5 Tempat Wisata Mojokerto, dari Wisata Religi hingga Wisata Malam

Taman Ghanjaran
Sumber :
  • instagram @wahana_taman_ghanjaran

VIVA Travel – Mojokerto merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 50 km barat daya Kota Surabaya. Kota Mojokerto adalah salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Jawa Timur bernama Gerbangkertosusila. 

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Kota ini terdiri dari 3 kecamatan yaitu Magersari, Kranggan, dan Prajurit Kulon. Kendati begitu, Mojokerto merupakan satu-satunya kota di Jawa Timur yang mempunyai satuan wilayah atau luas wilayah terkecil dengan wilayah administrasi hanya terbagi tiga kecamatan. 

Walaupun kotanya dibilang kecil, Mojokerto menawarkan sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik baik di kota maupun kabupaten. Berbagai jenis wisata mulai dari wisata religi, alam, sejarah, sampai wisata malam tersedia di Mojokerto. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tempat wisata di Mojokerto.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Masjid Agung Al Fattah

Masjid Agung Al Fattah

Photo :
  • web.mojokertokota.go.id
Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Masjid tua ini rupanya sudah berdiri sejak tahun 1877 dan merupakan masjid tertua di Kota Mojokerto. Hingga saat ini, bangunannya masih terawat karena sempat melakukan pemugaran pada tahun 2020 silam dengan memadukan budaya Islam Timur Tengah dan Majapahit. Kebudayaan Majapahit di bagian dalam masjid masih dipertahankan berupa ukiran pada 4 tiang peyangga bangungan.

Masjid Agung Al Fattah berdiri di depan alun-alun Kota Mojokerto tepatnya di Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon dan mampu menampung hingga 5.500 jemaah.

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Photo :
  • pariwisata.mojokertokab.go.id

Air Terjun Dlundung berlokasi di Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Ketinggian Air terjun Dlundung yaitu sekitar 60 meter. Tempat favorit di sini adalah kolam kecil di bawah air terjun yang memungkinkan wisatawan bisa menikmati air terjun yang segar. Selain menyegarkan tubuh dan pikiran, Air Terjun Dlundung juga bisa digunakan untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

Photo :
  • travelspromo.com

Candi ini terkenal dengan situs mata airnya. Ada yang percaya bahwa mata air di Candi Jolotundo memiliki berbagai macam khasiat. Konon kolam pemandiannya dibuat untuk menjelaskan bahwa air yang keluar dari mata air tersebut adalah amerta yang seolah-olah keluar dari tubuh Mahameru. Candi ini diperkirakan berdiri pada tahun 997 oleh Raja Udayana. 

Maha Vihara Mojopahit

patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Photo :
  • Anandajoti Bhikkhu/flickr

Selain wisata religi Islam, Mojokerto juga menghadirkan wisata agama Buddha di Maha Vihara Mojopahit. Di sini terdapat patung Buddha yang sangat besar seperti yang ada di Nepal dan Thailand. Pengunjung cukup membayar sebesar Rp 3.000 untuk masuk ke vihara ini. 

Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran

Photo :
  • instagram @wahana_taman_ghanjaran

Jika kamu ingin berwisata sampai malam, Taman Ghanjaran adalah tempat yang tepat. Pasalnya, taman ini buka hingga malam hari. Taman yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto ini menyediakan berbagai wahana yang patut dijajal. Selain itu, lampu-lampu di tempat ini sangat cantik di malam hari sehingga sangat direkomendasikan berkunjung ke Taman Ghanjaran ketika langit sudah gelap. Jangan lewatkan pula wisata kuliner makanan bervariasi.

Nikmati promo liburan ke Malang s.d. Rp 2 juta di Traveloka App

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Nikmati promo liburan ke Malang s.d. Rp 2 juta* dan fitur fleksibilitas untuk berbagai produk Travel (Tiket Pesawat, Hotel dan Xperience) di Traveloka App.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024