10 Negara Terkurung Daratan Terkaya di Dunia

Kota Bern, Swiss
Sumber :
  • pixabay/Pfüderi

VIVA Travel – Sebuah negara terkurung daratan bisa diartikan sebagai negara yang nyaris terkurung oleh daratan. Pada tahun 2008, terdapat 44 negara terkurung di alam. Dari daratan-daratan agung yang mempunyai lebih dari satu negara, hanya Amerika Utara yang tidak memiliki negara terkurung.

Kongres Uighur Dunia Bakal Mengorganisir Demonstrasi Besar-besaran di Seluruh Eropa

Negara-negara terkurung daratan biasanya merupakan negara-negara yang paling kurang berkembang di dunia. Populasi negara-negara ini dilanda kemiskinan dan menempati lapisan terbawah dari populasi dunia. 

Di luar benua Eropa, hampir tidak ada negara terkurung daratan yang sangat maju dan sebagian besar negara-negara ini mendapat skor indeks IPM yang cukup rendah. Adapun masalah yang kerap dihadapi oleh negara-negara terkurung daratan terkaya ini.

5 Negara Terbaik Untuk Menikmati Masa Tua

Jarak dan medan merupakan dua faktor yang mempengaruhi biaya transportasi. Negara-negara yang terkurung daratan terkaya ini bisa dipastikan tidak memiliki akses langsung ke pelabuhan-pelabuhan di wilayah pesisir dan semua barang ekspor yang datang melalui laut harus melewati jarak yang lebih jauh dan negara-negara tetangga sebelum mencapai negara-negara yang terkurung daratan. 

Fakta ini menyebabkan negara-negara yang terkurung daratan kehilangan daya saing ekspornya. Negara-negara ini perlu menanggung masalah administrasi ekstra dan biaya yang terkait dengan pengangkutan barang melintasi negara-negara tetangga.

Buka Perwakilan di 5 Negara, Ekonomi Kreatif RI Mulai Ekspansi ke Eropa

Negara Terkurung Daratan Terkaya

Austria (Ilustrasi).

Photo :
  • Pixabay

Terlepas dari masalah yang disebutkan di atas, tidak semua negara yang terkurung daratan menderita. Bahkan, ada beberapa dari mereka yang termasuk di antara negara-negara terkaya di dunia. 

Swiss, Austria, Republik Ceko, Kazakhstan, dan Hongaria adalah beberapa negara terkurung daratan terkaya di dunia.

Mengapa Negara-Negara Ini Begitu Sejahtera?

Memiliki tetangga yang kuat dan mendukung adalah salah satu alasan utama yang bertanggung jawab atas keberhasilan negara-negara kaya yang terkurung daratan yang disebutkan di atas.

Selain itu juga karena sebagian besar negara-negara ini berada di Eropa, mereka tidak terlalu jauh dari pantai meskipun negara-negara yang terkurung daratan.

Negara-negara tersebut juga menikmati ikatan ekonomi yang kuat dan hubungan persahabatan dengan tetangga mereka, perdamaian internal dan stabilitas politik berlaku di negara-negara ini, dan mereka juga memiliki fasilitas infrastruktur yang berkembang dengan baik.

Almaty, Kazakhstan

Photo :
  • BusinessInsider

Kazakhstan adalah salah satu negara yang terkurung daratan terkaya di dunia, meskipun tidak terletak di Eropa tetapi di Asia Tengah, juga cukup makmur. Sumber daya minyak, logam, dan mineral serta lahan subur yang luas mendukung perekonomian Kazakhstan.

Misalnya, Luksemburg memiliki hubungan yang sangat baik dengan tetangganya Prancis, Belgia, dan Belanda dan dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor barang melalui negeri tetangga. Di sisi lain, Ethiopia di Afrika, sebuah negara yang terkurung daratan terkaya di dunia, ternyata juga memiliki hubungan yang tidak stabil dengan tetangganya, Somalia dan Eritrea.

Mengapa Negara-Negara Eropa yang Terkurung Daratan Begitu Kaya?

Bangsa-bangsa di Eropa tidak memiliki sejarah panjang kolonialisme dan eksploitasi oleh kekuatan kolonial. Negara-negara ini telah lama merdeka dan selama bertahun-tahun menstabilkan ekonomi mereka, memperoleh tingkat melek huruf yang tinggi, dan mengembangkan infrastruktur berkualitas tinggi. Sebagian besar negara yang terkurung daratan di bagian lain memperoleh kemerdekaan hanya baru-baru ini dan dieksploitasi secara besar-besaran oleh kekuatan kolonial. Banyak dari negara-negara ini juga diganggu oleh pemberontakan internal dan perang saudara.

Beberapa organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa bertujuan untuk membantu negara-negara yang terkurung daratan ini dengan mengubah undang-undang perdagangan dan kepabeanan yang berlaku di negara-negara ini. Juga, perkembangan infrastruktur di negara-negara ini telah didorong dengan bantuan keuangan dari organisasi-organisasi tersebut.

Berikut ini akan kami beritahu deretan negara terkurung daratan terkaya di dunia, melansir dari worldatlas.com:

1    Swiss 
2    Austria
3    Kazakstan    
4    Republik Ceko   
5    Hungaria  
6    Slowakia    
7    Luksemburg  
8    Belarusia   
9    Serbia    
10    Armenia    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya