Ini 3 Tempat Angker di Jakarta Barat, Berani Datang?

Toko Merah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA Travel – Tempat angker merupakan tempat yang kerap sibuk dengan kisah horor atau kejadian mistis yang terjadi di suatu lokasi.Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, tempat angker banyak ditakuti oleh masyarakat.

Prabowo Beri Bantuan Rumah Apung, Warga Kampung Nelayan Jakarta Ungkap Rasa Syukur

Tak luput juga salah satu wilayah Jakarta, tepatnya di kawasan Kotamadya Jakarta Barat yang memiliki beberapa tempat angker. Nah, kali ini Viva merangkum tempat-tempat angker di Jakarta Barat yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Toko Merah

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Toko Merah

Photo :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

Salah satu tempat yang dianggap angker di Jakarta Barat, tepatnya di kawasan Kota Tua adalah Toko Merah. Bangunan itu didirikan oleh Gubernur Jenderal VOC Baron Von Imhoff pada tahun 1730 sebagai rumah tinggalnya.

Serunya Lebaran, Warga Tasikmalaya Nyawer Uang di Kolam

Pasukan Mataram, Sopir Angkot, dan Phoa Bingham Wilayah sekitar Toko Merah merupakan daerah elite pusat Kota Batavia dulu. Kini bangunan Toko Merah merupakan salah satu cagar budaya Indonesia, ditetapkan pada 29 Maret 1993.

Nama Toko Merah diambil dari warna gedungnya. Warna merah hati terlihat jelas di permukaan tembok batu bata tanpa plester di bagian depan gedung.

Menurut sejarah, bangunan ini dulu pernah menjadi tempat orang Tionghoa dan mayat-mayatnya bertebaran di sekitar kali sehingga udara berwarna merah. Cerita-cerita mistis pun beredar mengenai bangunan ini.

Seorang pekerja di kawasan Kota Tua menceritakan bahwa ia pernah melihat sesosok wanita bergaun putih dengan rambut panjang tergerai. Sosok tersebut muncul tiba-tiba di salah satu jendela gedung.

Kejadian lain yang dialami seorang pedagang di dekat Toko Merah yang mengaku mendengar suara tangisan dan tertawaan seorang perempan dari dalam gedung. Ia juga pernah melihat sosok bayangan perempuan mengenakan gaun putih panjang hingga menyapu lantai.

2. Villa Andries Hartsinck (Gedong Tinggi)

Vila tempat latihan kader jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Photo :
  • Divisi Humas Polri.

Bangunan Gedong Tinggi yang dibangun dengan gaya Eropa merupakan peninggalan kolonial Belanda. Gedung ini memiliki dua lantai. Lantai satu merupakan wilayah yang paling luas, sedangkan lantai dua dibiarkan kosong karena sudah rapuh.

Saat ini bangunan tersebut berubah fungsi menjadi Polsek Palmerah, Polres Metro Jakarta Barat. Beberapa anggota polisi di sana kerap diganggu oleh sejumlah penunggu dengan wujud wanita berpakaian putih seperti noni Belanda. Baca juga: Asal Usul Nama Ken Arok, Raja Pertama Kerajaan Singasari

Bahkan beberapa polisi yang tidur saat piket malam seringmengalami kejadian aneh, seperti dilempari, lampu yang nyala dan mati, serta mendengar suara-suara. Untuk mengurangi kesan angker, lampu-lampu yang ada di semua ruangan tidak pernah dimatikan. Semua sisi ruangan yang terdapat jendela juga dibuka, sekaligus untuk sirkulasi udara.

 3. Kali Angke

Kecelakaan tunggal mobil terjun di Kali Angke

Photo :
  • TMCPoldaMetro

Kali Angke masuk wilayah Jakarta Barat dengan hulu berada di Tangerang Selatan, Banten. Pada zaman kolonial Belanda, lokasi ini menjadi salah satu tempat peristiwa pembunuhan etnis Tionghoa di Indonesia. Pembantaian terjadi pada tahun 1740, berawal dari bangkrutnya pabrik-pabrik gula di Batavia.

Gula dari Batavia itu kalah bersaing dengan gula Malabar (India). Ribuan karyawan perkebunan dan pabrik gula yang merupakan etnis Tionghoa pun banyak yang dipecat.

Hal itu menyebabkan terjadinya dan banyak yang menjadi pelaku kriminal. Gubernur Batavia saat itu membatasi warga Tionghoa karena angka kriminalitas yang tinggi. Aksi razia dilakukan dan warga yang tidak punya surat izin tinggal atau usaha ditangkap.

Kemudian pemerintah Belanda mengeluarkan perintah membunuh orang-orang Tionghoa. Pembantaian itu terjadi di Kali Angke. Dulu kali itu berwarna merah karena bercampurnya darah-darah warga Tionghoa yang menjadi korban.

Kali Angke yang terkenal akan kisah mistisnya karena setiap tahun selalu ada mayat yang ditemukan. Biasanya sebelum ada kejadian orang tenggelam, konon ada penampakan buaya putih yang menjadi pertanda akan adanya orang tenggelam. Kali Angke memiliki kedalaman 5-6 meter yang memiliki arus kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya