Masih Kokoh Berdiri, Ini 8 Mesjid Tertua di Amerika

Mesjid Maryam Chicago
Sumber :
  • org.wikimedia.commons

VIVA – Meski belum bisa dipastikan secara tepat kapan pertama kali agama Islam dan para muslim datang ke Amerika, namun diperkirakan oleh banyak sejarawan, bahwa Muslim paling awal berasal dari wilayah Senegambia di Afrika pada awal abad ke-14. Ada juga klaim yang mengatakan bahwa Christopher Columbus menggunakan sebuah buku yang ditulis oleh Muslim Portugis, yang telah melakukan perjalanan ke Dunia Baru pada abad ke-12, untuk membimbingnya dalam perjalanannya.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Jadi, masjid - masjid paling awal di AS didirikan oleh Muslim yang kebanyakan dari Suriah dan Lebanon, yang berimigrasi ke Amerika antara tahun 1878 hingga 1924. Banyak dari masjid - masjid ini telah digunakan terus menerus dan masih berdiri kokoh bahkan ketika Islamofobia (kebencian terhadap Islam) meningkat di Barat, khususnya di Amerika Serikat. Berikut 8 mesjid tertua di Amerika

Islamic Center of Washington

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

The Islamic Center Washington DC

Photo :
  • en.wikimedia.commons

Pusat Islam Washington dibuka pada tahun 1952, tetapi tidak memiliki upacara peresmian resminya sampai tahun 1957. Gagasan untuk Pusat Islam Washington dimulai pada tahun 1944 setelah Tuan M. Abu Al Hawa dan mantan Duta Besar Mesir, Tuan Mahmood Hassan Pasha, berbincang tentang pembangunan masjid di Washington, D.C. Setelah itu, sekelompok diplomat dan Muslim Amerika membentuk Washington Mosque Foundation untuk menggalang dana bagi pembangunan masjid.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Tanah itu akhirnya dibeli pada tahun 1946 dan peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1949. Islamic Center of Washington dirancang oleh Mario Rossi, seorang arsitek Italia yang dikenal membangun masjid di Mesir. Presiden AS Dwight D. Eisenhower menghadiri upacara peresmian masjid dan berbicara tentang keindahan Islam dan kebebasan beragama di Amerika.

Mesjid Al-Sidiq

Mesjid Al-Sidiq yang terletak di Chicago dipercayai adalah mesjid tertua di Amerika. Mesjid ini dijalankan dan dijaga oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah, yang merupakan komunitas Muslim tertua di Amerika. Mesjid ini didirikan pada tahun 1920an. 

Salah satu misionaris Muslim pertama yang dikirim ke Amerika Serikat adalah Mufti Muhammad Sadiq, yang mendirikan markas nasional gerakan dan Masjid pertama di negara ini. Hingga kini mesjid ini dikenal sebagai Masjid Al-Sadiq. Masjid Al-Sadiq masih dioperasikan oleh Jemaat Muslim Ahmadiyah hari ini. 

Mother Mosque of America

Meskipun Masjid Al-Sadiq adalah mesjid yang lebih tua, Mother Mosque adalah bangunan pertama yang dirancang dan dibangun untuk menjadi masjid. Masjid ini awalnya bernama Kuil Muslim dan selesai dibangun pada tanggal 15 Februari 1934 di Cedar Rapids, Iowa.

Meskipun Mother Mosque of America masih beroperasi hingga saat ini, namun mesjid ini pernah dilanda banjir dahsyat pada tahun 2008. Ruang bawah tanah masjid terendam banjir dan sayangnya, Al-Qur'an dan sajadah tertua di komunitas itu pun ikut hancur.

Barang tersebut telah dibawa ke Amerika oleh nenek moyang komunitas Muslim Cedar Rapids dan berasal dari Kekaisaran Ottoman (Suriah dan Lebanon modern). Beruntung lantai utama Masjid Induk tidak terkena banjir dan bangunannya masih berdiri.

Muslim Community Center Chicago

Msjid Muslim Community Center Chicago

Photo :
  • openhousechicago.org

Pada tahun 1969 sekelompok Muslim dari berbagai latar belakang memutuskan untuk mendirikan Muslim Community Center (MCC) di Chicago. Belakangan tahun itu, namanya, Muslim Community Center Inc. didirikan sebagai organisasi Nirlaba. Meskipun Pusat Komunitas Muslim bukanlah masjid pertama di Chicago atau AS, ini adalah salah satu yang terbesar dan dianggap sebagai organisasi induk dari banyak kelompok dan masjid Muslim Amerika lainnya.

Pusat Komunitas Muslim telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir dan sekarang menjalankan dua masjid tambahan dan dua sekolah/pusat pendidikan. MCC juga menawarkan banyak program berbeda untuk Muslim dan non-Muslim di wilayah Chicagoland, termasuk penjangkauan, program pemeriksaan kesehatan, dan konseling.

American Moeslem Society Mosque

Masjid American Moslem Society di Dearborn, Michigan didirikan pada tahun 1938. Ini adalah masjid tertua di negara bagian Michigan. Awalnya, ibadah dimulai di sebuah rumah kecil namun semakin berkembang seiring dengan berkembangnya komunitas Muslim di daerah tersebut. 

Selama bertahun - tahun, masjid ini telah mengalami beberapa perluasan dan saat ini berada di sebuah bangunan besar yang menempati 48.000 kaki persegi. 

Pada awal 1980an, masjid ini akhirnya mulai mentransmisikan adzan dan doa melalui pengeras suara luar karena komunitas Islam telah tumbuh di daerah ini. ini adalah masjid pertama di Amerika Serikat yang melakukannya. 

American Fazl Mosque

Masjid Fazl berada di Washington, D.C. Mesjid ini didirikan sebagai markas besar Jemaat Muslim Ahmadiyah Amerika pada tahun 1950. Bangunan yang awalnya dibangun pada awal abad ke-20 ini dipilih oleh Khalil Nasir, pemimpin nasional Gerakan Ahmadiyah dalam Islam saat itu, untuk menjadi mesjid 

Masjid Fazl Amerika adalah markas Ahmadiyah sampai tahun 1994 ketika dipindahkan ke Masjid Bait ur-Rahman di Silver Spring, Maryland. Masjid ini masih terbuka untuk layanan dan acara hingga hari ini. Ada juga wisma tamu untuk pengunjung di mesjid ini.

Islamic Center of Southern California

Pusat Islam California Selatan didirikan pada tahun 1952 oleh sekelompok kecil pria Muslim dengan tujuan untuk berkumpul dan berdoa. Menurut salah satu pendiri masjid, Abed Awad, kelompok itu menyewa sebuah bangunan kecil di Hollywood dan menyebut diri mereka Asosiasi Muslim Amerika di Los Angeles.

Sekitar tahun 1966, ketika komunitas tumbuh lebih besar, Dewan Direksi Islamic Center menyetujui peraturan, mengatur perpustakaan Islam, membeli duplikator Spirit, memulai buletin, dan memelihara layanan penjawab. Mereka juga mengubah nama mereka menjadi Yayasan Islam California Selatan. Yayasan memindahkan masjid ke lokasi saat ini pada tahun 1976 dan terus menyelenggarakan layanan reguler serta mengoperasikan Pra Sekolah New Horizon. 

Mesjid Maryam

Mesjid Maryam Chicago

Photo :
  • org.wikimedia.commons

Masjid Maryam di Chicago berfungsi sebagai markas Nation of Islam, yang merupakan cabang Islam yang didirikan oleh orang Afrika-Amerika pada tahun 1930. Bangunan Masjid Maryam ini awalnya adalah Gereja Ortodoks Yunani terbesar di Amerika. Itu dibeli pada tahun 1972 oleh Yang Terhormat Elijah Mohammed, pemimpin Nation of Islam pada saat itu, yang mengubah bangunan itu menjadi masjid.

Pada tahun 1988, masjid itu akhirnya dibeli kembali dan didedikasi ulang oleh Menteri Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam saat itu. Di sebelah Masjid Maryam adalah Universitas Islam Muhammad, sekolah untuk anak laki-laki dan perempuan dari pra-sekolah sampai kelas 12.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya