Tertarik Awet Muda, Turis Asing Ikut Ritual Cuci Muka di Lombok

Turis Asing Ikut 'Ritual' Cuci Muka di Lombok
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar/ Lombok

VIVA Life – Para wisatawan asing terpikat dengan tradisi dan mitos masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mereka mengunjungi Lengkok Benue di Dusun Dasan Lekong, Desa Selebung, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Konon di Lengkok Benue, terdapat sumber air yang dahulunya digunakan oleh Dende (putri) Benue mandi. Masyarakat setempat meyakini jika membasuh muka di Lengkok Benue dapat memiliki khasiat awet muda.

Para turis wanita yang berasal dari UK, Jerman dan India ini ikut membasuh muka mereka dengan harapan agar awet muda.

Polisi Bongkar Makam Pria Diduga Eks Casis Bintara TNI AL yang Dibunuh Serda Adan

Lengkok Benue diyakini merupakan peninggalan Kedatuan Benue yang pernah berjaya di Lombok. Di sekitar lokasi terdapat makam yang diyakini bersemayam keluarga Kedatuan Benue. Konon di makam tersebut, Datu Benue atau yang dikenal dengan nama Wali Mukmin menghilang secara misterius. 

Sementara di Lengkok Benue masyarakat percaya memiliki penunggu berwujud kerbau dengan tanduk dan kaki emas.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

"Banyak wisatawan sering datang di sini. Selain belajar sejarah, mereka juga melihat bukti artefak dan mengunjungi Lengkok Benue," kata tokoh masyarakat setempat, Akhir, Rabu, 22 Juni 2022.

Lengkok Benue memang cukup familiar di masyarakat Lombok Tengah. Banyak perempuan yang sedang hamil melakukan tradisi mencuci perut di Lengkok Benue dengan harapan agar proses persalinan menjadi lancar. 

Akhir mengatakan, di lokasi tersebut sudah dianggap sebagai wisata religi oleh sebagian masyarakat, sehingga sering menyempatkan diri untuk berziarah dan pergi ke Lengkok Benue.

"Di sini memang selalu ramai, karena masyarakat sudah menganggap sebagai destinasi wisata religi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya