Sampe 30 Meter! Ini Dia 10 Gelombang Ombak Tertinggi di Dunia

Gelombang ombak
Sumber :

VIVA – Deburan gelombang ombak tertinggi tentunya menjadi pemandangan menakjubkan dan menjadi daya tarik para wisatawan, khususnya para peselancar yang tengah menghabiskan waktunya di pantai.

Satu WNA Taiwan Hilang Akibat Insiden Kapal Terbalik di Kepulauan Seribu

Ketika lautan menyala dan badai yang berarti terbentuk ratusan mil di lepas pantai mengirimkan getaran ganas ke garis pantai setiap benua, banyak tempat selancar berubah menjadi kekacauan yang sangat dekat.

Namun, beberapa tempat khusus di planet ini tampaknya menjadi hidup dalam kondisi seperti itu, yang memberikan jalan bagi beberapa gelombang paling mengesankan dan terbesar di dunia.

Dilanjutkan Selasa Pagi Pencarian WN Taiwan Korban Kapal Terbalik di Kepulauan Seribu

Meskipun memberikan kesan yang indah sekaligus menakjubkan, nyatanya menikmati gelombang ombak tertinggi di dunia juga sangat menegangkan dan mendebarkan. Pasalnya, gelombang ombak yang terlalu tinggi bisa-bisa membahayakan nyawamu saat bermain di sekitar pantai.

Gelombang ombak tertinggi

Photo :
Angin dan Ombak Tinggi Penyebab Kapal Berpenumpang Puluhan Orang Terbalik di Kepulauan Seribu

Namun mungkin itu tidak berpengaruh bagi para peselancar, dimana mereka orang yang justru menanti-nantikan datangnya gelombang ombak tertinggi itu. Untuk peselancar ombak besar, tidak ada sensasi yang lebih besar daripada melihat dinding air dan berkata, "Ya, saya bisa naik itu."

Tapi jangan salah, menyelam ke tempat selancar dengan gelombang ombak tertinggi dan terbesar di dunia tentu membutuhkan pengalaman puluhan tahun, keberanian baja, dan menerima kemungkinan yang sangat nyata bahwa ombak Anda berikutnya bisa menjadi yang terakhir jika Anda tidak hati-hati.

Seperti beberapa gelombang ombak tertinggi dan mematikan di beberapa lokasi berikut ini. Di mana lokasi ini selalu menjadi incaran para wisatawan, khususnya para peselancar dunia yang ingin menaklukkan gulungan ombak tersebut.

Gelombak ombak tertinggi di dunia berikut ini berada di pantai-pantai yang memiliki karakteristik yang sama, yaitu bisa ditaklukkan oleh peselancar handal. Bahkan, yang menariknya beberapa lokasi pantai ini memiliki gelombang ombak yang tingginya setara dengan empat lantai gedung. Berikut ini sepuluh gelombang ombak tertinggi di dunia, yang perlu Anda ketahui melansir dari mywavefinder.com.

10. Puerto Escondido, Meksiko

Sebagian besar waktu, Playa Zicatela di Puerto Escondido hanyalah tempat istirahat pantai berongga yang khas. Namun, pada gelombang besar, tempat ini menjadi tempat istirahat pantai terberat di dunia…

Dikenal sebagai Mexican Pipeline, gelombang A-frame ini sekarang berada di bawah radar setiap peselancar gelombang besar di planet ini menunggu gelombang XXL berikutnya menghantam Pasifik.  Ketika gelombang ini datang, harapkan beberapa papan rusak dan tong yang sangat besar.

 9. Pipa, Oahu, Hawaii

Pipeline memiliki reputasi di seluruh dunia selancar sebagai salah satu ombak paling berbahaya di bumi. Reputasi ini tidak sepenuhnya dibangun berdasarkan ukuran ombak yang sebenarnya karena bukan ombak terbesar atau terberat di dunia.

Namun, keajaiban Pipe terletak pada kehampaan dan potensi menungganginya. Pada gelombang besar di barat laut, Pipeline menembakkan ombak setinggi 20 kaki+ yang memecahkan karang meja dangkal hanya beberapa meter dari pantai menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk menonton atau mengambil foto dari beberapa peselancar terbaik di Bumi.

 8. Cortes Bank, California

Salah satu yang paling tidak dapat diakses dari semua ombak besar di planet ini, Cortes Bank terletak sekitar 100 mil dari garis pantai California.  Namun, perjalanan itu tampaknya sepadan menurut pengendara ombak besar.

Keajaiban tempat ini terletak di bawah permukaan di mana perairan Pasifik yang dalam bertemu dengan rantai gunung yang terendam dan menciptakan salah satu gelombang terbesar di dunia. 

 7. Teluk Waimea, Oahu, Hawaii

Teluk Waimea, Pantai Utara Oahu oleh Zach Fetter, ini adalah tempat selancar mitos di Pantai Utara Oahu yang menawarkan pengaturan yang sama sekali berbeda dari Pipeline tetangganya.

Meskipun kedua ombak hanya berjarak beberapa mil dari satu sama lain, Teluk Waimea adalah tempat selancar ombak besar yang tak terbantahkan di North Shore dan telah menjadi tuan rumah The Eddie Invitational pada beberapa kesempatan.

Ketika seluruh Pesisir Utara tutup karena gelombang besar, Teluk Waimea dan beberapa karang luar rahasia adalah satu-satunya tempat yang benar-benar hidup.

6. Kanan, Australia Barat
 
Kanan terletak di lepas pantai Barat Australia dan mungkin laras terberat di luar sana. Benar-benar gelombang penarik, memusnahkan bukan satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan di sini karena tempat ini kemungkinan besar adalah yang "paling hiu" dalam hitungan mundur ini.

Laras ini juga sangat cepat dengan bagian dalam yang sering pecah di depan yang sebelumnya sehingga cukup sulit untuk keluar tanpa dipalu di kedalaman Samudra Hindia.

5. Shipstern's Bluff, Tasmania

Ombak tertinggi

Photo :

Terletak di Tasmania, Shipstern's Bluff bukanlah ombak besar yang paling terkenal di luar sana, tetapi ombaknya memang menakutkan. Dengan bentuknya yang sangat aneh , para peselancar sering kali harus menghadapi jatuhnya udara di tengah perjalanan saat ombak berlipat ganda dan membuat langkah di wajahnya. 

 Cuplikan dari Shipstern juga beberapa yang paling gila yang akan Anda lihat dari adegan selancar dan wipeouts biasanya sangat spektakuler.

Gelombang ini telah menjadi tuan rumah acara Red Bull Cape Fear beberapa kali di masa lalu juga karena kemiripannya dengan tempat acara reguler.

 4. Mavericks, California

Menurut banyak orang, Mavericks adalah tempat selancar paling berbahaya di Bumi. Ombak itu sendiri mungkin bukan yang paling menakutkan tetapi banyak faktor lain yang membangun reputasi seperti itu untuk tempat tersebut.

Pertama-tama, Mavericks adalah tempat khusus dayung yang membuat lepas landas sangat kritis dan membuat peselancar menghadapi beberapa bahaya lain seperti hiu dan arus rip. 

“Dua gelombang menahan” juga sangat sering terjadi di sini dan di atas itu, suhu air bisa serendah 50 °F.

 Secara keseluruhan, semua kondisi di Half Moon Bay sangat tidak bersahabat dan bahkan peselancar ombak besar terbaik di planet ini takut akan ombak ini lebih dari yang lain.

Gelombang ombak

Photo :

 
3. Teahupo'o, Tahiti
 
Pada gelombang besar, Teahupo'o jelas merupakan gelombang yang paling menakutkan di luar sana. Ketika gelombang besar dan berlubang seperti itu pecah di terumbu karang hidup yang tajam, TIDAK ADA RUANG untuk kesalahan.

Terletak di sisi selatan Tahiti, “Chopes” bahkan dianggap sebagai ombak yang tidak dapat dijelajahi hingga akhir abad ke-20. Sejak itu, para peselancar mendorong batas gelombang ini dan bahkan ketika ombaknya menjadi terlalu besar untuk didayung, jet ski bergabung dengan pesta untuk beberapa aksi penarik.

Teahupo'o adalah ombak yang memberi kita beberapa rekaman selancar paling luar biasa di luar sana karena saluran dalam yang terletak tepat di sebelah istirahat di mana perahu dan fotografer berbaris untuk mendapatkan bidikan terbaik dari binatang itu.

 2. Jaws, Maui, Hawaii

Jaws adalah tempat selancar mistis yang terletak di Pantai Utara Maui yang mulai bekerja pada gelombang setinggi 15 kaki+ dan dapat menangani hampir semua ukuran.

Apa yang membuat Jaws lebih istimewa daripada ombak besar lainnya di luar sana adalah bagaimana ia tetap sempurna meskipun ukurannya luar biasa. Apakah mereka mendayung atau ditarik, peselancar benar-benar dapat mengekspresikan bakat mereka di Jaws dengan wajah terbuka yang bagus dan terkadang peluang barel yang cukup dalam.

 1. Nazaret, Portugal

Saat dinyalakan, Nazare adalah ombak terbesar di dunia. Ini mungkin tidak sekonsisten Pipeline atau Teahupo'o tetapi tetap menjadi tempat pemegang rekor ombak terbesar yang pernah berselancar di bumi, tidak kurang.

 Setiap musim dingin, sepasang ombak XXL terbentuk ke Atlantik dan menghidupkan kembali monster itu sementara seluruh komunitas selancar ombak besar bergegas ke desa nelayan kecil Portugis ini untuk mencoba ditarik ke…

Rahasia Nazare juga terletak di bawah permukaan di mana ngarai air yang dalam bertemu dengan perairan dangkal di dekat pantai dan menciptakan dinding air yang sangat besar di atas permukaan yang memberikan tempat untuk pemandangan selancar yang menakjubkan.

 Sebagian besar rekor dunia sebelumnya untuk ombak tertinggi yang pernah selancar dicatat di sini, di Praia do Norte, Nazare, itulah sebabnya ombak ini berhasil mencapai puncak hitungan mundur ombak terbesar dunia kami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya