5 Lokasi Film Horor yang Kini Jadi Tempat Wisata Baru, Ada Rumah Susun

Pulau Satonda.
Pulau Satonda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Travel – Kesuksesan sebuah film horor kadang mempunyai dampak yang cukup unik terhadap lokasi syuting yang dipakai. Terlebih untuk mereka yang menyukai film horor, lokasi pengambilan gambar akan menjadi destinasi tempat yang wajib didatangi dan dicari oleh mereka. Apalagi, bila film horor yang ditayangkan sukses memikat para penonton di Tanah Air. 

Tak sedikit lokasi syuting film horor yang kemudian menjadi populer dan banyak dikunjungi oleh orang yang penasaran dengan sensasinya. Bahkan, kini dijadikan sebagai objek wisata baru. Para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi tempat tersebut untuk menguji adrenalin serta menjawab rasa penasaran mereka terhadap aura mistis yang sebenarnya. 

Nah, berikut adalah lokasi syuting film horor yang menjadi tempat wisata baru seperti dikutip VIVA dari berbagai sumber. 

1. Rumah Kentang

Gala Premiere Rumah Kentang Bersama VIVAlog dan VIVAlife

Gala Premiere Rumah Kentang Bersama VIVAlog dan VIVAlife

Photo :

Rumah Kentang, selain menjadi sebuah judul film horor juga sebagai lokasi pengambilan gambar nyata adanya dan dikenal sangat angker. Penduduk setempat kerap mencium aroma kentang rebus yang menusuk hidung dan kerap mendengar suara tangisan anak kecil dari dalam rumah. Hal ini kemudian diangkat sebagai judul film horor dengan memakai lokasi di rumah tersebut. 

2. Rumah Susun - Pengabdi Setan 2

Rumah susun Tambora rusak parah

Rumah susun Tambora rusak parah

Photo :

Rumah susun yang berada di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial dan disebut sebagai lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion. Sang sutradara, Joko Anwar, membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencari lokasi syuting sebagai latar film Pengabdi Setan 2 ini. Bangunan ini dikatakan sudah terbengkalai selama 15 tahun. 

3. Rumah Tua Pangalengan - Pengabdi Setan

Rumah tempat lokasi syuting Pengabdi Setan

Rumah tempat lokasi syuting Pengabdi Setan

Photo :
  • Dokumentasi VIVA

Untuk para penggemar film Pengabdi Setan yang di-remake oleh Joko Anwar pada tahun 2017 silam tentu saja sudah tidak asing lagi dengan rumah yang satu ini. Letaknya yang berada di tengah perkebunan teh membuat suasana angker rumah ini semakin terasa. 

Berada di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Pangalengan, Bandung, rumah tua dengan dinding kayu tersebut menjadi gambaran depan rumah tempat tinggal ‘Ibu’. Sedangkan lokasi pengambilan gambar memakai rumah kosong yang tepat berada di belakang rumah tersebut. 

4. Jembatan Plunyon - KKN di Desa Penari

Aulia Sarah dalam Film KKN di Desa Penari

Aulia Sarah dalam Film KKN di Desa Penari

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram.com/@owliasarah

Lokasi pengambilan gambar film horor berjudul KKN di Desa Penari dilakukan di Kota Yogyakarta. Letaknya berada di sebuah rumah di tengah perkebunan Pedukuhan Ngluweng, Kelurahan Ngleri, Kapenewon Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Rumah tersebut sendiri sudah tidak ditempati setelah dipakai untuk lokasi syuting. 

Selain tempat tersebut, lokasi syuting film KKN di Desa Penari yang terkenal adalah jembatan Plunyon, Kalikuning yang berada di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Jembatan tersebut menjadi waktu ketika para mahasiswa KKN, Bima dan kawan-kawan, pertama kali sampai di Desa Penari. 

5. Pulau Satonda - Jailangkung

satonda

satonda

Photo :
  • www.geoblogi.iagi.or.id

Kesuksesan film horor Indonesia yang berjudul Jailangkung pada tahun 2017 berdampak pada sebuah pulau bernama Satonda yang menjadi lokasi pengambilan gambar film tersebut. Pulau Satonda yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan pulau yang menyimpan banyak misteri di masyarakat sekitar. Misteri yang paling terkenal adalah adanya pulau terlarang yang tidak berpenghuni sama sekali.