Pesona Curug Cilember, Wisata Alam Populer di Bogor

Curug Cilember
Sumber :
  • Bogorkab.go.id

VIVA Travel – Curug Cilember merupakan tempat wisata yang sangat populer di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan keindahan 7 air terjun dengan jarak yang tidak terlalu jauh, yaitu antara 150 sampai 450 meter. Namun, untuk mencapai masing-masing lokasi air terjun atau curug ini membutuhkan perjalanan yang cukup menantang.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Curug Cilember Bogor

Photo :
  • Ksmtour

Curug Cilember sebenarnya memiliki satu sumber mata air yang kemudian terpecah dan mengalir menuju tujuh air terjun atau curug dengan ketinggian yang berbeda. Hampir seluruh curug memiliki area kolam di bawah alirannya sehingga dapat dimanfaatkan wisatawan untuk berenang dan bermain air di lokasi tersebut.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2000 ini terletak pada ketinggian 900 mdpl, dengan udara sejuk yang menenangkan. Jika kamu berkunjung ke tempat ini pada hari libur, sudah dapat dipastikan Curug Cilember akan dipenuhi wisatawan lokal dan mancanegara.

Fasilitas umum di Curug Cilember:

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Taman Kupu-kupu

Taman kupu-kupu yang bernama Butterfly Park ini berada di lokasi yang berdekatan dengan pintu masuk dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Taman ini berbentuk sebuah kubah atau setengah bola dengan konsep green house tetapi dengan sedikit elemen kaca di bangunan pintu masuknya. Taman seluas sekitar 500m2 ini dipenuhi dengan beragam tanaman dan bunga dengan aneka warna.

Taman Kupu-kuku Curug Cilember

Photo :
  • Dunia Outbound

Jumlah kupu-kupu yang hidup dan beterbangan di tempat ini berasal dari 12 spesies yang berbeda warna dan ukuran. Keanekaragaman jenis kupu-kupu yang indah dan menarik tersebut ditangkar dan dikembangbiakan dalam tempat konservasi ini. Dalam taman ini, kamu juga akan mengetahui bagaimana perjalanan hidup seekor kupu-kupu dari telur hingga menjadi kupu-kupu seutuhnya yang merupakan siklus metamorphosis mereka secara alami.

Hutan Pinus

Saat menyusuri melalui rute dan jalan setapak, maka kita akan melintasi vegetasi hutan tropis berupa jajaran pohon pinus yang indah dan juga beragam jenis pohon lainnya yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Keragaman vegetasi alam di sepanjang jalan menuju curug ini memberikan hiburan tersendiri.

hutan pinus di Curug Cilember

Photo :
  • Perhutani

Keindahan area jalan dan pemandangan yang masih alami dan asri di tambah lagi dengan udara sejuk dan suasana hening sepanjang perjalanan menciptakan harmoni yang pas untuk bertamasya dengan cara berbeda, bukan sekadar jalan-jalan melainkan juga perjalanan penuh tantangan khas para petualang. Sehingga kamu harus tetap waspada dan hati-hati saat melewati jalanan yang sedikit licin.

Camping Ground

Bagi kamu yang benar-benar ingin merasakan sensasi wisata petualangan kamu dapat menuju camping ground untuk bermalam di lokasi tersebut. Area camping ground di lokasi wisata ini sudah dikenal sejak dulu. Maka tak jarang beberapa sekolah dan masyarakat umum juga mengadakan kegiatan pramuka dan kegiatan para pecinta alam lainnya baik untuk tracking, hiking maupun camping di lokasi ini.

Camping ground yang berada di kawasan curug Cilember ini terbagi dalam tiga area yang terpisah. Ketiganya adalah Camp Lembah pakis, Camp Curug 7 dan Camp Curug 5. Di sekitar camping ground juga telah disediakan berbagai peralatan atau perlengkapan dan kebutuhan untuk camping yang bisa kamu sewa sehingga dapat mengurangi kerepotan kamu dengan membawa segala perlengkapan camping secara pribadi dari rumah.

Penginapan

Wisata Curug Cilember juga menyediakan tempat penyewaan berupa villa atau pondok-pondok untuk menginap yang lokasinya berada di sekitar air terjun dan kawasan hutan di curug ini. Villa yang berjumlah sekitar 6 bangunan ini berbentuk rumah-rumah panggung atau pondok dengan bahan dasar bangunan berupa kayu-kayu alami. Harga sewa tergantung dari ukuran bangunan dan fasilitas yang disediakan.

Namun, jika kamu kurang merasa nyaman dengan lingkungan di tengah alam seperti ini, kamu dapat menginap di penginapan atau hotel-hotel di sekitar wilayah objek wisata yang cukup mudah ditemukan. Hotel tersebut juga menyediakan fasilitas dan harga yang variatif sesuai kebutuhan kamu dan keluarga.

Harga tiket masuk

Untuk memasuki lokasi wisata alam di Curug Cilember ini, kamu harus mengeluarkan biaya Rp15.000 per orang. Harga tiket tersebut tidak termasuk dalam tarif masuk di kawasan penangkaran kupu-kupu atau Butterfly Park, jadi kamu harus membayar kembali sebesar Rp6.000 per orang.

Sedangkan untuk parkir kendaraan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp10.000 dan mobil atau roda empat dikenakan biaya parkir sekitar Rp15.000 sampai dengan 20.000, tergantung dari ukuran mobil tersebut. (Sumber: Portal Resmi Kabupaten Bogor)

Nikmati promo liburan ke Malang s.d. Rp 2 juta di Traveloka App

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Nikmati promo liburan ke Malang s.d. Rp 2 juta* dan fitur fleksibilitas untuk berbagai produk Travel (Tiket Pesawat, Hotel dan Xperience) di Traveloka App.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024