10 Museum Terbesar di Dunia, Benar-benar Memanjakan Mata

Museum
Sumber :

VIVA Travel – Daya pikat perjalanan terletak pada intrik budaya dan janji 'sesuatu yang berbeda'; rasa lapar yang sebagian dapat terpuaskan oleh koleksi yang ditemukan di museum terbesar di dunia .

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Membawa Anda melewati ribuan tahun keberadaan Bumi, galeri yang tak tertandingi ini adalah kekayaan seni, benda bersejarah, dan cerita yang luar biasa. Karena banyak dari museum ini berasal dari tahun 1800-an, pengunjung dapat mengharapkan kedalaman yang kaya dari pamerannya.

Anda akan mengenali beberapa nama yang menjadi landmark sekaligus museum, seperti Louvre yang ikonik di Paris dan Metropolitan Museum of Art yang menyelenggarakan gala di New York City.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Kita tentu sudah tahu jika museum datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan koleksi yang sangat berbeda-beda dan unik. Bangunan yang sangat istimewa ini adalah rumah bagi karya seni paling berharga yang pernah dibuat manusia dan merupakan sumber inspirasi yang tak terbatas bagi mereka yang mengunjungi dan menikmatinya.

Jadi dalam artikel ini kami telah menyusun 10 museum terbesar di dunia , yang diberi peringkat berdasarkan area yang dicakup. Kira-kira, apa saja dan di mana lokasinya? Simak yuk selengkapnya untuk Anda. 

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang


1. Museum Louvre

Louvre Museum, Paris, Prancis.

Photo :
  • Wikimedia Commons

Museum seni terbesar di dunia dan salah satu tempat wisata paling terkenal di Paris, Louvre meliputi area seluas 782.910 kaki persegi (72.735 meter persegi) dan merupakan rumah bagi sekitar 38.000 karya seni yang berasal dari prasejarah hingga abad ke-21.
Tempat ini terkenal sebagai rumah dari Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci , salah satu lukisan paling berharga di museum saat ini.

2. State Hermitage Museum

State Hermitage Museum adalah atraksi pengunjung paling populer di St Petersburg dan museum seni terbesar kedua di dunia. Bertempat di dalam lima bangunan yang saling berhubungan seluas 719.480 kaki persegi, museum ini memiliki lebih dari 3 juta item dalam koleksinya yang berasal dari Zaman Batu hingga saat ini.

Istana Musim Dingin (1754–62) menampung jantung koleksi Hermitage termasuk mahakarya Seni Eropa Barat Hermitage sejak Abad Pertengahan. Hermitage juga memiliki koleksi besar seni Asia yang mencakup koleksi seni Asia Tengah yang patut dicatat.

3. Museum Nasional Tiongkok

Museum Tiongkok

Photo :

Museum terbesar ketiga di dunia dan istana sejarah dan seni tertinggi di Cina, Museum Nasional Cina (NMC) terletak di sepanjang Lapangan Tiananmen yang terkenal di Beijing.
Situs ini mencakup area seluas 700.000 kaki persegi yang menampung lebih dari 1,4 juta item koleksi yang meliputi artefak kuno dan modern, buku langka dan antik, serta karya seni.

4. Museum Seni Metropolitan

Museum

Photo :

Metropolitan Museum of Art di Fifth Avenue New York City adalah museum seni terbesar di AS dan museum terbesar keempat di dunia, menempati area seluas 633.100 kaki persegi.

Koleksi seni Met mencakup lebih dari dua juta karya seni yang mencakup 5.000 tahun seni dari seluruh dunia. Potongan utama yang disimpan di museum ini adalah barang antik klasik bersama dengan karya seni dari Mesir kuno.

Museum ini muncul pada tahun 1870 dengan tujuan untuk mempromosikan seni sebagai bagian dari kurikulum sekolah. Menurut Wali Amanat, "The Metropolitan Museum of Art mengumpulkan, mempelajari, melestarikan, dan menyajikan karya seni yang signifikan di semua waktu dan budaya untuk menghubungkan orang dengan kreativitas, pengetahuan, dan ide."

5. Museum Vatikan

Museum Vatikan

Photo :

Museum Vatikan, yang menyebut dirinya "museum museum", adalah museum terbesar ke-5 di dunia dengan ruang galeri 460.000 kaki persegi (43.000m2). Didirikan pada tahun 1506, ini adalah museum paling terkenal di Italia.

Museum mengatakan itu "menampung koleksi seni, arkeologi dan etno-antropologi yang luas yang dikumpulkan oleh para paus selama berabad-abad dan juga beberapa kamar paling penting di Istana Apostolik."

Ini memiliki total 54 galeri, termasuk Kapel Sistina terkenal yang dibangun pada abad ke-15 dan tempat di mana para Kardinal memilih seorang paus baru. Langit-langit yang menampilkan adegan-adegan dari Alkitab adalah bagian paling spektakuler dari ruangan itu dan dibuat oleh Michelangelo pada tahun 1508.


6. Museum Nasional Tokyo

Museum Nasional Tokyo memiliki ruang galeri seluas 410.000 kaki persegi (38.000 m2) dan sekitar 120.000 objek dalam koleksinya.Ini menampung koleksi seni Jepang terbesar di dunia dan juga mengumpulkan dan menampilkan koleksi penting karya seni dari negara-negara Asia lainnya.

Menurut museum "ada 89 harta nasional dan 648 properti budaya penting (per Maret 2021) di antara mereka." Terletak di Taman Ueno, menjelajahi Museum Nasional Tokyo berarti menjelajahi Jepang.

7. Museum Nasional Antropologi

Museum Nasional Antropologi adalah museum terbesar di Meksiko dengan ruang galeri 360.000 kaki persegi (33.000m2). Museum ini dibangun sebagai penghormatan kepada budaya pra-Columbus Meksiko dan menampung lebih dari 600.000 koleksi yang mencakup koleksi seni Meksiko kuno terbesar di dunia dan juga memiliki pameran etnografi tentang kelompok pribumi Meksiko saat ini. Yang perlu diperhatikan adalah Kalender Aztec, pembuatan ulang makam Pakal, atau topeng Giok Dewa Kelelawar Zapotec.

8. Museum Victoria dan Albert

"Bangunan V&A menempati tanah seluas 12 hektar di South Kensington dan memiliki keliling lebih dari sepertiga mil," menurut situs web museum.
Ini memiliki area galeri 330.000 kaki persegi (30.658m2) dengan koleksi permanen lebih dari 2,3 juta objek yang mencakup lebih dari 5.000 tahun kreativitas manusia. Koleksi paling populer termasuk seni Asia dan Islam.

9. Museum Nasional Korea

Terletak di Yongsan, di jantung kota Seoul, gedung enam lantai dari Museum Nasional Korea menduduki peringkat sebagai salah satu museum terbesar di dunia. Ini memiliki area galeri 291.600 kaki persegi (27.090 m2) yang menampung lebih dari 200.000 koleksi yang menampilkan koleksi terbaik sejarah dan budaya Korea dari abad pertengahan hingga saat ini.

10. Institut Seni Chicago

Museum Chicago

Photo :

Didirikan pada tahun 1879, ini adalah salah satu museum tertua di AS. Luasnya 280.000 kaki persegi dan menampung koleksi permanen hampir 300.000 karya seni yang membentang berabad-abad dan di seluruh dunia, mulai dari perunggu Cina hingga desain kontemporer dan dari tekstil hingga seni instalasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya