10 Wisata Kuningan Jawa Barat yang Hits dan Populer, Wajib Dikunjungi!

Telaga Biru Cicerem
Sumber :
  • Instagram @riyo_2193

VIVA Travel – Wisata Kuningan di Jawa Barat memiliki pesona menakjubkan yang tak kalah menarik dari wisata di daerah lainnya. Berikut kami rangkum beberapa wisata Kuningan yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat berlibur yang mengasyikkan.

Garuda Indonesia Tebar Diskon Tiket hingga Siapkan Extra Flight Libur Panjang Isa Almasih

Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian Timur Jawa Barat, berada di lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah.

Rekomendasi wisata Kuningan yang hits dan populer

Pelaku Pungli di Lokasi Wisata Siap-siap Kena Sanksi dari Sandiaga Uno

1. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem

Photo :
  • U-Report
Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Kuningan memiliki tempat wisata yang sangat menenangkan dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur. Salah satu wisata Kuningan ini yaitu Telaga Biru Cicerem. Telaga ini memiliki air yang sangat jernih berwarna kebiruan.

Telaga Biru Cicerem ini memiliki kedalaman 4-5 meter. Kamu akan terpukau saat melihat secara langsung yang dihiasi dengan berbagai macam ikan-ikan yang cukup bervariasi.

Tertarik berkunjung ke wisata Kuningan yang satu ini? lokasi Telaga Biru Cicerem ini terletak di sebelah utara Gunung Ciremai. Jika kamu berangkat dari Kuningan, waktu perjalanan yang akan kamu tempuh menuju lokasi sekitar 1 jam atau jaraknya sekitar 32 km.

2. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan

Photo :
  • Twitter @alitws

Wisata Kuningan menarik berikutnya yaitu Kebun Raya Kuningan. Lokasinya terletak di sekitaran sisi utara Gunung Ciremai. Kebun Raya Kuningan ini memiliki banyak flora dan fauna yang bisa menjadi pilihan tepat wisata alam untuk menghabiskan akhir pekan.

Kebun Raya Kuningan memiliki luas tanah 176 hektar. Nah, pengunjung bisa berkeliling melihat pemandangan alam yang indah sambil berjalan-jalan bersama keluarga, kerabat, ataupun pacar. Untuk kamu yang tertarik berkunjung kesini, kamu harus datang ke Desa Padabeunghar dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

3. Curug Putri Palutangan

Curug Putri Palutangan

Photo :
  • disparbud.jabarprov.go,id

Rekomendasi wisata Kuningan lainnya yaitu Curug Putri Palutangan. Curug Putri Palutungan ini terletak di jalur pendakian Gunung Ciremai. Maka tak heran jika banyak pendaki yang sudah mengetahui curug yang satu ini.

Saat menuju lokasi air terjun ini, kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang sangat menyejukkan dan menenangkan. Rasa lelah dalam perjalanan seketika akan hilang saat melihat air terjun yang dingin dan menyegarkan, lengkap dengan bebatuan bertingkat yang indah.

Untuk tiket masuk Curug Putri Palutungan cukup terjangkau loh. Para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp12.500 dan biaya parkir.

4. Telaga Remis 

Curug Putri Palutangan

Photo :
  • rri.co.id

Wisata alam lainnya yang menakjubkan yaitu Telaga Remis. Telaga ini wajib untuk kamu datangi karena tempatnya yang sejuk dan berada di Desa Kaduela, lereng Gunung Ciremai.

Selain suasana telaga yang menenangkan, kamu juga akan dimanjakan dengan pesona hutan hijau yang terpantul ke danau yang membuat airnya terlihat hijau, dan terlihat semakin asri. Tempat ini juga menyewakan wisata sepeda air untuk kamu yang ingin berjalan-jalan mengelilingi danau.

5. Taman Wisata Alam (Natural Park) Linggarjati

Taman Wisata Alam (Natural Park) Linggarjati

Photo :
  • Direktori Wisata Indonesia

Rekomendasi wisata Kuningan menarik lainnya yaitu Taman Wisata Alam (Natural Park) Linggarjati. Jika kamu berkunjung kesini, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas dan wahana yang menarik.

Fasilitas dan wahana yang bisa kamu nikmati diantaranya kolam renang, tempat outbound, sepeda air, menunggang kuda, hingga billiard. 

Untuk tiket masuknya sangat terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sekitar Rp10.000 saja. Lokasi tempat wisata ini berada di Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

6. Waduk Darma

Waduk Darma

Photo :
  • Twitter @jstcallmearsi

Waduk Darma terletak di sebelah barat Kuningan, tepatnya di Jalan Lingkar Waduk Darma, Jagara, Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waduk ini berfungsi sebagai bendungan untuk irigasi masyarakat sekitar. Diketahui jika luasnya mencapai 425 hektar.

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan menemukan fasilitas yang lengkap seperti tempat ibadah, taman bermain anak, mini train, flying fox, area perkemahan, warung makan, hingga toko oleh-oleh.

Jam operasionalnya dibuka setiap hari selama 24 jam. Harga tiketnya sangat murah dan cocok dikantong. Pengunjung dikenakan biaya masuk Rp10.000 untuk anak-anak, dan Rp15.000 untuk dewasa.

7. Curug Landung

Curug Landung

Photo :
  • Twitter @eceuuuuuuuuuu

Rekomendasi wisata Kuningan selnajutnya ada Curug Landung. Curug ini cukup populer dan menjadi salah satu destinasi wisata Kuningan yang banyak dikunjungi wisatawan.

Curug Landung ini berlokasi di kaki Gunung Ciremai, sehingga udaranya masih sangat sejuk dan segar. Sangat cocok dijadikan wisata untuk bersantai dan menangkan pikiran.

Tempat ini memiliki spot foto yang instagramable seperti spot foto bentuk sarang, bunga, dan juga ayunan foto ayunan gantungan. Lokasi curug ini berada di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini dibuka selama 24 jam setiap harinya.

8. Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari

Photo :
  • Twitter @rendihakimz

Di tempat wisata ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang unik yaitu bebatuan dari zaman purbakala. Batu-batu ini berada di sebuah taman hijau yang disusun rapi, melingkar, berundak, dan berjajar.

Tak hanya menikmati bebatuan dari zaman purbakala, kamu juga bisa belajar tentang kehidupan manusia di zaman prasejarah. Lokasi Taman Purbakala Cipari ini tak jauh dari pusat kota Kuningan. Taman ini dibuka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB. Tenang, untuk berlibur ke tempat ini kamu tidak dikenakan biaya alias gratis.

9. Open Space Gallery

Open Space Gallery

Photo :
  • DestiMap

Rekomendasi wisata Kuningan lainnya ada Open Space Gallery. Ini merupakan tempat wisata gratis yang bisa digunakan untuk berolahraga atau sekedar bersantai dengan merasakan terapi ikan dari kolam taman yang ada di sana. Lokasi tempat ini hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Gedung Perundingan Linggarjati.

10. Pemandian Sangkanhurip

Pemandian Sangkanhurip

Photo :
  • Twitter @IrawanTopik

Rekomendasi wisata Kuningan yang terakhir ada Pemandian Sangkanhurip. Di tempat wisata ini, kamu bisa merelaksaksikan tubuh sekaligus menghaluskan kulit. Sebab, air panasnya tersebut mengandung belerang yang mampu membunuh kuman dan penyakit yang berada di kulit.

Tertarik berkunjung? Tempat pemandian ini dikenakan biaya sebesar Rp9.000 untuk kolam renang terbuka. Jika kamu ingin ruang eksekutif yang tertutup, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000.
Pemandian ini terletak di Desa Sangkanhurip, berjarak sekitar 14 km di sebelah utara pusat kota Kuningan.

Demikian ulasan tentang wisata Kuningan yang hits dan populer. Rekomendasi wisata Kuningan ini sangat cocok untuk menikmati waktu berlibur dan menenangkan pikiran yang penat. 

Pastikan untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan ya. Terapkan protokol Kesehatan dan jaga lingkungan sekitar agar pengunjung lainnya merasakan kenyamanan saat berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur.

Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Desember 2018.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Polri memastikan pengamanan lalu lintas (lalin) di sejumlah kawasan wisata saat libur panjang atau long weekend yang dimulai sejak 9 Mei hingga 12 Mei 2024 mendatang. Ada

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024