Tips Liburan Hemat, Traveling Tanpa Kuras Kantong

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Travel – Aktivitas wisata sudah mulai menggeliat kembali. Hal ini menyusul dengan mulai banyaknya daerah yang sudah berstatus PPKM Level 1.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Meski demikian, liburan di tengah situasi ekonomi yang seperti saat ini agak tricky dan diperlukan perencanaan yang baik agar tidak menelan biaya banyak.

Lantas bagaimana tips liburan hemat tanpa harus menguras isi kantong saat ini? Berikut sejumlah triknya melansir laman Tomorrow Makers.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

1. Pilih Opsi Free cancel/refundabel Flight dan Hotel
Dikatakan bahwa perencanaan awal dapat menghemat banyak uang untuk tiket pesawat dan akomodasi hotel. Jadi, memilih reservasi hotel dan penerbangan yang dapat direfund akan sangat membantu.

Pemesanan perjalanan di tempat atau pemesanan pada saat-saat terakhir cenderung mendongkrak tarif. Jadi, untuk menghemat, rencanakan setidaknya satu atau dua bulan ke depan.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

2. Bersikaplah Fleksibel Mengenai Tanggal Perjalanan
Cobalah dan rencanakan perjalanan Anda selama offseason, ketika tiket pesawat dan akomodasi lebih murah. Juga, bersikaplah fleksibel dengan tanggal yang Anda pilih.

Cari tanggal yang menawarkan harga terendah. Fleksibilitas dapat membantu Anda memilih tanggal yang paling ekonomis, sehingga menghemat uang.

Ilustrasi liburan.

Photo :
  • U-Report

3. Gunakan Kupon dan Penawaran Bila Memungkinkan
Banyak perusahaan perjalanan dan situs web menawarkan penawaran, cashback, diskon perjalanan, dll., untuk menurunkan jumlah pemesanan. Berburu untuk kesepakatan ini.

Berbelanjalah dan pilih tarif terendah untuk tiket pesawat dan akomodasi, dua biaya terpenting dalam perjalanan.

Seperti Traveloka Points merupakan program reward yang menawarkan berbagai manfaat serta keuntungan dari setiap aktivitas pengguna.

Traveloka Points dapat ditukar untuk mendapatkan potongan harga ketika konsumen melakukan transaksi berikutnya atau untuk mendapatkan berbagai macam kupon dari berbagai pilihan kategori untuk mendapatkan potongan harga ketika konsumen melakukan transaksi berikutnya atau untuk mendapatkan berbagai macam kupon dari berbagai pilihan kategori di platform tersebut.

Konsumen berkesempatan menukar mulai dari 500 poin untuk mendapatkan kupon diskon baik tiket transportasi, akomodasi, Xperience hingga Eats yang telah disediakan.

Saat ini Traveloka melalui bisnis unit Platform sedang mengusung tema kampanye #ToThePointsAja yang berjalan sampai akhir September 2022, konsumen berkesempatan untuk mendapatkan kupon diskon yang bisa diperoleh melalui penukaran Traveloka Points.

Ilustrasi orang tersesat saat liburan.

Photo :
  • U-Report

4. Gunakan Akumulasi Poin Kartu Kredit Anda
Jika Anda memiliki kartu perjalanan, gunakan akumulasi poin dan miles untuk memesan tiket pesawat atau akomodasi yang didiskon.

Atau, jika kartu kredit Anda telah mengumpulkan poin, lihat apakah Anda dapat menggunakan poin pada tiket atau pemesanan hotel Anda untuk mengurangi jumlahnya.

5. Hemat sebelum Anda mulai merencanakan
Terakhir, menabung untuk liburan Anda. Betapapun terorganisirnya Anda, pergi berlibur membutuhkan dana, dan lebih baik membuat anggaran perjalanan terlebih dahulu daripada menghabiskan tabungan Anda yang ada.

Jadi, gunakan tips ramah kantong ini dan rencanakan liburan hemat untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya