Liburan Ke Kota Pahlawan, Kenali 10 Oleh Oleh Khas Surabaya

Resep kue lapis
Sumber :
  • Cookpad @eennuraeni

VIVA Kuliner – Kota Surabaya memiliki wisata dan makanan khas untuk dicoba. Kota Pahlawan ini memiliki makanan khas seperti lontong balap, rujak cingur, nasi rawon, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali yang Jangan Sampai Terlupakan, Awet dan Kekinian

Jalan-jalan di Surabaya bisa membuat kamu lupa waktu, mengingat ada banyak atraksi wisata dan tempat menarik yang bisa dikunjungi. Namun, jangan sampai keseruan saat bepergian, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Surabaya untuk orang rumah.

Bingung mau membelikan apa? Tenang, Surabaya punya banyak pilihan Oleh Oleh Khas Surabaya yang menarik. Kamu bisa cari tahu oleh-oleh yang harus dibawa pulang, berikut ulasan Viva mengenai oleh-oleh Khas Surabaya yang dilansir dari berbagai sumber.

5 Takjil yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes

Almond Crispy Cheese

Kue Lebaran cookies almond.

Photo :
  • Blue Band
Ramadhan di Singapura: Takjil Lezat dan Oleh-oleh Berlimpah, Ini Tempatnya!

Jika kamu mencari oleh-oleh yang sedang hits, Almond Crispy Cheese adalah jawabannya. Rasanya yang renyah, gurih, dan ringan menjadikan santapan ini sangat pas untuk menemani suasana hangat bersama keluarga. Seperti namanya, bahan utama dari produk ini adalah keju dan kacang almond.

Selain rasa keju, oleh-oleh Surabaya ini juga memiliki varian rasa yang lainnya. Beberapa variannya seperti Cokelat, Green Tea, Blueberry, Durian, dan Strawberry. Desain packagingnya yang menarik, memberikan kesan mewah dan berkelas.

Kamu bisa menemukan cemilan ini di beberapa toko oleh-oleh Surabaya, dengan harga sekitar Rp 45 ribu rupiah saja

Suoklat Suroboyo

Semprit Coklat Maizena

Photo :
  • Cookpad @tintinpurnama

Jika kamu menyukai makanan manis, oleh-oleh khas yang cocok adalah Suoklat Surabaya. Oleh-oleh khas ini dapat dibeli di Suoklat Cafe Surabaya. Kafe inimenyediakan beragam coklat termasuk coklat khas Surabaya. Varian rasa suoklat yaitu tiramisu praline, green team mengo, dan stroberry.

Siropen Telasih

Dawet Telasih Bu Dermi

Photo :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

Siropen Telasih adalah salah satu sirup khas Surabaya, yang dibangun oleh JC Van Drongelen. Beliau adalah seorang warga Belanda asli, yang membuat sirup ini pada tahun 1923. Pabrik sirup Siropen pun menjadi pabrik sirup pertama yang ada di Indonesia, tentunya selain itu rasanya yang khas sirup ini pun memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Hingga saat ini, pembuatan sirup Seropen masih menggunakan tenaga konvensional. Hanya saja proses pemasakannya kini telah menggunakan gas, setelah sebelumnya menggunakan kayu bakar. Kamu bisa menemui Sirup Seropen Telasih ini, di pusat oleh-oleh Surabaya seperti Toko Oleh Oleh Panen Raya.

Abon Sapi Padmasusatro

Polisi tunjukan produk abon palsu di Surabaya.

Photo :

Berbicara tentang kuliner di Surabaya, memang tidak akan pernah ada habisnya. Begitu banyak kuliner yang ada di Kota Pahlawan ini, membuat kita ingin membawanya pulang untuk menjadi oleh-oleh.

Bagi pecinta abon, kamu bisa memilih Abon Sai Padmosusastro untuk menjadi cindera mata yang dibawa pulang ke kota asal. Abon ini terdiri dari dua varian rasa, yaitu rasa manis dan pedas

Guna-Guna Snack

Beli Snack Jepang Tidak Usah Jauh-Jauh Ke Negeri Sakura

Photo :

Jika dilihat dari namanya, snack ini cukup unik dan membuat kita penasaran. Jangan khawatir, bukan berarti jajanan Guna-Guna Snack adalah hasil nama dari mantra, tetapi jajanan ini adalah keripik berbahan dasar singkong dan kentang. Varian rasa yang dimiliki oleh Guna-Guna Snack, sangat cocok dan disukai oleh anak muda. Harga satu kemasannya, dibandrol mulai Rp 20 ribu rupiah.

Pohong Tata

Ketela rambat.

Photo :
  • U-Report

Pohong tata atau Ketela Pohon, menjadi salah satu oleh-oleh Surabaya yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Tidak hanya mencari dan mencari saja, Pohon diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu.

Setelah itu pohong bakar akan diberikan parutan keju dan dibungkus dengan unik dan menarik, dengan warna ungu dan gambar anak kecil di depan kemasan. Umumnya, Pohong Tata sering ditawarkan di berbagai outlet dekat dengan tempat pariwisata.

Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis

Photo :

Kue Lapis tampaknya mulai menjadi kue yang sedang digemari masyarakat, baik itu warga milenial maupun generasi orang tua kita. Kue Lapis Surabaya memiliki cita rasa yang manis, dan empuk.

Beberapa warga lebih senang menyebutnya dengan kue Bolu Surabaya, namun kue lapis ini lebih empuk daripada kue bolu. Kue Lapis Surabaya ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, dengan berbagai varian rasa dan topping.

Rambak Sapi

Cabuk Rambak, Makanan khas Solo

Photo :

Sapi memang sebuah hewan yang kaya akan manfaat, tidak hanya dagingnya saja tapi kulitnya pun bisa diolah dan dijadikan cemilan. Salah satu olahan kulit sapi adalah kerupuk rambak, makanan ringan yang digemari semua kalangan.

Kerupuk rambak memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah, setelah dibuka pun kerupuk rambak sapi ini dapat bertahan hingga satu tahun.

Dengan ketahanan yang lama tersebut, tak heran jika Rambak Sapi sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk meningkatkan mempertahankan kerenyahan dari kerupuk rambak, simpan dalam tempat kedap udara.

Selain dibuat cemilan, Rambak Sapi ini juga cocok untuk dijadikan makanan pedamping beberapa makanan. Makanan yang cocok seperti sate, bubur, atau makanan yang dihidangkan dengan nasi hangat.

Belinjo Udang

Keripik Melinjo Kepulauan Selayar

Photo :
  • Viva.co.id/Muhammad Yasir

Beberapa orang akan menyebut oleh-oleh khas Surabaya ini dengan nama melinjo, yaitu sejenis tanaman yang sering diolah menjadi emping.

Belinjo Udang atau Blidang tidak memiliki rasa pahit, karena melinjo yang digunakan telah dicampur dengan udang asli dan rempah-rempah pilihan. Jika umumnya emping memiliki rasa pahit, maka Blidang justru memiliki rasa manis.

Selain rasa manis, Blidang juga memiliki varian rasa lain yang disukai masyarakat. Varian rasa lainnya seperti pedas manis, udang pedas, serta udang Balado.

Memiliki rasa yang pas di lidah Indonesia, membuat Belinjo Udang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan ke kota asalmu. Untuk kamu bisa langsung mengunjungi pusat produksinya, yaitu di daerah Bibis Tama Tandes Surabaya.

Kerupuk Ikan Kanjeran

Kerupuk.

Photo :
  • bisnisukm

Melihat hasil laut yang berlimpah dari Pantai Kenjeran, membuat masyarakat pun memanfaatkannya menjadi karya yang dapat dinikmati bersama. Salah satu hasil kreatifitanya adalah, kerupuk berbahan seafood. Jika kamu melewati Pantai Kenjeran, dari jarak yang jauh saja sudah tercium aroma khas kerupuk ikan ini.

Kerupuk ikan ini dapat menjadi oleh-oleh khas dari Surabaya, yang gurih dan nikmat. Kerupuk ini dijual dalam dua jenis, yaitu siap makan dan mentah. Jika kamu ingin memasaknya sendiri, maka membeli kerupuk jenis mentah adalah pilihan terbaik.

Harga dari Ikan Kenjeran ini pun cukup murah, yaitu hanya berkisar Rp 15 ribu rupiah saja. Kamu bisa membeli Kerupuk Ikan Kenjeran ini di beberapa toko oleh-oleh Surabaya, atau langsung menuju sekitar Pantai Kenjeran.

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024