Ada Mural Berteknologi AR di Tempat Nongkrong Jeje dan Bonge

Kolaborasi seni mural Pemprov DKI Jakarta, Disney Indonesia di Terowongan Kendal
Sumber :
  • Antara/HO

VIVA Lifestyle – Pemprov DKI Jakarta, melalui Jakarta Experience Board (JXB) bersama Disney Indonesia melakukan kolaborasi menghadirkan mural berteknologi AR dengan tema Marvel Studios di Terowongan Kendal, Jakata Pusat tempat nongkrong Jeje dan Bonge.

Mau Rasakan Hidup di Desa Menggembala Kambing Hingga Ambil Air Nira? Di Sini Tempatnya

Mural yang menggabungkan ikon kota Jakarta dan film Thor: Love and Thunder ini apabila dilihat menggunakan teknologi Augmented reality (AR) akan mengalami pergerakan atau perubahan gaya seperti kapal yang bergerak dan lainnya.

Direktur utama JXB, Novita Dewi menjelaskan program kolaborasi seni tersebut merupakan wujud komitmen JXB untuk mewadahi para kolaborator yang ingin berkontribusi bersama dalam menciptakan pengalaman baru di Jakarta.

Soiree Rooftop and Bar! Padukan Taman Tropis, Pantai dan Mural Cantik di Ketinggian

“Program ini juga dapat mewadahi para seniman dan komunitas lokal agar dapat lebih terhubung dengan audiens Indonesia, khususnya Jakarta," kata Novita dalam siaran resmi, Jumat 8 Juli 2022

Menurutnya, mural tersebut terinspirasi dari Jembatan Bifrost dari film Thor. Jembatan Bifrost merupakan jembatan yang dilewati oleh kaum Asgard untuk masuk ke berbagai dimensi di Marvel Cinematic Universe (MCU) sehingga Jembatan Bifrost berfungsi sebagai gerbang dan transportation hub bagi kaum Asgard.

Serunya Corat-coret Mural di J&T Connect Fest

Karakteristik ini sejalan dengan Terowongan Kendal yang juga menjadi titik temu dan menghubungkan berbagai transportasi publik di Jakarta.

Dalam pengerjaannya, mural ini dibuat oleh dua seniman berbakat Indonesia, Ismanto Wahyudi dan Nano Warsono. Ismanto Wahyudi melukiskan Asgard, dengan elemen penting seperti kapal Thor, jembatan bifrost dan pemandangan Asgard.

Hal yang unik dari karya Ismanto Wahyudi adalah terdapat tempat ikonik Jakarta, seperti Tugu Monas dan Tugu Selamat Datang. Lain halnya dengan Nano Warsono, salah satu momen ikonik film Thor digabungkan dengan ikon tradisi masyarakat Jakarta, Ondel Ondel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya