Karakteristik Unik Top 3 Wisatawan Muslim ke Jakarta

 Jakarta Muslim Tourism Exhibition (JMFTE)
Jakarta Muslim Tourism Exhibition (JMFTE)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berllian

VIVA Lifestyle – Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Jakarta menggelar Jakarta Muslim Tourism Exhibition (JMFTE) mulai Jumat 5 Agustus 2022 hingga Minggu 7 Agustus 2022 di Gandaria City Mall Jakarta Selatan. 

JMFTE bertujuan untuk menarik antusias para penggiat wisata dan meningkatkan daya tarik wisatawan muslim datang ke Jakarta. Selain itu, JMFTE juga bertujuan untuk mengangkat citra Jakarta sebagai kota urban modern yang nyaman untuk semua masyarakat beragama. 

Melalui penyelenggaraan Jakarta Moslem Friendly Tourism Exhibition, diharapkan dapat meningkatkan citra positif Jakarta sebagai destinasi wisata unggulan, juga untuk mengembangkan atraksi wisata ramah muslim yang menarik.

“Kebutuhan wisatawan ke Jakarta khususnya wisatawan muslim mendapat kemudahan-kemudahan. Beberapa objek wisata, tempat wisata terdapat kemudahan untuk wisatawan muslim,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andika Permata dalam press conference Jakarta Moslem Friendly Tourism Exhibition di Grand Sheraton Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022. 

Lebih lanjut, diungkap Andika pameran ini akan menyajikan puluhan promo menarik wisata ramah muslim di Jakarta. Beragam pilihan wisata bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. 

“3 hari akan diskonan. Pulau macan posesioning muslim friendly kita kasih harga spesial jadi kita tau pulau Macau pulau seribu umumnya punya keindahan luar biasa. Jakarta punya khususan puny Nature tourism. Jakarta melalui pulau seribu sehingga wisatawan bisa berkunjung ke sana,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Pariwisata Halal Indonesia, Riyanto Sofyan mengungkap wisatawan muslim yang paling banyak mengunjungi Jakarta antara lain Timur Tengah, Eropa dan Malaysia Singapura.

Dia menjelaskan karakteristik setiap wisatawan tersebut berbeda-beda. Jika wisatawan Timur Tengah lebih mengarah pada resort, shopping dan spa. Sementara wisatawan muslim Eropa lebih mengarah pada adventure hingga culture atau budaya setempat. 

“Eropa karena generasi ketiga orang Eropa muslim punya Income rata-rata per tahun 100 ribu euro. Mereka macam-macam interstnya lebih ke arah adventure seperti diving di pulau seribu, mereka juga suka juga heritage sejarah juga dan interest perilaku muslim di sini gimana. Culture atau budaya setempat,” ujar dia. 

Sementara wisatawan muslim dari Malaysia dan Singapura cukup unik. 

“Wisman muslim Malaysia atau Singapura wisata kurban di Batam. Termasuk shopping wisatawan Malaysia ke Bandung lewat Jakarta mereka shopping di tanah Abang. Kalau Jakarta itu seperti Palugada apa lo mau gue ada,” ujar dia.

Untuk diketahui, Jakarta Moslem Friendly Tourism Exhibiton (JMFTE) hadir untuk mempromosikan beragam pilihan wisata ramah muslim di Jakarta. Diselenggarakan pada 5-7 Agustus 2022 di Gandaria City Mall, kegiatan ini diikuti puluhan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, di antaranya industri muslim family friendly tourism, biro perjalanan, kuliner, kecantikan dan kerajinan tangan, serta fesyen.

Pameran JMFTE akan menyajikan puluhan promo menarik wisata ramah muslim di Jakarta. Beragam pilihan wisata bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak hanya itu, acara ini akan diisi dengan program bincang-bincang, podcast, peragaan busana, dan penampilan musik dari artis ternama seperti Endah N Rhesa, Letto, dan Adera.