8 Sungai Paling Dilarang untuk Berenang di Dunia

Sungai Amazon
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sungai merupakan bagian dari alam yang memberi banyak manfaat bagi manusia. Tak hanya sebagai kebutuhan, bahkan sungai juga bisa dijadikan tempat wisata alam maupun tempat bertualang di alam bebas atau bahkan tempat berenang

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Namun, tak semua sungai di dunia bisa menjadi tempat yang aman untuk berenang. Bahkan, ada sungai yang pada kondisi yang biasa saja, juga berbahaya dan dilarang untuk berenang. 

Dari arus yang deras hingga hewan - hewan berbahaya, berikut 8 sungai paling dilarang untuk berenang di dunia, dihimpun dari berbagai sumber.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

Sungai Amazon

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report
Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sungai Amazon adalah salah satu sungai paling berbahaya di dunia dan paling dilarang untuk berenang. Selain karena arus sungai yang dapat berubah tiba - tiba, sungai yang terletak di Amerika Serikat ini juga dikenal dengan banyaknya hewan buas dengan ukuran yang sangat besar tinggal di perairan tersebut. 

Ular besar Anaconda, Hiu Banteng atau Bull Sharks, belut listrik, ikan Piranha,  buaya besar Caiman yang terkenal sangat ahli dalam memangsa, dan masih banyak jenis hewan berbahaya lainnya. Bahkan, dianjurkan untuk tidak berlama - lama berada di air atau di pinggiran karena hewan berbahaya sewaktu - waktu dalam menyerang. 

Sungai Wharfe, Inggris. 

Pada pandangan pertama, sungai ini memang tampak indah dengan air yang jernih dan pepohonan di sekitarnya. Namun, sungai yang terletak di  Yorkshire, Inggris ini telah mendapatkan reputasi bisa membunuh siapa saja yang jatuh ke perairannya, dengan cara "menelan" seluruh tubuh mereka. 

Menelan terjadi secara harfiah sungai ini terdapat jurang dalam, yang diyakini masyarakat jika siapa saja yang jatuh ke dalamnya, maka tidak akan dapat kembali secara hidup. Selain itu disinyalir, jika di bawah sungai juga menyembunyikan gua dan terowongan di dalamnya yang sangat sulit dijangkau. 

Sungai Nil, Mesir

Sungai Nil.

Photo :
  • U-Report

Sungai Nil menjadi salah satu sungai yang berbahaya dan terpanjang di dunia. Dengan aliran Sungai Nil yang melewati sebelas negara, yakni Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. 

Selain panjang, sungai ini menjadi tempat berkembang biak sejumlah hewan mematikan seperti buaya yang dapat bergerak sekitar 30 mil per jam dan telah membunuh kurang lebih 200 orang per tahun. Tak hanya itu, kuda nil ganas yang terkenal suka menyerang perahu, ular besar berbisa seperti Black Mamba, ular kobra obra Mesir dan nyamuk mematikan adalah alasan mengapa berenang di sungai ini adalah dilarang. 

Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sunga Mississippi

Photo :
  • wikipedia.org/Mississippi River

Sungai Mississippi menjadi sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat dengan total panjang aliran sungai hingga 3.734 km yang berujung di Teluk Meksiko. Selain arus yang kecang, sungai ini terdapat larangan untuk berenang karena menjadi tempat hidup Alligator Amerika, Kura - kura Snapping yang bisa menggigit, dugong, ikan Salamander dan hewan berbahaya lainnya. 

Bahkan, arus yang kencang di sungai ini sering memakan korban karena perahu - perahu yang berlayar akan hilang kendali. Larangan untuk berenang di sungai ini sudah banyak di sepanjang semenanjung sungai. 

Sungai Brahmaputra, Bangladesh

Sungai Brahmaputra memiliki panjang 2900 kilometer.  Salah satu bahaya yang kerap menelan korban di sungai ini adalah karena arus airnya yang mematikan. Di sungai Brahmaputra ini sering kali terjadi air pasang, dan jika air pasang ini membentuk pusaran maka dapat menenggelamkan apapun yang ada di atasnya, bahkan perahu. 

Meski begitu, adanya sungai ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar diantaranya yaitu sebagai lokasi irigasi dan transportasi yang sangat membantu masyarakat. Namun tetap larangan untuk berenang di sungai ini selalu ada. 

Sungai Kongo

Ilustrasi air sungai.

Photo :
  • Pixabay/Free-Photos

Sungai Kongo dapat dikatakan sebagai sungai terpanjang kedua di Benua Afrika, dan merupakansalah satu sungai yang paling berbahaya di dunia. Sungai Kongo memiliki kedalaman hingga 220 meter dan merupakan sungai terdalam di dunia 

Dengan kedalaman seperti itu, adalah larangan keras untuk berenang di sungai ini. Bahkan pada bagian anak Sungai Kongo dan bagian bawahnya terdapat ngarai serta air terjun. Bagian atas sungai juga dipenuhi dengan jeram yang sangat berbahaya bagi siapapun yang mencoba berenang di sana. 

Sungai Orinico, Amerika Selatan

Sungai Oronico terkenal dengan bentuknya yang berkelol - kelok serta arus yang sangat deras, yang membuat navigasi menjadi sangat sulit. Tak hanya itu, terumbu karang yang terdapat di sungai Orinico membuat sungai ini berbahaya untuk berenang. 

Sungai Yangtze, Cina

Sungai Yangtze, Cina

Photo :
  • wikipedia.org/Yangtze River

Sungai paling berbahaya untuk berenang yang terakhir adalah sungai Yangtze, yang mana adalah salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai ini berperan sebagai pemisah antara China Utara dan China Selatan dengan panjang mencapai 6.300 kilometer.

Sungai Yangtze dikategorikan sungai yang berbahaya lantaran kerap mengancam kota-kota yang berada di sekitarnya. Ancamannya itu sendiri tak lain yakni bencana banjir yang cukup dahsyat yang dapat datang sewaktu - waktu.. Dalam kurun waktu 1 abad terakhir, China telah mengalami banjir yang parah akibat dari sungai tersebut. Bahkan pada 1931 banjir terdahsyat terjadi di sungai Yatze yang menewaskan sekitar 2 juta orang kala itu. Arus sungai yang tak pernah tenang, bahkan pada saat musim panas, membuat sungai Yatze menjadi sungai berbahaya untuk berenang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya