5 Kota Terunik Sekaligus Paling Aneh di Dunia, No 2 Dihuni Boneka

Desa Nagoro di Jepang
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Setiap negara di dunia pasti mempunyai kota terbaik, seperti kota terunik sekaligus paling aneh di dunia. Bahkan, karena keanehan tersebut ada hal-hal yang membedakan dengan kota-kota lainnya. Hal ini tentu saja sangat menarik perhatian publik, baik dalam negeri maupun mancanegara untuk mendatangi kota tersebut. Keunikan yang dimiliki oleh kota tersebut sangat beragam dan tidak pernah terduga sebelumnya. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Karena unik dan aneh tersebut, kota-kota ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata yang tidak biasa, sebagai alternatif tempat umum untuk dikunjungi. Walaupun kedengarannya aneh, beberapa kota di bawah ini tetap menawarkan keindahan tersendiri. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, simak ulasan berikut ini tentang kota terunik sekaligus paling aneh di dunia yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Tomioka, Jepang

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Tomioka, Jepang.

Photo :
  • U-Report

Kota unik ini berada di kawasan yang mana sebenarnya adalah zona terlarang lantaran ada PTLN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) Fukushima. Pada Maret 2011, PTLN ini terkena gempa dan tsunami sampai rusak sehingga mengakibatkan kota terkontaminasi. Ratusan ribu penduduk dievakuasi karena daerah dalam radius 20 kilometer dianggap terlarang. 

Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Tapi seorang bernama Naoto Matsumura memilih untuk tetap berada di kota terunik sekaligus paling aneh tersebut. Pria yang berusia 50 tahun ini menjadi satu-satunya penduduk yang kembali lagi dari 16 ribu orang yang pernah menduduki kota tersebut. Dia berada di kawasan tanpa aliran listrik dan air, tapi Matsumura tetap bertahan merawat lahan dan hewan yang terlantar. 

2. Nagoro, Jepang

Desa Nagoro

Photo :
  • U-Report

Masih berada di negeri Sakura Jepang, sebuah desa ini sangat unik lantaran dihuni oleh banyak sekali boneka. Desa ini bernama Nagoro yang berada di wilayah Prefektur Tokushima, Pulau Shikoku. Menyadur dari laman Outlook Traveller, Nagoro tidak akan dikenal luas bila bukan karena jasa Ayano Tsukimi, seorang pembuat boneka yang terampil. 

Ia sudah membuat boneka seukuran manusia untuk mengisi kota terunik sekaligus paling aneh di dunia ini. Karena jumlah penduduknya yang semakin menyusut dari tahun ke tahun. Walaupun pernah disebut bahwa para seniman di desa-desa Jepang lainnya juga sudah membuat boneka untuk membuat mereka hidup, tapi Desa Nagoro yang paling memikat wisatawan. 

3. Kota Gua Matmata, Tunisia

Kota Matmata

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk kamu yang ingin merasakan atmosfer layaknya berada di zaman purba, maka kamu bisa berkunjung ke Matmata, sebuah kota yang ada di Tunisia. Matmata adalah sebuah kota kecil dengan bahasa Berber di Tunisia Selatan. Beberapa penduduk setempat hidup dalam struktur tradisional seperti troglodyte, alias hidup di bawah tanah dalam gua. 

Pada tahun 2004 silam, Matmata mempunyai populasi sebanyak 2.116 jiwa. Untuk kamu para penggemar Star Wars, tentu saja tidak akan asing lagi dengan kota terunik sekaligus paling aneh di dunia ini. Matmata adalah latar tempat Tatooine, planet asal sang ksatria Jedi Luke Skywalker.  Hampir semua masyarakat di kota ini tinggal di dalam rumah yang ada di dalam gua. 

4. Colma, California, Amerika Serikat

Colma

Photo :
  • roadtrippers.com

The City of Death atau kota mati tampaknya adalah sebuah julukan yang memang pas untuk menggambarkan kota Colma yang berada di wilayah San Mateo, California. Kota ini hanya mempunyai 1.000 penduduk yang hidup, sementara sisanya sudah meninggal dunia dan dimakamkan di 16 kawasan pemakaman. 

Jenazah yang dimakamkan di kota terunik sekaligus paling aneh di dunia ini bukan berasal dari penduduk lokal, tapi jenazah yang berasal dari luar kota, salah satunya San Francisco. Di kota ini, ada lebih dari 1,5 juta kuburan. Warga setempat bahkan sudah hidup berdampingan dengan jutaan kuburan tersebut. 

5. Kota Whittier, Alaska

Kota Whittier Alaska

Photo :
  • Tangkapan Layar

Merasakan tinggal di gedung yang sama mungkin biasa. Namun, apa jadinya bila seluruh penghuni gedung tersebut adalah penduduk satu kota. Bahkan, semua kegiatan seperti sekolah, perkantoran, supermarket, gereja, kantor polisi, sampai penginapan pengunjung, semuanya disediakan di satu gedung yang sama. 

Kota terunik sekaligus paling aneh di dunia ini adalah Whittier, sebuah wilayah yang terletak di negara bagian Alaska, sejauh 93 kilometer dari Anchorage. Penduduknya juga hanya mencapai 200 orang dan mereka tinggal bersama di dalam sebuah gedung setinggi 14 lantai yang awalnya adalah barak militer. Di sini hanya ada satu terowongan yang dipakai untuk masuk dan keluar kota. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya