai masih dapat dilakukan.

Hal lain yang menjadikan Pantai ini menarik dan bikin betah adalah adanya hutan lebat yang mengelilingi pantai. Ini membuat kondisi di sekitar pantai tidak terlalu panas, tidak seperti pantai lain yang hanya ditumbuhi tanaman perdu di sekitar pantai.

Legenda Asal Nama Pantai Sendiki

Menurut warga sekitar, pantai ini dahulu ditemukan oleh 4 orang sahabat. Tiga diantara mereka setuju untuk membagi lahan tersebut dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah.

Sementara orang terakhir, bernama Mbah Singo Lelono, merasa bingung untuk memilih wilayahnya. Ia kemudian bertanya kepada 3 temannya “Punyaku Seng Ndi Iki?”. Akhirnya, dengan kesal Mbah Singo Lelono menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang saat ini dikenal dengan nama Pantai Sendiki.

Cerita ini terus berkembang hingga sekarang. Namun bila anda berjalan ke arah kiri pantai, anda akan menemukan sebuah makam batu dengan tulisan “Singo Lelono” yang dianggap leluhur oleh warga sekitar.

Rute Ke Pantai Sendiki

Pantai Sendiki tepatnya berada di Desa Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di desa Tambakrejo, ada dua Pantai sekaligus yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Sendiki dan Tamban. Jarak kedua Pantai ini sekitar 2 kilometer.

Jika ingin pergi ke kawasan Pantai Sendiki dari kota Malang, harus menempuh jarak sekitar 68 kilometer dengan lama perjalanan 2 sampai 3 jam.

Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena di daerah ini belum ada angkutan umum. Dari kota Malang dapat pergi menuju Pakishaji dan kemudian lanjut ke Kepanjen dan kemudian Gondanglegi. Nah dari sini harus lanjut ke Turen dan akhirnya sampai di Sumbermanjing Wetan.

Di daerah tersebut sudah bisa mengikuti jalan menuju Pantai Tamban yang terdapat di daerah Tambakrejo. Ketika sampai di jalan yang mengarah ke Pantai Tamban, kamu akan bertemu jalanan yang menurun hingga di sebuah pertigaan.

Di pertigaan ini belok lah ke kiri dan tak lama kemudian kamu akan melihat sebuah pos kamling terbuat dari bambu. Di pos tersebut belok lah ke kanan. Nah, dari pos kamling ini yang bisa masuk hanya sepeda motor karena jalan yang sempit. Kamu bisa menitipkan mobil di rumah penduduk.

Disarankan untuk sangat berhati-hati di jalan yang sempit ini karena kondisi jalan yang rusak, licin dan juga berlumpur jika hujan. Setelah berjalan sepanjang 3 kilometer, kamu akan sampai di Pantai Sendiki.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Sendiki

Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Sendiki dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per motor (Rp 10.000 jika menginap).

Fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, mushola, pemandian umum, camping ground hingga warung-warung warga yang menjual dan minuman, dan semuanya tertata dengan baik.

Pemerintah dan Masyarakat setempat pun bekerja sama menjaga dan mempercantik Pantai Sendiki. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pos jaga, ayunan kayu dan gazebo sebagai tempat berteduh. Bahkan saat ini pengelola pantai menyediakan penginapan berupa pondok kecil di atas pohon sekitar pantai.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Sendiki

Pantai Sendiki yang memiliki pemanadang begitu menakjubkan ini memang sangat memanjakan mata, selain itu terdapat juga aktivitas-aktivitas yang kamu dapat lakukan di pantai ini, seperti:

  1. Bersantai di Gazebo

Pihak pengelola objek wisata bahari ini menyediakan sejumlah gazebo di sepanjang bibir pantai. Gazebo-gazebo ini bisa digunakan untuk duduk-duduk atau rebahan sambil menikmati pemandangan.

Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama laut, langit, dan pantai yang disajikan. Selain itu, gelombang lautnya yang besar juga seru untuk dinikmati. Suara ombak lautnya yang berlarian terdengar seperti harmoni alam.

  1. Berjalan atau Menkmati Bibir Pantai

Tepi pantainya yang lapang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas seru. Pengunjung bisa melakukan permainan olahraga seperti sepak bola dan voli di sini.

Bibir pantai ini memiliki pasir yang tekstur nya lembut dan halus. Sehingga pasir pantainya tidak akan menimbulkan luka pada kulit. Anak-anak pun akan aman saat berlarian di atas pasir ini.

  1. Menikmati Visual Matahari Terbenam

Perubahan warna pada langit ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang akan terbenam. Cahaya matahari yang eksotis ini juga menerpa lautan dan menjadikannya berkilauan. Hamparan pasir di bibir pantainya tak kalah indah saat terpapar matahari terbenam.

Tak hanya panorama saja yang disuguhkan pantai ini pada senja hari. Namun suasana petang hari yang tenang juga menambah kesyahduan. Di sore hari, gemuruh ombak pantai semakin terdengar jelas dan tontonan.

  1. Berkemah Di Tepi Pantai

Karena sepi pengunjung, tentu Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Ada banyak titik yang berada cukup jauh dari bibir Pantai yang bisa dijadikan tempat berkemah. Kamu bisa menyewa tenda di lokasi dengan harga Rp.75.000 untuk sebuah tenda berkapasitas 4 sampai 5 orang.

Jika membawa tenda sendiri, kamu hanya dikenakan biaya Rp.20.000 untuk biaya buka tenda.

Nah, itu informasi yang dapat Viva berikan kepada kamu mengenai Pantai Sendiki, luangkan waktu dan jangan lupa untuk menikmati pantai ini ya!

Vicky Ramadhan.

Awalnya Cuma Healing! Pria Ini Sukses Jadi Kreator Destinasi Wisata, Apa Rahasianya?

Tak perlu ribet untuk menemukan cara jadi influencer. Vicky Ramadhan, konten kreator asal Bogor yang kini semakin produktif ngonten menjelajah berbagai destinasi wisata.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2023