Mengenal Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Candi Prambanan, Yogyakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Travel  – Candi Prambanan adalah sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon wisata untuk Jawa Tengah serta D.I Yogyakarta. Letaknya berada di wilayah Desa Karangasem, Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Secara administratif, Candi Prambanan ini berada di perbatasan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Lokasi Candi Prambanan cukup strategis lantaran terletak di jalan utama yang menghubungkan Yogyakarta-Solo. Menyadur dari laman Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan adalah candi bercorak Hindu terbesar di Indonesia. Bahkan, candi ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia (world heritage) oleh UNESCO. 

Tentang Candi Prambanan

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Candi Prambanan

Photo :
  • VIVA/ Cahyo Edi/ Yogyakarta

Ini adalah candi paling terkenal dan juga paling megah di Jawa Tengah atau lebih tepatnya kompleks candi. Terletak sekitar 15 kilometer dari Yogyakarta, puncak candi utama terlihat dari jarak yang sangat jauh dan menjulang tinggi di atas reruntuhan bekas candi yang berserakan. Prambanan adalah mahakarya budaya Hindu abad kesepuluh. 

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Bangunan ramping menjulang hingga 47 meter membuat arsitektur indahnya tiada tara. Tujuh belas kilometer sebelah timur Yogyakarta, Raja Balitung Maha Sambu membangun candi Prambanan pada pertengahan abad kesembilan. Parapetnya dihiasi dengan relief yang menggambarkan kisah Ramayana yang terkenal. 

Candi Siwa yang megah ini mendapatkan namanya dari desa di mana ia berada. Candi Prambanan secara lokal dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang, atau Candi "Perawan Ramping", ini adalah candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia. Kompleks candi Prambanan terletak di antara ladang hijau dan desa-desa. 

Ini memiliki delapan kuil, di mana tiga yang utama didedikasikan untuk Siwa, Wisnu dan Brahma. Candi utama Siwa naik ke ketinggian 130 kaki dan rumah patung megah permaisuri Siwa, Durga. Ada 224 candi di kompleks; tiga di antaranya, candi utama adalah Candi Brahma di utara, Candi Wisnu di selatan, dan yang terbesar di antara ketiganya yang terletak di antara candi Brahma dan Wisnu adalah Candi Siwa dengan tinggi 47 meter.

Menikmati sunrise di balik kemegahan Candi Prambanan. Pengunjung harus berada di lokasi - di area The Open Air Theatre dan taman arkeologi candi - sebelum matahari terbit sekitar pukul 5:00 pagi. Jelajahi Penawaran Costco pada Penawaran Minggu Ini. Teater terbuka pertama dibangun di sisi selatan candi pada tahun 1960. 

Kemudian yang kedua dibangun di sisi barat candi pada tahun 1988. Selama malam bulan purnama di bulan Mei hingga Oktober, balet Ramayana ditampilkan dengan benar. di sini. Mungkin salah satu candi paling megah di Asia Tenggara, Prambanan menarik banyak pengagum setiap tahun dari luar negeri.

Sejarah Singkat Candi Prambanan

Candi Prambanan

Photo :
  • U-Report
 

Diperpanjang lebih dari dua abad, pembangunan di Prambanan dimulai pada pertengahan abad ke-9 - sekitar 50 tahun setelah Borobudur. Sedikit yang diketahui tentang sejarah awal kompleks candi ini, meskipun diperkirakan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk memperingati kembalinya dinasti Hindu ke satu-satunya kekuasaan di Jawa. 

Seluruh Dataran Prambanan ditinggalkan ketika raja-raja Hindu-Jawa pindah ke Jawa Timur dan, pada pertengahan abad ke-16, gempa bumi besar menggulingkan banyak candi. Prambanan tetap dalam reruntuhan selama bertahun-tahun, kehancurannya dipercepat oleh pemburu harta karun dan penduduk setempat yang mencari bahan bangunan. 

Sementara upaya dilakukan pada tahun 1885 untuk membersihkan situs tersebut, baru pada tahun 1937 rekonstruksi pertama kali dilakukan. Sebagian besar candi sekarang telah dipugar sampai batas tertentu, dan, seperti Borobudur, Prambanan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Pernah Mengalami Kerusakan

Sejumlah umat Hindu melakukan pradaksina saat prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Prambanan mengalami kerusakan parah akibat gempa 2006. Meskipun candi utama selamat, ratusan balok batu runtuh atau retak (479 balok di candi Siwa saja). Saat ini struktur utama telah dipugar, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan bagian kompleks masih terlarang.

Candi Siwa Menjadi yang Terbesar

Candi Prambanan.

Photo :
  • U-Report

Di halaman utama, Candi Siwa Mahadewa, didedikasikan untuk Siwa, tidak hanya candi terbesar tetapi juga yang terbaik. Puncak menara utama menjulang setinggi 47m dan kuilnya diukir dengan mewah. 'Medali' yang menghiasi alasnya memiliki ciri khas motif Prambanan – singa kecil di relung yang diapit oleh kalpatura (pohon surga) dan kumpulan kinnara (makhluk surgawi) setengah manusia setengah burung. 

Adegan hidup yang diukir di dinding bagian dalam galeri yang mengelilingi candi berasal dari Ramayana – mereka menceritakan bagaimana istri Dewa Rama, Sita, diculik dan bagaimana Hanuman, dewa kera, dan Sugriwa, jenderal kera putih, akhirnya menemukan dan lepaskan dia.

Bagian dalam candi terdiri dari ruang utama di puncak tangga timur dengan patung Siwa Penghancur berlengan empat. Patung ini terkenal karena fakta bahwa dewa Hindu terkuat ini berdiri di atas alas lotus besar, simbol agama Buddha. Di sel selatan adalah Agastya berperut buncit dan berjanggut, inkarnasi Siwa sebagai guru ilahi. 

Kemudian di sebelah barat adalah gambar yang luar biasa dari Ganesha berkepala gajah, putra Siwa dan dewa pengetahuan. Tangan kanan Ganesha yang biasanya memegang gadingnya patah karena gempa. Di sel utara, Durga, permaisuri Siwa, terlihat membunuh kerbau setan.

Beberapa orang percaya bahwa gambar Durga sebenarnya adalah gambar Perawan Ramping, yang menurut legenda, diubah menjadi batu oleh seorang pria yang ditolaknya untuk dinikahi. Dia masih menjadi objek ziarah dan namanya sering digunakan untuk kelompok candi.

Candi Wisnu menyentuh 33m dan duduk tepat di utara Candi Shiva Mahadeva. Relief candi yang mengesankan menceritakan kisah Dewa Krishna, seorang pahlawan dari epos Mahabharata, sementara gambar Wisnu sang Pemelihara berlengan empat menghiasi tempat suci bagian dalam.

Candi Brahma adalah candi kembar Candi Wisnu. Di sebelah selatan Candi Siwa Mahadewa, dipahat dengan adegan akhir Ramayana. Pintu mulut yang spektakuler patut diperhatikan dan ruang dalam berisi patung Brahma berkepala empat, dewa penciptaan.

Taman di sekitar Prambanan berisi sejumlah candi yang kurang dikenal, termasuk candi Buddha Candi Sewu. Berasal dari sekitar 850 M, itu terdiri dari puluhan kuil luar, dihiasi dengan stupa. Awalnya dikelilingi oleh empat cincin dari 240 kuil 'penjaga' yang lebih kecil, yang mengarah ke namanya 'Seribu Kuil'. 

Di luar kompleks berdiri empat tempat suci di ujung mata angin, di mana Candi Bubrah, sekarang direduksi menjadi fondasi batunya, adalah yang paling selatan. Candi utama yang telah direnovasi memiliki relung-relung yang diukir halus di sekitar galeri bagian dalam, yang pernah menjadi tempat patung perunggu. 

Untuk mencapai Candi Sewu, sewalah sepeda (Rp20.000) atau naik kereta mainan atau kereta golf (Rp20.000) yang mengantar pengunjung bolak-balik dari pintu keluar situs utama candi Prambanan; jika tidak, itu adalah 20 menit berjalan kaki yang menyenangkan dari kompleks utama melalui taman semi-teduh.

Tiket Prambanan dapat dibeli secara online. Pilihannya termasuk paket gabungan Prambanan–Kraton Ratu Boko dan tiket diskon Prambanan–Borobudur. Perhatikan bahwa yang terakhir hanya berlaku selama dua hari dan tidak mencakup biaya tambahan untuk mengunjungi saat matahari terbit atau terbenam.

Bunga Zainal dan suaminya, Sukhdev Singh

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Bunga Zainal baru-baru ini menarik perhatian dengan membagikan foto-foto perjalanan keluarganya ke Punjab, India. Kunjungannya tersebut bertujuan untuk membawa anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024