7 Pantai Blitar Menakjubkan yang Wajib Dikunjungi

Pantai Umbul Waru
Sumber :
  • Instagram @__kerehore__

VIVA Travel – Pantai Blitar memiliki pemandangan menakjubkan dengan semilir angin yang menyejukkan. Blitar memiliki deretan pantai yang cantik dan menarik. Sederet pantai Blitar ini wajib kamu kunjungi karena menawarkan pemandangan alam yang indah seperti pantai-pantai yang ada di Bali.

Inisiatif untuk Menekan Dampak Pemanasan Global Terus Dilakukan

Penasaran dengan pantai Blitar? Berikut telah kami rangkum beberapa rekomendasi pantai Blitar yang menyuguhkan panorama memesona.

1. Pantai Tambakrejo

Ketegangan Tiongkok dan Taiwan di Laut Cina, Jerman Kirim 2 Kapal Perang

Pantai Tambakrejo

Photo :
  • Disporbudpar.blitarkab.go.id

Pantai Blitar yang satu ini paling populer bagi warga Blitar. Pantai Tambakrejo sangat bersih dan memiliki pemandangan yang indah. Pantai ini menawarkan pemandangan air laut yang berwarna biru dengan pasir putih. 

Foto Penampakan Hewan Laut Menyeramkan Ini Sudah Ditonton 12 Juta Kali Dalam Sehari

Ombak Pantai Tambakrejo ini tidak terlalu besar sehingga cukup aman bagi pengunjung untuk berenang di sekitar pantai. Menjelang sore hari, air pantai sudah mulai sangat surut dan ini waktu yang tepat untuk berenang dengan ombak yang tenang.

Untuk mencapai pantai ini, jika dari pusat kota, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam ke arah selatan dengan berkendara. Lokasinya berada di Kecamatan Wonotirto. Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan bukit-bukit hijau yang begitu indah.

Sesampainya di Pantai Tambakrejo, kamu bisa menjelajah tiga area utamanya, yakni area timur yang sering digunakan untuk bersantai karena lebih banyak pasir, area tengah yang memiliki banyak batu untuk memecah ombak, dan area barat yang digunakan sebagai dermaga kapal nelayan. 

Fasilitas yang ada di pantai Tambakrejo ini sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, hingga beberapa restoran seafood.

2. Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Photo :
  • U-Report

Rekomendasi pantai Blitar lainnya yaitu pantai Peh Pulo. Peh Pulo berada di dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo. Pantai Peh Pulo ini bisa kamu tempuh dengan berkendara selama kurang lebih 75 menit dari pusat kota. 

Untuk bisa sampai di area pantai, kamu harus melewati jalanan berbukit yang cukup terjal. Namun rasa lelah kamu akan terbayarkan begitu melihat lautan yang jernih berwarna biru dikelilingi dengan tebing-tebing besar.

Pantai Peh Pulo terbagi menjadi tiga wilayah pantai kecil, yakni Wedhi Ombo, Wedhi Ciut, dan Wedhi Kembar. Di kawasan tengah pantai, kamu akan menemukan beberapa batu karang yang berfungsi untuk memecah ombak. 

Saat ini, fasilitas di sekitar pantai belum tersedia karena aksesnya yang cukup sulit. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa bekal sendiri karena di sini masih jarang ada warung yang menjajakan makanan.

3. Pantai Gayasan 

Pantai Gayasan

Photo :
  • Twitter @blitaryeah

Pantai Gayasan berada satu desa dengan Pantai Pangi, tepatnya di sebelah timur. Karena lokasinya berdekatan, karakteristik Pantai Gayasan pun cenderung sama dengan Pantai Pangi. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga kamu tidak boleh berenang.

Selain pemandangan pantainya, Pantai Gayasan juga memiliki sungai yang indah. Jika ingin suasana lebih asri, kamu bersantai dekat perbukitan hijau yang berada sekeliling area pantai. Tentunya, kamu akan betah menghabiskan waktu bersantai di Pantai Gayasan. 

Pantai ini juga masih sangat alami dan belum tersedia fasilitas seperti toilet, kamar ganti, dan lainnya. Lokasi pantai Gayasan ini berada di Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab.Blitar.

4. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Photo :
  • Instagram @__kerehore__

Untuk menuju ke pantai ini, dibutuhkan usaha dan tenaga yang besar lantaran akses jalan yang cukup sulit. Akses menuju lokasinya cenderung lebih cocok untuk kendaraan off-road. Sesampainya di lokasi, kamu masih harus menuruni tebing melalui tangga yang telah disediakan. Rasa lelah kamu akan terbayarkan melihat pemandangan indah khas Pantai Umbul Waru. 

Pasir berwarna putih dan bersih di pantai ini memiliki tekstur cukup halus, sehingga kamu bisa bersantai dengan nyaman. Pantai Umbul Waru juga menyuguhkan pemandangan laut biru yang jernih sehingga akan memanjakan mata dan pikiran kamu.

Selain itu, ada hal menarik yang ada di Pantai Umbul Waru. Kamu akan menjumpai air terjun yang mengalir dari sungai di atas tebing. Saat air laut sedang surut, kamu bisa berjalan ke lokasi air terjun untuk menyaksikan keindahan alam tersebut dari jarak lebih dekat.

5. Pantai Pangi

Pantai Pangi.

Photo :
  • U-Report

Pantai Pangi juga tak kalah menariknya dengan pantai Blitar lainnya. Pantai ini terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini memiliki karakteristik yang masih alami dan asri dengan deburan ombak khas pantai selatan.

Pantai Pangi memiliki keistimewaan lain yang jarang ditemukan di objek wisata lainnya, yakni muara sungai yang membentuk telaga payau. Pantai ini menjadi sasaran tepat bagi wisatawan yang suka kegiatan camping. 

Pantai Pangi terdapat area datar yang cukup luas di bawah rimbunnya pohon pinus menghadap ke laut. Kamu bisa bersantai disana dengan semilir angin sepoi-sepoi.

6. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro

Photo :
  • Twitter @larisia_larisia

Rekomendasi pantai Blitar selanjutnya ada pantai Jolosutro. Pantai ini berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Ini juga menjadi salah satu pantai favorit masyarakat sekitar. Pantai Jolosutro menawarkan pemandangan eksotis dengan hamparan pasir coklat kehitaman. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu-batu karang yang membuatnya makin menawan.

Kamu bisa menikmati beragam kuliner yang disediakan di lapak penjual berderet sepanjang bibir pantai sisi timur. Biasanya, di pantai ini umat Hindu akan menggelar upacara Melasti jelang perayaan Nyepi.

7. Pantai Gondo Mayit

Pantai gondo Mayit

Photo :
  • http://afrikenz.blogspot.com

Rekomendasi pantai Blitar yang terakhir ada pantai Gondo Mayit. Namanya terdengar menyeramkan ya, tapi tenang saja pemandangan disana sangat indah dan menyejukkan. Pantai yang berada di selatan kota Blitar ini masih sangat sepi pengunjung. Maka dari itu, pantai ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dengan suara dentuman ombak.

Untuk kamu yang tertarik dan berencana berkunjung ke Pantai Pasetran Gondo Mayit, rute yang dilalui sama dengan Pantai Tambakrejo. Kamu hanya perlu belok ke kiri sebelum pantai tambakrejo. 

Kemudian ikuti jalan lurus sampai menemukan gang ke kanan menuju pantai gondo mayit. Jika kamu dari pantai tambakrejo, kamu bisa berjalan menaiki bukit di sebelah timur pantai tambakrejo. Kamu bisa melihat pantai tambakrejo dan pantai gondo mayit dari atas.

Akses menuju ke pantai ini cukup mudah. Beragam jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa parkir sampai di pantai. Untuk HTM Pantai Gondomayit jadi satu dengan pantai tambakrejo yaitu sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Demikian ulasan tentang rekomendasi pantai Blitar yang populer dan menarik untuk di kunjungi. Pastikan untuk mempersiapkan segala hal sebelum berlibur ke pantai. Pastikan juga kondisi kendaraan kamu dalam keadaan layak perjalanan jarak jauh. Taati aturan yang berlaku, jangan buang sampah sembarangan, dan jaga lingkungan sekitar.

Menu di SKYE bar dan restoran Jakarta.

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Melalui konsep ini, SKYE memperkenalkan pengalaman multi sensory dining di mana pelanggan seperti memasuki dunia yang mana rasa, aroma, sentuhan, pandangan, dan suara.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024