5 Fakta Menarik Rumah Tjong A fie, Tionghoa Dermawan Kota Medan

Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle – Rumah Tjong A Fie menjadi salah satu tempat bersejarah di Medan. Telah lama menjadi lokasi terkenal, rumah ini memiliki fakta-fakta menarik.

Banyak tempat wisata sejarah di kota Medan dari bangunan peninggalan Kolonial belanda, kerajaan melayu bahkan sejarah saudagar kaya asal Tiongkok yang menetap di Medan. Kali ini Viva akan mengulik wisata sejarah dari rumah peninggalan Tjong Fie.

Rumah berukuran besar dalam beragam masyarakat Medan yang sudah muncul sejak tahun 1800-an. Lalu seperti apakah keistimewaan dari rumah kuno yang konon banyak kisah misteri ini? Berikut fakta-fakta menarik Rumah Tjong A Fie yang VIVA rangkum dari berbagai sumber.

1. Rumah Peninggalan Saudagar Kaya Asal Tiongkok Pada Tahun 1860

Tjong A Fie

Tjong A Fie

Photo :
  • Wikimedia

seorang saudagar kaya asal Tiongkok bernama Tjong A Fie dikisahkan punya kedekatan dengan tokoh dan pejabat penting di Medan.

Rumah ini terbilang sangat mewah pada zamannya. Rumah yang terdiri dari dua lantai dengan nuansa arsitektur kuno yang sangat kental. Meski sudah berusia dari 100 tahun, pengelola masih merawat bangunan ini hingga bisa tetap terlihat megah dan berdiri kokoh.