Ada yang Melarang Berhijab, 5 Negara Sekuler dengan Mayoritas Muslim

Bendera Turki.
Bendera Turki.
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA Travel – Negara sekuler adalah negara yang memisahkan pemerintah dengan agama. Tepatnya Sekularisme dalam penggunaan masa kini secara garis besar adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan negara harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan.

Menjadi negara sekuler bukan berarti tidak beragama, tetapi mereka hanya ingin agar agama tidak campur tangan dalam pemerintahan. Negara di dunia ini adalah negara sekuler dan juga beberapa negara mayoritas Islam yang sekuler.

Biasanya banyak negara mayoritas Islam menjadikan agama dan pemerintahan bersatu, tetapi ternyata masih banyak negara mayoritas Islam yang menjadi sekuler. Maka dari itu VIVA mengulas tentang deretan Negara Islam yang Sekuler dihimpun dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Turki

Bendera dan Semboyan Republik Turki

Bendera dan Semboyan Republik Turki

Photo :
  • U-Report

Sekularisme di Turki pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 dalam amandemen Konstitusi 1924 yang membuat Turki resmi menjadi negara sekuler yang sebelumnya membuat Islam menjadi agama negara tersebut.

Sekitar 98 persen penduduk Turki beragama Islam.Meskipun hampir semua penduduk Turki beragama Islam, mereka sangat menghargai minoritas. Dilansir oleh Geotimes.com,Turki melarang pemakaian simbol agama di tengah publik dan juga sekolah seperti Hijab. Mereka juga melarang ibadah di sekolah negeri.