Ini 5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Bandar udara Lukla di Nepal
Sumber :
  • Kogo/WikiCommons

VIVA Lifestyle – Bepergian dengan pesawat terbang dapat dianggap sebagai cara tercepat sekaligus paling nyaman untuk mencapai tujuan yang berbeda. Di beberapa negara, bandara menawarkan landasan pacu yang panjang dan desain yang membuat nyaman menunggu pesawatnya tiba.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Namun, di tempat lain, bandara bisa sangat berbahaya, membuat kamu  berpikir dua kali untuk mengunjungi tempat itu. Apa yang membuat bandara sangat berbahaya adalah jalur sempit, membuat hampir tidak ada ruang untuk kesalahan perhitungan.

Mendaratkan pesawat di landasan pacu yang sempit bisa sangat menantang sehingga hanya pilot dan ahli yang dapat mengakses area tersebut. Nah,  VIVA merangkum deretan bandara paling berbahaya di dunia dari berbagai sumber sebagai berikut.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

5. Bandara Internasional Putri Juliana, San Martin

Lukisan Perang Kemerdekaan Venezuela 1887 oleh Martin Tovar

Photo :
  • Wikimedia Commons
Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

Bandara utama di Pulau Karibia ini memiliki jarak total yang pendek dan sangat ekstrem. Pesawat harus terbang dengan jarak yang cukup rendah melalui beberapa jalan dan pantai untuk mendarat dengan aman.

Sebuah pesawat besar butuh 8.000 kaki dari landasan, sedangkan bandara ini hanya memiliki 7.000 kaki. Di samping itu, Bandara Internasional Putri Juliana ini juga menjadi pilihan destinasi para wisatawan karena menawarkan pengalaman yang cukup menantang.

4. Bandara Internasional Toncontin, Honduras

Kota berbahaya San Pedro Sula, Honduras.

Photo :
  • U-Report

Bandara paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah Bandara Internasional Toncontin di Honduras. Selain melayani warga sipil, bandara ini juga melayani para militer.

Bandara ini seluruhnya tertutup pegunungan, itulah sebabnya pilot harus banyak bermanuver untuk menghindari tebing. Beberapa sejarah telah memasukkan bandara Honduras ini sebagai Bandara Paling Ekstrim.

Pasalnya, bandara memiliki jarak yang terbatas dan lepas landas, sehingga pilot terpaksa memutuskan jet dan menghentikannya secara tiba-tiba.

3. Bandara Internasional Barra, Skotlandia

Bandara unik, Barra di Skotlandia

Photo :
  • Foxnews.com

Bandara yang dikenal sebagai Bandara Barra Eoligarry ini terletak di ujung paling utara Pulau Barra. Bandara ini termasuk paling berbahaya karena landasan pacunya kecil.

Selain itu, pesawat juga harus menggunakan pantai untuk mendarat dan lepas landas saat menarik jaraknya. Ini adalah satu-satunya bandara di dunia yang menggunakan teknik belajar ini.

2. Bandara Kai Tak, Hongkong

Tempat terseram di Hongkong

Photo :
  • Timeout

Bandara paling berbahaya di dunia berikutnya adalah Bandara Kai Tak di Hong Kong. Bandara ini memiliki dan lepas landas yang sangat sulit karena anginnya yang kencang. Berada di tengah perairan, dermaganya pun cukup rumit.

Sang pilot harus bisa menyelaraskan dengan sempurna dan menjaga kecepatan dengan tepat untuk melakukan kesalahan.

1. Bandara Lukla, Nepal

Bandar udara Lukla di Nepal

Photo :
  • Kogo/WikiCommons

Bandara paling berbahaya di dunia adalah Bandara Lukla di Nepal. Pada 2008, bandara yang terletak di distrik Solukhumbu ini berubah nama Bandara Tenzing-Hillary. Landasan terbangnya relatif tinggi, yakni 8.000 kaki dari permukaan laut.

Faktor-faktor yang sangat berbahaya adalah batasan jarak dan landasan yang terbatas, tetapi tidak ada fitur Air Traffic Controller (ATC) modern atau pengontrol daya dan pengaturan lalu lintas udara di ini.

Nah, itu informasi yang dapat Viva berikan mengenai bandar paling berbahaya di dunia. Berani coba menaiki pesawat dan datang ke sana?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya