Tiket Candi Borobudur RP750 Ribu, Jerome Polin: Kaya Disneyland Jepang

Candi Borobudur.
Candi Borobudur.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo

VIVA – Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan domestik menjadi Rp750 ribu. Pengumuman tarif terbaru ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," tulis Luhut pada Sabtu 4 Juni 2022, dikutip VIVA.

Sebelumnya, Menko Luhut juga menyampaikan ingin bersama-sama mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Langkah yang ditetapkan pemerintah ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.

Semua turis asing juga diwajibkan menggunakan jasa tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. Hal tersebut dilakukan demi menciptakan peluang kerja baru dan menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan situ sejarah ini.

Menko Luhut.

Menko Luhut.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

Beragam komentar datang dari masyarakat Indonesia, terutama warga Twitter yang ramai-ramai membuat Borobudur menjadi trending topik pada Minggu 5 Juni 2022.

"Btw itu berita terbaru kalo bener, berarti harga tiket masuk Candi Borobudur jadi sama kayak harga tiket masuk Disneyland/Disneysea/Universal Studio Japan," cuit Jerome Polin di Twitter.