Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Alam yang Menyejukkan

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo
Sumber :
  • Twitter @kota_jogja

VIVA Travel – Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat hari libur. Hutan Mangrove Kulon Progo ini menyuguhkan wisata alternatif dan edukatif. Tempat ini merupakan kawasan konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Yogyakarta.  Berlokasi tidak jauh dari Pantai Congot, tepatnya di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kulon Progo, tempat wisata ini sangatlah mudah untuk diakses.

Dengan luas sekitar 3 hektar lebih, para wisatawan dapat menikmati hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan sungai Bogowonto. Wisata Mangrove di Kulon Progo ini dibagi menjadi tiga kawasan wisata, yakni wisata Mangrove Pasir Mendhit (paling barat), lalu wisata Mangrove Jembatan Api Api (Tengah), dan wisata Mangrove pantai kadilangu (paling timur). 

Pemandangan hijaunya hutan bakau dan indahnya pesisir pantai, menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo. Tak hanya itu, di tempat wisata ini, disediakan juga berbagai macam spot-spot foto yang unik dan menarik dengan berlatarkan hutan bakau dan pantai. Diantaranya yaitu ayunan, gazebo, jembatan Api, jalan bambu di antara pohon pohon bakau, dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat menikmati keindahan di setiap wisata hutan mangrove ini dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Daya tarik Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta.

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata ini awalnya didirikan sebagai wilayah konservasi dan untuk mencegah terjadinya abrasi. Perencanaan menggunakan Kawasan ini sudah ada sejak tahun 1989. Tempat wisata ini masih berada di satu Kawasan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik.

Salah satu yang menjadi daya Tarik di Hutan Mangrove Kulon Progo yaitu Jembatan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo. Di tempat ini kamu akan menikmati udara yang sejuk dan dingin karena dipenuhi dengan hutan Mangrove. Suasana yang adem dan menyejukkan ini akan merelaksasikan pikiran.

Selain itu, kamu juga bisa berselfie ria di Jembatan Siapi-api. Jembatan ini dibangun di antara rimbunnya pohon bakau. Selain itu, kamu juga bisa bermain ayunan. Dengan pemandangan yang begitu unik di objek wisata ini, menjadikan Hutan Mangrove salah satu tempat favorit untuk selfie.

Spot menarik lainnya yaitu titian segitiga yang memiliki gardu pandang disampingnya. Kamu bisa selfie dan berfoto-foto di tempat ini. juga terdapat bingkai asmara seperti tempat pengantin. Ini sangat cocok buat kamu foto bersama pasangan. 

Hutan Mangrove Kulon Progo ini tidak kalah dengan wisata lainnya yang menyajikan konsep Korea Selatan. Disini juga terdapat spot gembok cinta yang isinya terdapat aneka macam kata-kata cinta. Tentu ini menjadi salah satu pesona yang bisa kamu abadikan dengan berfoto-foto untuk kenang-kenangan. Kamu juga bisa foto di tempat ini untuk pre-wedding lo. 

Tiket masuk

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Photo :
  • U-Report

Jika kamu ingin berkunjung ke Hutan Mangrove Kulon Progo ini, HTM nya sangat terjangkau. Para pengunjung akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp3000 per orang. Sementara untuk parkir motor Rp2000 saja. Sementara parkiran mobil akan dikenalan Rp5000, dan parkir minibus dikenakan biaya Rp10.000.

Meski dikelola oleh Pemerintah setempat, namun belum ada fasilitas yang komplit di Kawasan wisata ini. Fasilitasnya umum ini seperti toilet, mushola, dan juga tempat sampah. Selain itu tersedia area parkir yang luas dan juga warung yang menyediakan berbagai makanan.

Rute menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Photo :
  • Twitter @Jogja24jam

Hutan Mangrove Kulon Progo ini letaknya tak jauh dari pusat kota. Jika kamu dari pusat kota Jogja, ambil jalur menuju kea rah jalan Wates. Kemudian lurus mengikuti jalan Wates hingga bertemu dengan Patung Nyi Ageng Serang.

Dari patung ini, ambil jalur menuju ke arah Purworejo. Lurus mengikuti jalur utama menuju ke Terminal Wates. Setelah itu lanjutkan perjalanan sekitar 10 km melewati rumah makan Padang Murah Meriah yang cukup besar dan kemudian akan ketemu pertigaan berbentuk Y.

Pilih jalur yang menuju ke arah kiri. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan Jembatan Congot. Pilih jalur menuju ke arah barat sekitar 100 meter. Di sebelah kiri jalan utama terdapat papan petunjuk bernama Dusun Pasir Mendit. Masuk ke jalur tersebut dan kamu akan melihat banyak papan petunjuk yang akan mengantarkan kamu menuju Hutan Mangrove Kulon Progo.  

Demikian ulasan tentang tempat wisata Hutan Mangrove Kulon Progo. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan bermanfaat. Pastikan untuk menjaga lingkungan sekitar agar tempat wisata tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi para wisatawan lainnya. Selamat berlibur dan jaga protokol Kesehatan ya.