Rumah Sandekala Hadirkan Tokoh di Jurnal Risa, Ini 6 Faktanya

Jurnal Risa - Rumah Sandekala.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

VIVA – Penulis Risa Saraswati dan Otello Asia bekerja sama mempersembahkan "Jurnal Risa - Rumah Sandekala" - The Haunted House Experience, yaitu sebuah wahana yang dapat dijadikan pilihan bersama teman-teman, kerabat atau keluarga yang ingin menikmati suasana horor dengan sensasi yang berbeda dan menegangkan.

Antisipasi Macet Horor, Menhub Imbau Pemudik Balik Lebih Awal

Untuk menjelajahi Rumah Sandekala, dibutuhkan keberanian dan nyali untuk bisa sampai pada akhir perjalanan yang penuh misteri.

Rumah Sandekala hadir di FX Sudirman, Jakarta, mulai tanggal 11 Juni hingga 10 Juli 2022 untuk membawa para penggemar cerita horor merasakan langsung perjalanan tim Jurnal Risa.

Dilarang Tayang, Ini Sinopsis dan Daftar Pemain Film Kiblat

Berikut ini adalah 6 fakta tentang Rumah Sandekala yang perlu diketahui.

1. Diadaptasi dari buku kedua Risa Saraswati

Exhuma Akan Adakan Pemutaran Khusus untuk Penonton yang Takut

Wahana Rumah Sandekala diadaptasi dari buku kedua Risa Saraswati dengan judul yang sama yang dirilis pada tahun 2018. Cerita dalam buku tersebut diangkat menjadi sebuah wahana yang akan mengajak para pembaca merasakan secara langsung cerita di dalamnya.

Jurnal Risa - Rumah Sandekala.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

2. Berasal dari kisah nyata

Kisah dalam cerita Rumah Sandekala itu sendiri diangkat dari kisah nyata yang pernah dialami langsung oleh Risa Saraswati.

Rumah Sandekala adalah sebuah kisah rumah tua yang melegenda di sebuah perkampungan kecil di daerah Jawa Barat. Dikisahkan bahwa dahulu kala ada sebuah rumah tua yang dihuni oleh keluarga Sunda yang terhormat di kampungnya.

Pemilik rumah itu biasa dipanggil Nyai Sukma yang merupakan seorang penari dan sinden terkenal, yang menghidupi kedua anak lelakinya bernama Barna dan Bagja.

Konflik demi konflik terjadi ketika anak-anaknya menginjak usia dewasa dan Nyai Sukma semaki menua. Keinginan Nyai Sukma untuk terus eksis mendorongnya pada pesugihan dan perjanjian terlarang dengan setan.

3. Berbeda dengan rumah hantu pada umumnya

Jurnal Risa - Rumah Sandekala.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Rumah hantu pada umumnya akan menghadirkan hantu dengan penampilan menyeramkan, seperti pocong atau kuntilanak. Namun, Rumah Sandekala-The Haunted House Experience ini akan menghadirkan tokoh-tokoh dalam buku yang ditulis Risa Saraswati tersebut secara nyata.

Setiap lorong yang dilewati pengunjung juga akan membawa pada lokasi kejadian yang ada dalam cerita Rumah Sandekala. Total ada 10 ruangan yang masing-masing memiliki karakteristik, cerita, dan tokohnya masing-masing.

Musik latar belakang akan mendukung suasana menjadi semakin mencekam. Namun tidak perlu khawatir karena talent hantu di Rumah Sandekala tidak akan menakuti dengan kontak fisik.

4. Kejadian mistis di Rumah Sandekala

Sebagai wahana rumah hantu yang memiliki energi cukup kuat, CEO Otello Asia, Sysan Ibrahim, mengungkapkan bahwa pernah terjadi hal-hal mistis di dalamnya. 

Sebelumnya, beberapa pengunjung sempat mengaku bahwa mereka melihat sosok lain di dalam ruangan yang  dilewati. Jika seharusnya hanya ada dua tokoh di ruangan itu mereka justru melihat kemunculan sosok ketiga.

DANUR 3: Sunyaruri

Photo :

5. Rumah Sandekala 1 dan 2

Rumah Sandekala akan dibuat menjadi versi 1 dan 2. Untuk saat ini, adalah Rumah Sandekala 1 yang bercerita dari sudut pandang Nyai Sukma dan menantunya, Ayara. Sedangkan Rumah Sandekala 2 akan bercerita dari sudut pandang anak-anak Nyai Sukma yang masih hidup maupun yang sudah tiada.

"Kita akan menceritakan dari 4 sudut pandang berbeda. Kalau yang ini dari Nyai Sukma dan Ayara. Nanti rumah yang kedua kita buat dari sudut pandangnya anak-anak Nyai Sukma yang masih hidup dan yang sudah mati," kata Sysan Ibrahim ketika ditemui di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 15 Juni 2022.

6. Spoiler film Danur 4

Sysan juga mengungkapkan bahwa cerita dari Rumah Sandekala bisa jadi akan menjadi ide untuk kelanjutan film Danur 4.

Mengingat sebelumnya Risa Saraswati juga pernah mengatakan bahwa Rumah Sandekala ini terhubung dengan Danur 4.

Sebelum penonton menyaksikan Danur 4, Risa ingin mereka merasakan terlebih dahulu pengalaman mistisnya secara langsung melalui rumah hantu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya