10 Kota Tertua di Eropa, Ditinggali Selama Lebih Dari 8.000 Tahun

Athena, Yunani
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Eropa memiliki sejarah yang terdokumentasi dengan baik dan dipelajari. Selain itu banyak dari kota-kotanya telah dihuni selama ribuan tahun. Hal ini berlaku untuk semua kota dalam daftar ini, yang telah menjadi pusat ekonomi, politik, dan budaya yang penting selama berbagai periode waktu. Semua kota ini adalah rumah bagi landmark bersejarah dan peninggalan penguasa sebelumnya dan merupakan beberapa tujuan wisata paling populer di dunia. Melansir dari OLDEST, berikut daftar kota tertua di Eropa.

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

10. Chania

Kota Chania

Photo :
  • pixabay
10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Chania adalah salah satu kota terpenting di Kreta dan merupakan situs pemukiman Minoa yang oleh orang Yunani disebut Kydonia (atau Cydonia). Banyak peninggalan arsitektur dari periode ini dapat dilihat di sekitar Chania. Chania telah diperintah oleh Bizantium, Arab, Venesia, Ottoman, dan tentu saja Yunani.

Selama Perang Dunia II, Chania diserang dan diduduki oleh pasukan Jerman dan banyak warga kota dipenjara atau dieksekusi karena perlawanan mereka terhadap pemerintahan Jerman.

Persiapan Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

9. Mantua
Mantua biasanya dikenal karena statusnya sebagai salah satu permata periode Renaissance Italia dan hubungannya dengan keluarga bangsawan Gonzaga, yang memerintah kota selama beberapa abad. Namun, Mantua telah ada setidaknya sejak 2000 SM dan merupakan salah satu kota tertua di Italia.

Selama puncaknya, Mantua salah satu pusat seni, budaya, dan terutama musik utama Italia. Selain itu, Mantua adalah tempat kelahiran opera sebagai opera tertua yang masih sering dilakukan, L'Orfeo Claudio Monteverdi disusun untuk Pengadilan Mantua pada awal abad ke-17.

Karena pentingnya sejarah bagi budaya dan seni, Mantua dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Mantua ditampilkan dalam Romeo and Juliet karya Shakespeare sebagai kota di mana Romeo dibuang.

8. Nicosia
Nicosia telah menjadi ibu kota Siprus sejak abad ke-10 M, tetapi sejarah kota ini dimulai sekitar 2500 SM. Ini adalah satu-satunya pemukiman Zaman Perunggu di Siprus yang bertahan hingga saat ini. Seperti semua kota kuno dalam daftar ini, Nicosia telah ditempati oleh banyak orang yang berbeda selama bertahun-tahun.

Saat ini, Nicosia masih menghadapi beberapa konflik karena kota itu terbelah dua dan diklaim oleh komunitas Siprus Yunani dan Siprus Turki. Secara teknis, Nicosia adalah ibu kota Republik Siprus yang diakui secara internasional.

Namun, Nicosia juga berfungsi sebagai ibu kota Siprus Utara, yang hanya diakui oleh Turki dan dipandang sebagai wilayah pendudukan oleh seluruh dunia. Secara budaya, Siprus adalah Yunani, namun, negara itu sebenarnya adalah negara merdeka dan bagian dari Uni Eropa.

7. Thebes
Seiring dengan Athena, Thebes adalah salah satu kota bersejarah terbesar di Yunani. Thebes kira-kira setua Athena dan telah dihuni sejak sekitar 3000 SM. Thebes tidak hanya membanggakan sejarah Yunani yang sebenarnya, kota ini juga menjadi latar bagi banyak mitos Yunani, termasuk kisah Cadmus, Oedipus, Dionysus, Heracles (Hercules), dan banyak lagi.

Dengan Athena sebagai saingannya selama zaman kuno, Thebes juga berpengaruh. Thebes mencapai puncaknya pada awal abad ke-4 ketika itu adalah kota paling kuat di Yunani. Namun, dominasi ini berumur pendek, dan hari ini Thebes adalah kota yang jauh lebih tenang daripada Athena yang kosmopolitan.

Selama invasi Persia kedua ke Yunani yang dipimpin oleh Xerxes pada akhir abad ke-5 SM, Thebes sebenarnya memihak Persia dan terkenal mengakhiri kekuatan Sparta dalam Pertempuran Leuctra pada 371 SM.

6. Athena

Athena, Yunani

Photo :
  • Businessinsider.com

Athena adalah kota paling bersejarah di Yunani dan salah satu kota terpenting yang pernah ada dalam sejarah Barat. Ini dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban Barat dan tempat kelahiran demokrasi. Athena telah terus dihuni selama lebih dari 5.000 tahun dan menjadi pusat peradaban Mycenaean yang kuat pada 1400 SM.

Sementara Athena telah mengalami banyak transformasi, kota ini selalu menjadi kota metropolis kosmopolitan besar dan pusat kehidupan ekonomi, keuangan, industri, maritim, politik, dan budaya di Yunani. Selain itu, Athena adalah rumah bagi landmark kuno yang tak terhitung jumlahnya dan merupakan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Athena memiliki panggung teater paling banyak di dunia, dengan 148 panggung di seluruh kota.

5. Varna
Varna yang terletak di Pantai Laut Hitam Bulgaria selalu menjadi kota pelabuhan penting karena lokasinya yang strategis. Seperti beberapa kota lain di wilayah ini, orang telah menetap di Varna sejak zaman prasejarah.

Akhirnya, Varna menjadi pusat kota besar ketika didirikan sebagai pemukiman tepi laut oleh orang Thracia. Sejak itu, Varna telah menjadi pusat utama untuk bisnis, transportasi, pendidikan, pariwisata, hiburan, dan perawatan kesehatan.

Varna juga merupakan ibu kota maritim Bulgaria dan merupakan markas besar Angkatan Laut Bulgaria dan angkatan laut pedagang. Harta karun emas tertua di dunia ditemukan di Varna Necroplis dan berasal dari 4600 – 4200 SM.

4. Bratislava

The Bridge of the Slovak National Uprising, Bratislava, Skotlandia

Photo :
  • dok. pixabay

Karena sifat sejarah Slovakia yang didominasi oleh negara lain, terutama Uni Soviet, Bratislava, ibu kota negara, secara teknis adalah ibu kota termuda di Eropa. Namun, sejarah Bratislava kembali lebih jauh daripada ketika Slovakia dibentuk pada tahun 1993. Seperti beberapa kota lain dalam daftar ini, Bratislava adalah rumah bagi pemukiman Neolitik permanen dari sekitar 5000 SM.

Selama bertahun-tahun, Bratislava ditaklukkan dan dipengaruhi oleh Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Yahudi, Serbia, Ceko, dan Slowakia. Dengan sejarah yang kaya, Bratislava telah menjadi salah satu wilayah terkaya di Uni Eropa. Bratislava adalah tujuan wisata yang cukup populer dan menerima lebih dari 1 juta pengunjung setiap tahun.

3. Nitra
Bersama dengan Bratislava, Nitra adalah salah satu kota tertua di Slovakia dan terus dihuni sejak zaman Neolitik (5.000 hingga 7.000 tahun yang lalu). Faktanya, Slovakia menganggap Nitra sebagai kota tertua di negara itu. Bahkan ada bukti arkeologi yang menunjukkan bahwa orang telah hidup (hidup dan mati) di daerah sekitar Nitra sejak 30.000 hingga 25.000 tahun yang lalu.

Banyak orang yang berbeda telah tinggal di Nitra dan Slavia pertama tiba pada abad ke-5 Masehi. Nitra telah memiliki berbagai tingkat kepentingan selama bertahun-tahun dan saat ini menjadi kursi dan pusat politik Distrik Nitra. Mirip dengan Roma, Nitra terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh tujuh bukit: Zobor, Castle Hill, Kalvari, erman, Borin, Vrsok, dan Martin's Hill. 

2. Argos
Sementara seluruh negara Yunani memiliki sejarah yang kaya, Argos adalah salah satu negara-kota atau polis pertama Yunani Kuno dan memiliki sejarah yang membentang lebih jauh. Di dekat kaki bukit Aspida adalah bukti dari desa Neolitik akhir, yang menunjukkan bahwa Argos telah terus dihuni setidaknya sejak 5000 SM.

Argos menjadi pemukiman Mycenaean utama di Zaman Perunggu Akhir dan tetap menjadi kota penting sepanjang periode Yunani, Helenistik, dan Romawi. Visigoth memecat dan menghancurkan Argos pada abad ke-4 M, tetapi orang-orang terus tinggal di kota.

Saat ini, Argos adalah pusat utama di Yunani selatan. Argos ditampilkan dalam banyak mitos Yunani dan dinamai menurut Raja Argus (atau Argus), putra Zeus dan Niobe.

1. Plovdiv

Kota tertua, Plovdiv

Photo :
  • pixabay

Orang-orang terus tinggal di Plovdiv setidaknya sejak 6000 SM, menjadikan Plovdiv kota tertua di Eropa. Ada sisa-sisa arkeologi di seluruh Plovdiv yang menunjukkan bahwa orang-orang telah menetap di daerah tersebut selama lebih dari 8.000 tahun.

Selama sejarah panjang kota itu telah ditaklukkan oleh beberapa bangsa yang berbeda, termasuk Thracia, Makedonia, Romawi, Bizantium, Turki Ottoman, Persia, Slavia, Hun, Celtic, dan Bulgaria. Masing-masing dari kelompok-kelompok ini meninggalkan dampak yang langgeng di Plovdiv, yang dulu, dan masih merupakan pusat budaya, ekonomi, dan pendidikan serta pusat transportasi yang penting.

Salah satu landmark paling terkenal di Plovdiv adalah Teater Romawi Kuno, yang dibangun lebih dari 2.000 tahun yang lalu dan masih digunakan sebagai tempat konser hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya