Hampir Rampung, Pelabuhan Sanur Ditarget Jadi Destinasi Wisata Estetis

Pelabuhan Sanur, Bali.
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali).

VIVA Travel – Pelabuhan Sanur ditargetkan selesai pada September 2022. Proyek ikonik dan monumental itu mengusung arsitektur Bali dengan ornamen Jukung Mecadik atau perahu bercadik.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Ornamen kearifan lokal pada bangunan utama Pelabuhan Sanur juga terlihat dengan adanya dua patung kepala gajah yang menghiasi pekarangan. Patung gajah itu disebut sebagai Gajah Mina.

Gajah Mina merupakan binatang mitologi Hindu yang berwujud ikan berkepala gajah. Wujud Gajah Mina seringkali ditemukan pada pahatan arsitektur di Bali yang memiliki sejarah seperti pura atau hiasan pahatan untuk gedung.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Nyoman Popo Danes, arsitek yang membidani lahirnya simbol kultural tersebut menjelaskan, jukung mecadik diartikan sebagai keseimbangan layaknya perahu bercadik yang digunakan para nelayan tradisional.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

"Ini juga untuk memotivasi daerah-daerah lain agar membangun ikon-ikonnya sendiri," kata Popo Danes di Sanur, Denpasar, Rabu, 27 Juli 2022.

Ornamen-ornamen khas yang sarat filosofi Bali itu disematkan di bangunan terminal. Dikatakan, ide arsitektur itu digali dari masyarakat lokal di sekitar Sanur. Masyarakat lokal yang berprofesi sebagai nelayan memberikan pandangan jika pada masanya, perahu bercadik mempunyai motif Gajah Mina.

"Hiasan itu juga bisa berfungsi sebagai bangunan secara estetika," kata Popo Danes.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Pelabuhan Sanur bersama Gubernur Bali Wayan Koster. Menhub memastikan, pekerjaan Pelabuhan Sanur akan rampung dan beroperasi pada September 2022 mendatang.

"Saya mengunjungi pelabuhan Sanur untuk memastikan bahwa September pelabuhan ini sudah beroperasi dan dipastikan untuk pengunjung KTT G20 bisa ke Nusa Penida dengan baik," kata Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, Bali adalah salah satu destinasi wisata yang utama. Hal ini kata Menhub, Bali mempunyai daya tarik yang luar biasa.

"Tadi saya juga sempat bicara dengan beberapa wisatawan, mereka begitu enjoy dan gembira bisa sampai di Bali, dan kita harus melayaninya dengan baik," ucapnya.

Menhub juga berpesan kepada Gubernur Koster bahwa, saat pelabuhan Sanur dioperasikan pemerintah harus mencari tim pelayanan yang terbaik untuk pengunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya