Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Pantai Goa Cina, Malang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Salah satu pantai yang ada di Malang Selatan adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Goa Cina ini dapat dicapai sekitar 2-3 jam perjalanan dari pusat Kota Malang.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Perjalanan menuju Pantai Goa Cina ini sangat memanjakan mata. Pegunungan kapur dan sawah serta udara yang masih sejuk menjadi pengalih rasa setelah menempuh perjalanan.

Namun, sebelum sampai di Pantai Goa Cina, Anda harus melewati jalan yang cukup sulit, jalanan yang masih berbentuk tanah serta banyaknya bebatuan yang mempersulit kendaraan untuk masuk ke area pantai.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Viva kali ini membagikan informasi mengenai Pantai Goa Cina yang menawan ini, sima selengkap nya:

Daya Tarik Pantai Goa Cina

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Banyak hal yang menarik di Pantai Goa Cina dan ini menjadi pertimbangan yang sangat kuat untuk mengunjungi pantai ini.

1. Kekayaan Alam Masih Terjaga Baik

Kekayaan alam merupakan salah satu daya tarik dari si pantai cantik satu ini. Bahkan para pengunjung dapat melihat air laut nya tampak jernih dan bersih, dan berpadu lembut dengan desiran pasir nya yang mengalun merdu. Sejak menginjakkan kaki di sana, angin sepoi sepoi akan menyambut gembira dengan rasa sejuk.

Air laut nya yang jernih bahkan tampak menyatu sempurna dengan warna putih berkilau dari pasir nya yang bersih. Untuk melengkapi hari indah mu, jangan lupa untuk menelusuri bibir pantainya yang dilengkapi dengan pohon cembirit dan ketapang.

Memastikan kehadiran rindang tersebut, mampu menghadirkan kesan sejuk dan segar dipandang. Masih di tempat yang sama, pengunjung juga bisa melihat deret tebing cantik di pinggir pantainya.

2. Gelombang dan Arus Kuat

Daya tarik lainnya berasal dari arus laut nya yang cukup kuat, mengingat arus nya sendiri bersimpangan dari tiga arah sekaligus. Arus ketiga tersebut berasal dari arah timur, barat, dan selatan yang kemudian saling bertabrakan saat melewati pulau Nyonya dan Bantengan.

Akibat tabrakan tiga arus tersebut, muncullah suara gemuruh yang cukup keras bahkan dari jarak tertentu.

Arus nya yang cukup kencang, wisatawan tidak diizinkan untuk berenang terlalu jauh dari bibir pantainya karena ditakutkan akan mengancam keselamatan jiwa. Meski tidak boleh berenang, sebagai wisatawan diperbolehkan untuk menginap dengan membangun sebuah tenda. Jika memang ingin melakukannya, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan sebagai bekal selama berada di sana.

Sejarah Unik Pantai Cina

Sebelum diberi nama sebagai Pantai Goa Cina, terlebih dahulu pantai ini diberi nama Pantai Rowo Indah. Namanya mulai berubah ketika seorang biksu dari China datang ke tempat tersebut pada tahun 1930, yang menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat pertapaan.

Bahkan dari jarak, tampaklah sebuah goa yang dipercaya sebagai tempat pertapaan sang biksu tersebut. Tragisnya, sang biksu tidak pernah keluar dari tempat tersebut dan dinyatakan meninggal ketika ditemukan sisa tulang belulangnya saja.

Di dalam pertapaan tersebut, terlihat pula tulisan berbahasa China di setiap dinding goa serta sebuah mangkuk sebagai pelengkapnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

1. Berkemah

Berkemah menjadi aktivitas seru yang tidak kalah menarik untuk dilakukan. Dengan berkemah satu malam saja, kamu bisa merasakan lebih dekat dengan alam sekaligus menikmati pantai dengan nuansa yang berbeda. dijamin pengalaman berkemah di sana bisa menjadi momen yang tidak terlupa seumur hidup.

Hanya saja, wisatawan perlu menyiapkan segala keperluannya sendiri sebagai bekal bermalam di sana.

2. Bermain Pasir

Kalian dapat bermain pasir, berfoto-foto, serta bersantai di bawah pohon ditemani dengan es kelapa muda segar. Di Pantai Goa Cina pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombak di pantai ini cukup besar. Besarnya ombak juga menyebabkan perahu nelayan tidak ada yang bersandar di pulau ini.

3. Kulineran

Demi memuaskan perut yang keroncongan, wisatawan beruntungnya tidak perlu membawa bekal hingga keesokan harinya. Sebab di sini sudah tersedia sederet warung yang menawarkan aneka makanan ringan hingga berat yang dapat memuaskan rasa lapar dan dahaga.

Berkat adanya fasilitas tersebut, wajar saja jika wisatawan semakin betah berada di sana. kamu juga bisa membeli aneka buah tangan berupa ikan segar hasil tangkapan nelayan sekitar.

Harga dan jenis ikan yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga dapat dipilih sesuai budget yang dibawa. Tidak perlu khawatir, secara keseluruhan ikan dijual dengan harga bersahabat di kantong.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Hanya perlu membayarkan sekitar Rp. 5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati deburan ombak nya yang terlihat jernih dan bersih hingga puas. Jika menggunakan kendaraan pribadi, umumnya akan dikenakan biaya tambahan khusus untuk parkir kendaraan sekitar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Kawasan wisata Pantai Goa Cina ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang dilihat sudah cukup lengkap untuk memenuhi setiap kebutuhan wisatawan yang berkunjung.

Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga warung makan yang menyediakan aneka makanan ringan dan berat bisa ditemukan dengan mudah. Fasilitasnya yang cukup lengkap, pengunjung yang tertarik berkemah pun tidak perlu risau karena kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik.

Nah itu informasi yang menarik dapat kamu temukan ketika berkunjung ke Pantai Goa Cina, semoga bermanfaat dan kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata utama ketika kamu sedang melimpir ke wilayah malang ya!

Grand Elty Krakatoa

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Grand Elty Krakatoa, salah satu Hotel & Resort dengan pemandangan terbaik di Lampung, menawarkan promo khusus Halal Bihalal.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024