10 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Diborong

Pasar Tradisional Ubud
Sumber :
  • Instagram @dayusri07

VIVA Travel – Oleh-oleh khas Bali memang selalu menarik untuk diketahui. Hal ini dikarenakan Bali memiliki sejuta pesona yang dapat menarik siapa saja untuk datang ke tempat itu.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Ketika kamu berkunjung ke Bali kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. 

Bahkan, sebelum kamu berangkat berlibur ke Bali, tidak jarang keluarga atau orang terdekat selalu menitipkan pesan “Jangan lupa bawa oleh-oleh khas Bali yaaa”

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Lantas, apa yang ingin kamu berikan untuk mereka?

Artikel ini secara khusus akan mengulas daftar oleh-oleh khas Pulau Dewata yang dapat kamu berikan untuk orang terdekat yang dirangkum dari beberapa sumber, Berikut oleh-oleh khas Bali:

Viral Starling Ketabrak Mobil Gagal Drift di Pondok Indah, Polisi Ungkap Faktanya

1. Pie susu

Pie susu.

Photo :
  • Twitter

Tidak dapat dipungkiri, camilan bulat dan tipis ini merupakan makanan yang selalu diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang. Bahkan, hampir semua orang yang berkunjung ke Bali selalu membawa pulang makanan ini.

Saking banyaknya wisatawan yang memburu pie susu, kadang wisatawan akan sedikit kesulitan untuk mendapatkannya di beberapa toko oleh-oleh di Bali. Jadi, untuk kamu yang tengah berencana ke Bali jangan lupa masukan camilan ini ke daftar oleh-oleh ya.

2. Perhiasan perak

Ilustrasi perhiasan perak

Photo :
  • Pixabay

Perhiasan perak biasanya akan banyak tersedia di Kawasan Celuk, jadi, untuk kamu yang berkunjung ke Kawasan Celuk jangan lupakan perhiasan perak ya.

Saking uniknya, perhiasan perak selalu menjadi incaran turis-turis asing. Di sana, kamu juga dapat melihat proses pembuatan cinderamata khas Pulau Dewata ini.

Biasanya juga, harga untuk tamu domestik dan mancanegara juga dibedakan. Paling tidak, untuk cincin sederhana bagi tamu lokal bisa dibeli mulai Rp. 80.000-an.

3. Pia Legong

Pia legong, oleh-oleh khas bali

Photo :
  • oleholehkhasbali.com

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah makanan enak nan lezat bernama Pia Legong. Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang lembut berpadu dengan manis yang pas di lidah.

Selain itu, pia legong juga memiliki berbagai pilihan rasa seperti keju, cokelat dan kacang hijau. Makanan ini juga dapat tahan lama untuk kamu simpan di lemari es.

Penjual pia legong yang cukup terkenal di Bali berada di Ruko Kuta Megah 15 Jalan Bypass Ngurah Rai. Namun, untuk mendapatkannya kamu harus sedikit bersabar karena antrean yang biasanya cukup panjang.

4. Lukisan khas Bali

Presiden Joko Widodo melihat lukisannya di Klungkung Bali

Photo :
  • Biro Setpres

Jika kamu pergi ke daerah Ubud, kamu dapat menemukan banyak art gallery yang menjual lukisan-lukisan yang sangat kental akan nuansa khas Pulau Dewata.

Di tempat ini, kamu dapat memperoleh lukisan-lukisan bergaya realis seperti gambar sawah sampai lukisan abstract.

Untuk mendapatkan satu frame lukisan kamu juga tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu mahal, biasanya dihargai sekitar Rp200-Rp300 ribuan.

5. Bagiak Bali

Kue Bagiak, Desa Sragi, Kabupaten Banyuwangi.

Photo :
  • TVOne

Kamu senang makan makanan renyah? Mungkin camilan satu ini cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Camilan ini memiliki rasa yang gurih karena dibuat dari tepung sagu yang dipanggang. Oleh-oleh ini juga cukup populer dan kerap dicari wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Dewata.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mencari camilan ini, dapat dipastikan setiap toko oleh-oleh yang menjual makanan khas Bali, pasti kamu akan menjumpai bagiak.

6. Kerajinan batok kelapa

Kerajinan batok kelapa, oleh-oleh khas Bali

Photo :
  • nusabali.com

Kerajinan kelapa dapat dengan mudah kamu jumpai di Bali, biasanya ibu-ibu suka dengan kerajinan semacam ini. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari nampan, kendi, piring, gelas hingga bentuk lainnya.

Apabila kamu sedang berada di Gianyar, kamu bisa berkunjung ke Tampaksiring untuk melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan ini.

7. Kerupuk kulit babi (samcan)

Krupuk kulit babi, oleh-oleh khas babi

Photo :
  • liburanbali.net

Bila pada umumnya kerupuk kulit dibuat menggunakan kulit sapi, maka di Bali ada kerupuk kulit yang berbahan dasar kulit babi. Kerupuk kulit ini bagi masyarakat Bali disebut dengan samcan.

Kerupuk ini terkenal dengan citarasa-nya yang renyah dan gampang rapuh, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah untuk memakannya dan bisa dinikmati berbagai kalangan.

8. Patung kucing

Patung kucing, oleh-oleh khas Bali

Photo :
  • jalanjalanmurah.web.id

Ini merupakan oleh-oleh yang dapat mempercantik tampilan ruang di rumah. Patung kucing dibuat dari pahatan kayu yang diberikan pahatan serta warna-warna yang unik.

Biasanya patung kucing sangat digemari oleh wisatawan asal Jepang karena dianggap membawa keberuntungan.

Jika kamu ingin membawanya pulang, kamu dapat dengan mudah menemukannya di pasar-pasar seni di Bali.

9. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani oleh-oleh khas Bali

Photo :
  • Instagram: @prema_rasa

Buat yang penggemar kopi, jangan sampai melewatkan kopi Kintamani. Seperti namanya, kopi arabika ini memang dibudidayakan di kawasan Kintamani, Bali.

Rasa yang paling menonjol dari kopi kintamani adalah rasa jeruk dengan body yang sedang dan tidak terlalu pahit. Tingkat keasamannya sendiri cukup rendah. Kamu juga bisa membaui aroma citrus dan herbal yang menguar.

10. Joger

Ilustrasi Joger Bali

Photo :
  • Istimewa

Brand satu ini sepertinya sudah sangat melekat dengan Bali dan selalu disebut-sebut pada daftar oleh-oleh khas Bali. Joger menjual kaos, sweater hingga sandal dengan desain dan motif yang unik.

Selain itu, mereka juga menyelipkan sedikit kata-kata motivasi terkadang lucu pada desain produk yang mereka jual, sehingga menambah kesan tersendiri bagi pengguna.

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan (Sulsel)

Geopark Maros Pangkep, Beranda bagi Keajaiban Geologi dan Budaya di Sulawesi Selatan

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah secara resmi diakui sebagai destinasi global geopark kedelapan di Indonesia yang termasuk dalam daftar UNESCO.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024