6 Fakta Menarik Negara Laos, Punya Bir Terbaik di Asia

Maskot SEA Games Laos 2009
Sumber :

VIVA – Fakta Menarik Negara Laos, Laos merupakan negara yang berada di wilayah Asia Tenggara, dikenal juga sebagai tanah yang terkunci karena wilayahnya diapit dan tidak memiliki laut.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Negara Laos memiliki daya tarik tersendiri, dalam bidang wisata negara ini memiliki kuil atau pagoda yang menjadikan daya Tarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi negara ini. Salah satu yang terkenal adalah Phat Tah Luang yang dikenal dengan stupa berlapis emas.

Tidak hanya di situ, ternyata Laos memiliki fakta-fakta menarik loh, Viva memberikan rangkuman yang dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa

1. Negeri Seribu Gajah

Maskot SEA Games Laos 2009

Photo :
5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions

gajah menjadi ikon Thailand dengan julukan sebagai Negeri Gajah Putih. Namun, tahukah kamu? ternyata tak hanya Thailand, negara Laos yang berbentuk kerajaan ini juga dikenal dengan julukan “Negeri Seribu Gajah”.

Menariknya lagi, nama Laos sendiri berasal dari kata “Lan Xang” yang memiliki arti “kerajaan gajah” yang berdiri sekitar abad ke-14.

Namun demikian, populasi gajah di negara itu berkurang drastis akibat praktik pencetakan pembohong. Kini, populasi gajah di Laos hanya sekitar 1.000 ekor saja.

3. Negara Terkurung di Asia Tenggara

Peta Benua Asia

Photo :
  • Instagram @mohammmadazrin

Laos merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mendapat julukan sebagai 'The Land Lock' atau 'Tanah yang Terkunci'. Julukan tersebut dikarenakan Laos dikelilingi negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Bahkan, Laos menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai sama sekali. Meski tidak memiliki pantai, Laos punya segudang destinasi wisata yang menarik dikunjungi, lho. Misalnya Bolaven Plateau, Luang Prabang, hingga Pha Tat Luang yang terkenal karena stupa emasnya.

4. Perayaan Tahun Baru yang Unik

Tahun Baru

Photo :
  • U-Report

Umumnya setiap negara merayakan namun pada awal tahun baru 1 Januari, tidak untuk Laos. Negara ini merayakan tahun baru pada 14-16 April setiap tahunnya.

Di Laos ternyata tanggal 13 adalah hari terakhir dari tahun yang lama, dan dianggap sebagai hari baru. Oleh sebab itu, di bulan April kamu akan menemukan banyak acara untuk menyambut tahun baru. Seperti perang air, prosesi dan membaca doa oleh biksu di kuil-kuil, beragam acara menarik, hingga acara kebudayaan lainnya.

3. Bahasa Laos Memiliki Kemiripan dengan Bahasa Thailand

Bahasa Lao merupakan bahasa nasional yang digunakan oleh seluruh penduduk Laos. Menariknya, Bahasa Laos memiliki keindahan dengan Bahasa Thailand.

Hal ini dikarenakan penuturan kedua bahasa dapat saling memahami satu sama lain. Tak hanya terdapat beberapa kata yang mirip, Bahasa Laos dan Thailand sama-sama menggunakan penekanan nada untuk menyatakan sebuah konteks.

2. Negara Paling Banyak Di Bom

Amerika Serikat (AS) mau membom Bulan dengan nuklir.

Photo :
  • America Magazine

Laos menjadi negara yang paling banyak dibom oleh Amerika Serikat ketika Perang Vietnam berkecamuk. Selama sembilan tahun, yaitu pada 1964-1973, Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari 2 juta ton bom di seluruh Laos dan sekitar 30 persen di antaranya tidak pernah meledak.

Kini, sejumlah besar bom yang tidak meledak membuat sebagian besar lahan tidak dapat digunakan untuk lahan bertani. Karena dikhawatirkan bom-bom tersebut masih aktif dan bisa saja mengancam keselamatan masyarakat Laos.

1. Memiliki Bir Terbaik di Asia

Mamma Beer, bir untuk penderita kanker payudara.

Photo :
  • Zatec Brewery

Beerlao merupakan salah satu bir terbaik di Asia yang dimiliki Laos. Bir yang terbuat dari beras Jasmine dan ragi yang diimpor dari Jerman ini sudah sangat terkenal, bahkan beberapa penghargaan.

Beerlao pernah memenangkan penghargaan kualitas emas Monde Selection pada tahun 2006 dan 2010, serta menerima perak pada tahun 2003. Bir ini juga telah dibuka secara luas, seperti di Wall Street Journal dan New York Times.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya