Pantai Jogan, Kembaran dari McWay Waterfall California

Pantai Jogan, kabupaten Gunungkidul.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagian orang melepas penat sejenak dari kehidupan dengan berlibur ke destinasi wisata alam. Salah satunya yaitu pantai. Beruntung bagi penduduk Indonesia, sejumlah pantai tersebar di berbagai daerah. 

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Yogyakarta dan sekitarnya sering menjadi tujuan wisata bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pantai. Sederet pantai ada di pesisir Pantai Selatan dengan lokasi yang saling berdekatan, membuat siapapun dapat mengunjungi dari satu pantai ke pantai lain selama sehari. Pantai-pantai di Yogyakarta pun memiliki keunikan tersendiri sehingga banyak orang semakin penasaran ingin berkunjung.

Pantai Jogan merupakan satu dari sekian pantai di Yogyakarta yang mempunyai keunikan. Berlokasi di Gunungkidul, pantai ini kerap disebut sebagai kembaran dari McWay Waterfall California lantaran keduanya merupakan pantai dengan air terjun.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Air terjun di pantai jogan.

Photo :
  • U-Report

Air terjun Pantai Jogan mempunyai julukan bernama air terjun pengantin. Konon katanya kalau mandi di bawah air terjun bisa cepat mendapatkan jodoh. 

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Akses menuju Pantai Jogan sayangnya masih cukup sulit. Kau harus mengendarai transportasi pribadi baik dengan mobil maupun sepeda motor. Dari pusat kota Yogyakarta dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. 

Uniknya jika ingin masuk ke Pantai Jogan, wisatawan harus menemukan Pos Retribusi Pantai Siung, pantai yang terletak di sebelah Pantai Jogan. Sampai di pos, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Dari pos tersebut kamu masih terus berjalan kurang lebih 400 m lagi dengan mengikuti petunjuk arah. 

Pantai Jogan Yogyakarta

Photo :
  • U-Report

Pada musim kemarau debit air terjun di Pantai Jogan terbilang cukup kecil bahkan bisa dibilang tidak ada. Jika kamu ingin menikmati air terjun, sebaiknya datang saat musim hujan. Tetapi perhatikan pula prakiraan cuaca harian ya, agar terhindar dari hujan ketika hendak berkunjung. 

Agar dapat berada di bibir pantai penghubung antara air tawar dan air laut bersatu, kamu harus melewati rintangan dengan dua cara. Cara yang pertama yakni dengan repling atau menuruni air terjun dengan tali yang mengikat tubuh. Lalu yang kedua langsung menyusuri jalanan licin dari pinggir air terjun. Untuk meminimalisir tergelincir, di sana disediakan kayu-kayu sebagai penopang pegangan.

Air terjun pantai Jogan

Photo :
  • http://story-ideas.com

Sampai di bawah, kamu akan dimanjakan oleh dua keindahan alam sekaligus yaitu hamparan pantai dikelilingi tebing yang indah dengan deburan ombak dari Samudra Hindia serta suara derasnya air terjun aliran sungai.

Waktu yang tepat menikmati Pantai Jogan apalagi kalau bukan menjelang matahari terbit atau tenggelam. Tak hanya disuguhkan oleh dua fenomena alam, kamu bahkan dapat memandangi langit yang terkangan memancarkan warna keunguan.

 

Grand Elty Krakatoa

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Grand Elty Krakatoa, salah satu Hotel & Resort dengan pemandangan terbaik di Lampung, menawarkan promo khusus Halal Bihalal.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024