Pantai Plengkung Banyuwangi, Rumah Ajang Selancar Dunia

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ajang selancar Dunia atau di kenal dengan World Surf League (WSL) digelar di Pantai Plengkung atau yang biasa didengar dengan G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai ini terletak di Taman Nasional Alas Purwo, ajang internasional selancar paling bergengsi ini telah secara resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Mendpora), Zainudin Amali pada Jumat 27 Mei 2022.

Kali ini Viva memberikan informasi mengenai keindahan Pantai Plengkung dan bagaimana keadaan ombak di sana yang dapat menjadikan Pantai ini sebagai tuan rumah bagi Ajang selancar Internasional bergengsi ini.

Keindahan Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Photo :
  • http://allournadunn.blogspot.com/

Pantai Plengkung memiliki pesona alam yang sangan mengagumkan. Lanskap alam di sana sangat indah saling berpadu, seperti pantai pasir putih yang halus berpadu dengan hamparan laut biru yang luas, selain itu terdapat bebatuan karang yang unik serta pepohonan hijau yang menjadikannya semakin eksotis untuk dinikmati.

Pengunjung yang datang ke Pantai Plengkung dapat melakukan berbagai aktivitas menyelam seperti diving maupun snorkling, selain kegiatan di laut pengunjung yang datang dapat menikmati mengelilingi Taman Nasional Alas Purwo, di sana kamu dapat melihat berbagai satwa liar yang berkeliaran bebas, dari kera hingga rusa.

Berada di Pantai Plengkung belum lengkap jika tidak mengabadikan momen ketika di sana, banyak sekali tempat yang kamu dapat jadikan objek foto seperti bentang alam yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kamu dapat menuju Pantai Plengkung dengan menggunakan kendaraan yang memiliki jarang kurang lebih 50km atau sekitar 2 jam dari pusat kota Banyuwangi.

Tipe Ombak Pantai Plengkung

Ombak Pantai Plengkung

Ombak Pantai Plengkung

Photo :
  • http://www.sewamobilsurabaya-murah.com

Pantai Plengkung menyajikan berbagai pilihan tipe ombak bagi peselancar yang ingin menjajal kemampuan berselancar nya. Mulai dari peselancar pemula hingga peselancar yang memiliki keahlian tinggi dapat berselancar di Pantai Plengkung.

Ombak yang berada di Pantai Plengkung memiliki tiga tingkatan, yakni Many Track Waves, Speedis Waves, dan Kong Waves. Bagi peselancar pemula, dapat menggunakan Many Track Waves dengan ketinggian ombak 3-4 meter.

Sedangkan untuk peselancar tingkat sedang, dapat menikmati Speedis Waves dengan ketinggian ombak 5-6 meter. Jika Anda peselancar tingkat profesional makan akan menggunakan Kong Waves yang ketinggiannya mencapai 6-8 meter.

Ombak Terbaik Kedua Di Dunia

Menurut Kemenparekraf pada laman resmi nya, Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dengan G-land terletak  di Banyuwangi menjadi destinasi favorit turis asing, karena dianggap sebagai salah satu surga tersembunyi bagi peselancar.

Keindahan alam yang kaya dengan pemandangan laut biru dengan luas ombak yang memanjang, tinggi dan besar, membuat para peselancar mancanegara tertantang untuk menjajal dan menaklukkannya.

Panjang ombak Pantai Plengkung dapat mencapai 2 kilometer dengan ketinggian ombak hingga 8 meter. Gelombang pasang Pantai Plengkung sering kali dapat membentuk tabung udara yang hampir sempurna. Tak heran jika ombak di Pantai Plengkung dinobatkan sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii di Amerika Serikat.

Nah itu Informasi mengenai Pantai Plengkung yang menjadi tuan rumah ajang selancar paling bergengsi di Dunia.