5 Hutan Keramat di Jawa Timur, Nusa Barong Simpan Kisah Menyeramkan

Hutan Ketonggo
Hutan Ketonggo
Sumber :

VIVA Lifestyle – Jawa Timur memang dikenal sebagai sebuah wilayah yang mempunyai kota-kota dengan perkembangan yang pesat dalam hal teknologi dan infrastruktur. Para penduduknya bahkan masih banyak yang merawat kebudayaan dan kepercayaan yang diturunkan dari nenek moyang mereka. Salah satunya adalah menjaga kepercayaan mistis dan spiritual. 

Mereka juga turut merawat berbagai tempat yang identik dengan keangkeran dan keramat. Seperti hutan sampai bangunan lama yang mengandung unsur mistis tetap dilestarikan dan dirawat oleh masyarakat sekitar. Nah, berikut adalah ulasan tentang hutan keramat di Jawa Timur seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo di Jawa Timur

Alas Purwo di Jawa Timur

Photo :
  • U-Report

Alas Purwo adalah salah satu hutan cagar alam yang dilindungi pemerintah di wilayah Jawa Timur. Hutan tropis ini identik dengan pemandangan yang sangat indah dan memukau. Tapi, banyak yang meyakini bahwa hutan lindung yang satu ini menyimpan banyak cerita mistis. Disana bahkan ada kerajaan yang sangat megah dengan gedung yang dilapisi emas. 

Beberapa legenda disebutkan di hutan ini juga menjadi tempat Nyi Roro Kidul dan Nyi Ratu, pembantunya untuk menetap di daratan. Sampai saat ini, Alas Purwo dipakai oleh banyak orang untuk bersemedi di gua-guanya. Bahkan, para tokoh nasional, seperti Soekarno dan Jenderal Sudirman pernah bermeditasi di hutan ini. 

2. Alas Lalijiwo, Gunung Arjuna