Pura Uluwatu Bali, Pemandangan Bak Surga yang Manjakan Mata

Tari Kecak di Uluwatu, Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sumiyati

VIVA Travel – Menghabiskan waktu di Pulau Dewata Bali, bisa menjadi keputusan paling tepat. Pasalnya Bali memiliki beragam tempat menarik dan eksotis untuk dikunjungi bersama pasangan Anda maupun keluarga. 

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Seperti salah satunya adalah Pura Uluwatu Bali. Tempat wisata Bali satu ini tidak dipungkiri sudah memiliki ketenaran hingga mancanegara.Sama seperti pura-pura lainnya yang ada di Bali,  Pura Uluwatu juga menjadi favorit para pelancong saat bertandang ke Bali.

Pura Uluwatu

Photo :
  • http://astinastanti.blogspot.com
Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupung asing menyambangi pura satu ini. Pura Uluwatu Bali menjadi salah satu objek wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Hal tersebut dikarenakan, di sini para wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan laut dari atas tebing serta pagelaran budaya Bali yang pastinya menjadi daya tarik utama dari Uluwatu.

Tempat yang paling terkenal di Uluwatu adalah Pura Luhur Uluwatu, pura satu ini unik dan lokasinya berada di ujung tebing tepi pantai. Masih banyak hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui dari Pura Uluwatu Bali. Kira-kira, apa saja? Berikut ini akan kami bagikan secuil hal menarik dari Pura Uluwatu Bali.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Sejarah Pura Uluwatu Bali

Uluwatu, Bali

Photo :
  • Dokumentasi, Windi Rusdiana

Berdasarkan catatan sejarah dari prasasti, Pura Uluwatu merupakan salah satu sebuah karya dari Mpu Kuturan, orang suci dari Majapahit.  Nama Pura Luhur Uluwatu sendiri memiliki arti Pura Kenaikan Dewa di Tepi Batu yang berkaitan dengan Legenda Danghyang Dwijendra. 

Danghyang Dwijendra atau yang terkenal juga dengan nama Danghyang Nirartha, memilih Pura Luhur Watu sebagai tempat terakhir perjalanan spiritualnya

Masyarakat meyakini jika beliau pernah mencapai titik spiritual tertinggi dan menyatu dengan dewa saat beribadah di pura tersebut. Sehingga pura ini pun mendapatkan sebutan sebagai Pura Luhur Uluwatu.

Tidak hanya itu saja, Pura Uluwatu Bali juga kerap dimanfaatkan para umat Hindu untuk beribadah memuja Dewa Siwa.  Pura Uluwatu memang terlihat cantik sekarang-sekarang ini, padahal dulunya hanyalah pura tertutup yang penuh dengan semak belukar.  Saat ini Pura Uluwatu Bali menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan bertandang ke Bali. 

Daya Tarik Pura Uluwatu Bali

Tari Kecak di Uluwatu, Bali

Photo :
  • VIVA.co.id/Sumiyati

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di Pura Uluwatu Bali, mulai dari bangunan hingga tari kecak yang disuguhi disana. Saking menariknya, banyak yang menyebut jika Pura Uluwatu Bali memiliki pesona yang tidak kalah dengan destinasi lainnya di Bali. 

Bangunan Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu Bali memiliki bangunan yang berada di atas tebing dengan tinggi 97 meter. Memiliki pemandangan unik lantaran kita bisa melihat Samudra Hindia secara langsung dari tempat pura berada.

Pura Uluwatu memiliki bangunan yang memanjakan mata dengan pemandangan indah dengan nuansa romantis dan pastinya eksotis. Untuk menuju pura ini Anda harus melewati jalan yang tertata indah, sehingga sembali berjalan wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar Pura Uluwatu.

Sunset di Pura uluwatu Bali

Ilustrasi sunset

Photo :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Memiliki pemandangan yang luar biasa, tak jarang dijadikan para wisatawan untuk melihat sunset  dari atas tebing. Pura Uluwatu dikenal memiliki pemandangan sunset yang bisa memanjakan mata.

Jepretan kamera miliki para pelancong tidak pernah terlewat untuk mengabadikan momen indah dan menakjubkan ini di Pura Uluwatu.

Pagelaran Tari Kecak

TAri kecak di Ulu Watu

Photo :
  • U-Report

Selain menikmati sunset yang indah, kamu juga bisa melihat pagelaran tari kecak yang memukau.  Di kawasan Pura Anda bisamenyaksikan pagelaran tari Kecak khas Bali yang berlangsung saat sore hari. 

Tari kecak di tempat ini biasanya membutuhkan 50 hingga 100 orang penari sekaligus. Hal menarik dari pagelaran Tari Kecak di sini adalah pemandangan sunset yang menjadi latar belakang selama tarian. Wisatawan bisa menikmati pertunjukan sambil melihat pemandangan indah yang disediakan oleh alam.

Lokasi Pura Uluwatu Bali

Pura Luhur Uluwatu, Bali.

Photo :
  • U-Report

Pura Uluwatu berada di Desa Pecatu – yang merupakan bagian dari Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.  Untuk menuju ke sana,  Anda bisa menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan ke Pura Uluwatu dari Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Atau, kamu bisa melalui jalan Raya Uluwatu dengan jarak 29,3 km atau sekitar 1 jam  menit waktu perjalanan. 

Harga Tiket Pura Uluwatu Bali

Sama seperti objek wisata lainnya, Pura Uluwatu Bali memiliki harga berdasarkan beberapa kategori.  Untuk orang dewasa dikenakan biaya Rp 20.000 bagi wisatawan lokal,  sedangkan Rp. 30.000  bagi wisawatan asing.

Sementara itu, untuk kategori anak-anak dikenakan biaya Rp 10.000 bagi wisatawan lokal, sedangan Rp 20.000 bagi wisatawan asing.

Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024