Tiket Candi Borobudur RP750 Ribu, Jerome Polin: Kaya Disneyland Jepang

Candi Borobudur.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo

VIVA – Pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur untuk wisatawan domestik menjadi Rp750 ribu. Pengumuman tarif terbaru ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," tulis Luhut pada Sabtu 4 Juni 2022, dikutip VIVA.

Sebelumnya, Menko Luhut juga menyampaikan ingin bersama-sama mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Langkah yang ditetapkan pemerintah ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Semua turis asing juga diwajibkan menggunakan jasa tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. Hal tersebut dilakukan demi menciptakan peluang kerja baru dan menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan situ sejarah ini.

Menko Luhut.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.
Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Beragam komentar datang dari masyarakat Indonesia, terutama warga Twitter yang ramai-ramai membuat Borobudur menjadi trending topik pada Minggu 5 Juni 2022.

"Btw itu berita terbaru kalo bener, berarti harga tiket masuk Candi Borobudur jadi sama kayak harga tiket masuk Disneyland/Disneysea/Universal Studio Japan," cuit Jerome Polin di Twitter.

Selain mempertanyakan kenaikan harga yang fantastis itu, ada juga netizen yang mendukung kebijakan tersebut karena dinilai dapat menjaga lingkungan cagar alam Borobudur karena akan sedikit wisatawan yang berkunjung.

"Bagus, gw dukung. Kenapa? Kalo harganya mahal yang dateng makin dikit. Kalo yang dateng dikit, biaya perawatan jadi lebih murah dan lingkungannya lebih terjaga. Kalo aset budaya emang udah seharusnya mahal. Lagian anak sekolah masih bisa belajar juga kan, buat pelajar murah," timpal warganet. 

Candi Borobudur

Photo :
  • U-Report

Banyak juga warga Twitter yang meng-highlight harga tiket pelajar. Menurut kebijakan terbaru, pelajar yang ingin memasuki Candi Borobudur hanya perlu membayar tiket Rp5.000 saja. Beragam komentar kocak pun datang dari netizen yang ingin terus sekolah supaya tetap berstatus pelajar. 

"Kalo kaya gini jadi motivasi sebagai pelajar terus,” kata netizen.

"Mahasiswa pelajar bukan sih, gass terus iya. Cuman 5k gilakk," tutur warganet.

"Besok anak-anak yang masih sekolah aja yang bisa masuk Borobudur.. Ibunya nunggu di depan pintu masuk aja," celoteh yang lain.

"Apakah ini bisa menjadi motivasi buat lanjut S2 nanti, biar status tetap pelajar," cuit warganet.

"Seumur-umur belum pernah kesana, mumpung sekarang masih pelajar alias murce.. semoga bisa kesana xixi," kata akun lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya