Sandiaga Uno: Wisata Desa Turut Andil Jadi Lokomotif Pariwisata

Sandiaga Uno meninjau pengembangan wisata pantai Lapasi di Desa Lako Akelamo.
Sumber :
  • VIVA/ Ifan Gusti

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) , Sandiaga Uno menilai pembangunan Indonesia dimulai dari pengembangan pariwisata pedesaan. 

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Hal itu disampaikan Sandi saat meninjau pengembangan wisata pantai Lapasi di Desa Lako Akelamo, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat,Provinsi Maluku Utara, Kamis 16 Juni 2022.

Sandi menjelaskan,pengembangan pariwisata pedesaan yang terjaring dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia atau (ADWI) akan menjadi lokomotif perkembangan pariwisata Indonesia yang berkeadilan. 

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

"Karena kita (Kemenkeraf) bukan membangun Indonesia , tapi Desa-desa wisata inilah yang akan membangun Indonesia," ucap Sandi. 

Dalam pengembangan wisata pedesaan, Kemenkeraf berkolaborasi dengan pihak swasta yang nantinya dapat membantu dan membina pengelola wisata pedesaan untuk mengembangkan potensi yang ada.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'


Desa Lako Akelamo yang dikunjungi Menparekraf merupakan salah satu desa dari 50 desa di Indonesia yang meraih  ADWI tahun 2022.

Pariwisata Desa Lako dikelolah masyarakat dan kelompok pemuda setempat dengan menyajikan berbagai festival seni dan budaya serta menjual destinasi unggulan mereka berupa wisata pantai serta peninggalan sejarah benteng VOC. 

Melalui program ADWI, Kemenperkraf optimis mampu mewujudkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata berkelas dunia berdaya saing untuk mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa di Indonesia.

Laporan: Ifan Gusti 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya