Jangan sendirian! ini 10 Tempat Wisata Angker Di Jogja

Wisatawan berkunjung di kompleks wisata Taman Sari Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Tempat wisata angker di jogja atau Yogyakarta merupakan provinsi yang terkenal dengan beragam tempat wisata, mulai dari sisata budaya, ala, hingga kuliner nya yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang baik dikunjungi ketika liburan, hal ini terlihat kalau sudah memasuki musim liburan, Yogyakarta akan kebanjiran wisatawan.

Deretan Wisata Yogyakarta yang Sayang Anda Lewati saat Libur Lebaran Tiba

Tetapi, selain wisata yang terdapat di Yogyakarta ini sangat menyenangkan, tetapi ada loh jajaran tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal dengan cerita mistisnya. Tempat-tempat tersebut pun dianggap anker kemudian oleh masyarakat.

Bagi kamu yang menyukai dunia mistis dan senang merasakan sensasi seram, kamu dapat mengisinya dengan datang ke tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang menawarkan itu semua.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Viva memberikan informasi mengenai tempat wisata angker di Yogyakarta yang dapat kamu kunjungi, mengutip dari berbagai sumber, berikut jajaran tempat wisata anker tersebut:

1. Ambarukmo Plaza

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kebakaran di Ambarukmo Plaza,Yogyakarta

Photo :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A

Ambarukmo Plaza merupakan salah satu mall megah yang ada di Yogyakarta, lokasi tepatnya berada di Jalan Laksda Adisucipto No.80, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Tempat satu ini menyimpan berbagai cerita mistis yang pernah dialami oleh karyawan yang bekerja di tempat tersebut.

Terdapat salah satu karyawan yang menceritakan jika sering ada penunggu dari Plaza Ambarrukmo yang menjelma menjadi seorang manusia yang kemudian masuk ke dalam toilet di lantai satu dan tidak keluar kembali.

Kemudian ada juga kejadian seram yang dialami oleh pekerja yang hendak memotong rumput di tempat tersebut, tiba-tiba rumput tidak bisa dipotong dan alat pemotong rumput mati. Bahkan pekerja tersebut mengalami kesurupan, akhirnya mesin dan tempat tersebut diberi kembang tujuh rupa, baru setelah itu rumput dapat dipotong.

2. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta

Photo :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Diyakini bahwa banyak makhluk tak kasat mata yang menjaga keraton tersebut. Jika ada pengunjung yang berniat jahat ketika berada di keraton tersebut, maka makhluk tak kasat mata tersebut dapat mengganggu pengunjung tersebut.

Selain itu pada area Bangsal Proboyekso yang berada di belakang Bangsal Kencono yang dijadikan tempat penyimpanan pusaka-pusaka keraton, dipercaya jika tempat itu dijaga oleh makhluk halus yang menyerupai raksasa yang seram. Seorang yang mempunya kelibihan juga pernah menceritakan ada penampakan hantu raksasa di tempat ini.

3. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Benteng Vredeburg merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Lokasi tempat wisata ini cukup berada di tengah kota, namun ternyata ada kisah misteri yang membuat benteng ini seram mesti di tengah kota.

Ada sebuah cerita yang terkenal di museum ini, ketika itu pada siang hari sedang ada acara pameran lukisan Festival Kesenian Jogja, namun tiba-tiba ada banyak pasukan tentara Belanda yang masuk ke tempat tersebut, hal ini membuat para pengunjung dan penjaga acara tersebut langsung keluar museum .

Selain penampakan tentara Belanda, masyarakat dan pengunjung juga menceritakan jika sering terlihat penampakan noni Belanda dengan setengah badan bagian bawahnya berbentuk kuda.

4. Rumah Kentang Kota Baru

Rumah Kentang Kota Baru tepat di seberang SMA Stella Duce I, Kota Baru. Rumah ini memiliki arsitektur zaman dulu dan rumah tersebut saat ini kosong tanpa kekurangan.

Alasan rumah ini disebut sebagai rumah kentang adalah karena orang yang melintas rumah tersebut mencium banyak aroma kentang, aroma kentang ini sendiri selalu diidentikkan dengan kemunculan genderuwo.Selain itu di rumah tersebut juga terdapat lonceng kecil yang sering terjadi sendiri, padahal rumah tersebut kosong.

5. Pantai Parangkusumo

Suasana sore di Pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Di daerah Yogyakarta telah terkenal dengan cerita mitologi Jawa Nyi Roro Kidul. Yaitu sosok makhluk halus yang digambarkan sebagai wanita cantik yang memakai serba hijau dan dianggap sebagai ratu pantai selatan.

Pantai Parangkusumo dipercaya menjadi salah satu pintu gerbang menuju istana kerajaan pantai selatan kekuasaan Nyi Roro Kidul yang berada di Pantai Parangkusumo di Kabupaten Bantul. Untuk itu bagi pengunjung yang berkunjung ke pantai ini disarankan agar tidak memakai baju berwarna hijau.

6. Gereja Gotik Sayidan

Gereja Gotik Sayidan.

Photo :
  • U-Report

Gereja Gotik Sayidan memiliki arsitektur khas gotik yang mengagumkan, gereja ini berlokasi di Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Namun uniknya tempat ini dulunya adalah sebuah gereja, melainkan merupakan rumah priyayi dan juga sekaligus pabrik batik.

Namun saat ini tempat-tempat kosong, setelah tidak ditempati dalam waktu yang lama bermunculan banyak cerita mistis dari masyarakat setempat. Selain tampilan luarnya yang seram, gereja ini juga memiliki altar dan ruang bawah tanah yang tidak terurus.

7. Kandang Menjangan

Tempat wisata Kandang Menjangan terletak di lokasi yang ramai, tepatnya di Jalan KH. Ali Maksum No.83, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini yakni Kandang Menjangan atau biasa dikenal dengan nama Panggung Krapyak.

Ada sebuah cerita menyeramkan yang pernah dialami oleh seorang mahasiswa yang melintas di dekat tempat tersebut. Ia melihat penampakan sesosok wanita dalam posisi tergantung yang membelakangi pintu masuk bangunan. Inilah salah satu cerita seram dari bangunan ini.

Nah itu 7 temapt wisata anker yang dapat kamu kunjungi ketika berkunjung ke daerah Yogyakarta. Bagaimana? Masih berani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya